Kanal PERSI
BERITA PERSI

Tomotherapy, Alat Terapi Kanker Kebanggaan RSCM yang Terendam Banjir Tengah Diperiksa

Tomotherapy, alat terapi kanker paling canggih milik RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang berada di ruang radioterapi terendam banjir pada Minggu (23/2), bersama sejumlah alat kesehatan lainnya. Setelah genangan surut, kini alat-alat radiologi dan radioterapi itu kini tengah dicek untuk mengetahui terjadi kerusakan atau tidak.  Kepala Bagian Humas RSCM Ananto mengatakan Tomotherapy merupakan alat terapi kanker dengan teknologi termutakhir, mulai dioperasikan RSCM sejak Desember 2016 dan merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia

BPJS Kesehatan Bayar Tunggakan ke RSUD Kota Tanjung Pinang, Tahap Pertama Cair Rp3 miliar

Tunggakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tanjung Pinang total sebanyak Rp9 miliar mulai dibayarkan dengan dicicil Rp3 miliar pada 20 Februari 2020.  "Tunggakan klaim yang masih tersisa, Rp6 miliar akan segera diselesaikan menunggu kucuran dana dari pusat. Pembayaran klaim berdasarkan ketersediaan anggaran di kantor pusat. Dalam perjanjian kerja sama (PKS) juga sudah ada kesepakatan tentang jangka waktu pembayaran klaim, termasuk sanksi denda bila BPJS Kesehatan melewati jatuh tempo pelunasannya

RS Terapung Soeharso 990 Miliki Fasilitas Isolasi dan Aliran Udara, Tunggu Komando Berlayar ke Jepang

Kapal Republik Indonesia (KRI) atau Rumah Sakit (RS) Terapung Soeharso 990 memiliki fasilitas untuk memulangkan sekaligus merawat Warga Negara Indonesia (WNI) kru Kapal Pesiar Diamond Princess di Jepang.  Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan kapal RS ini memiliki kemampuan perawatan karena memang dirancang untuk mengatasi penyakit apapun. Terawan meninjau KRI Soeharso di Dermaga Komando Armada II Surabaya, Kamis malam.

Pasien RS Berhak Bertanya dan Tahu Risiko Radiasi Alat Kesehatan

Setiap pasien berhak mengetahui dan bertanya tentang informasi kadar paparan radiasi dari alat-alat pemindai medis berteknologi nuklir yang digunakan di rumah sakit (RS), kendati radiasi dari alat pemindai medis masih dalam batas aman.  Aturan administratif di Indonesia menyepakati paparan radiasi yang bisa digunakan maksimal sebesar 1 millisievert per tahun atau 0,5 mikrosievert per jam. Untuk para pekerja yang bergelut dengan alat-alat radiasi, ambang batas yang diizinkan bisa mencapai 50 milisievert per tahun.

Klaim RSUD Tanjungpinang Rp9 Miliar ke BPJS Kesehatan Belum Cair

Klaim RSUD Pemkot Tanjungpinang, Kepulauan Riau ke BPJS Kesehatan sekitar Rp9 miliar hingga kini belum dibayar. Pembayaran klaim itu akan dilunasi secara bertahap sesuai antrean dan standar waktu penyelesaian klaim, jika melebihi waktu yang ditetapkan, akan berlaku sanksi bagi BPJS Kesehatan. Demikian diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang Agung Utama, belum lama ini.

RSUD Pandan Arang Operasikan Aplikasi Baper Atasi Antrean

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengoperasikan aplikasi Booking Antrean Periksa atau Baper untuk meningkatkan layanan bagi pasien rawat jalan. Aplikasi pada ponsel ini memungkinkan pasien mendaftar, melihat jadwal dokter hingga memantau antrean pembuatan resep obat.  Selain itu, Baper juga terintegrasi dengan sistem BPJS Kesehatan dan Administrasi Kependudukan (Adminduk). "Aplikasi kami harapkan semakin memudahkan masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya ke RSUD
Arsip Berita
BERITA KANAL PERSI

Kolaborasi PERSI dan Medtronic untuk Efisiensi Pelayanan Rumah Sakit

Mulai beroperasi sejak 2014, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah menorehkan pencapaian yang signifikan. Berawal dari hanya mencakup 46% populasi pada 2014 hingga kepesertaan mencapai 81% populasi di awal 2019. Akan tetapi, terlepas dari pencapaiannya yang luar biasa, implementasi JKN masih mengalami kesenjangan. Pada sisi regulasi, terdapat kesenjangan, yang dapat dilihat dari acuan untuk sistem tarif INA-CBGs yang terakhir diperbaharui 2016, yaitu Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 64 tahun 2016. INA-CBGs atau Indonesia Case Base Groups merupakan sistem yang menentukan tarif standar yang digunakan rumah sakit (RS) sebagai referensi biaya klaim ke sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Panduan Praktik Klinis dan Clinical Pathway untuk kelompok penyakit pun belum semua diperbaharui terus-menerus secara berkala

PERSI Kembali Raih ISO 9001: 2015 Terkait Kualitas Sistem Manajemen

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) kembali meraih sertifikat ISO 9001: 2015 terkait kualitas sistem manajemen yang diselenggarakannya.  Proses asesmen, verifikasi dan pemberian sertifikat dilakukan NQA Indonesia yang berkantor di Graha ISKA, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Pusat. Proses asesmen, verifikasi dan pemberian sertifikat berikutnya dilakukan belum lama ini dan memastikan PERSI kembali meraih ISO 9001: 2015.

Ketua Umum PERSI dan Sekjen Kemenkes Buka Seminar Nasional dan Hospital Expo

Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Hospital Expo dibuka pagi ini, Rabu (23/10) dan akan berlangsung hingga Sabtu (26/10) di Jakarta Convention Center (JCC). Pembukaan acara perumahsakitan terbesar di Indonesia ini dilakukan Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes, Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan Oscar Primadi, dan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo.
Arsip Berita
KEGIATAN PELATIHAN PERSI

Lokakarya Metode Baru ”Analisis Beban Kerja dan Perencanaan SDM Rumah Sakit”

Pada situasi ekonomi yang sangat kompetitif kualitas produk yang tinggi saja tidak cukup untuk memenangkan pertarungan bisnis yang semakin ketat. Kunci untuk dapat merebut hati pelanggan dan membuat pelanggan loyal adalah menjual jasa kesehatan bermutu tinggi dengan kualitas pelayanan yang excellent. Untuk dapat menciptakan jasa kesehatan yang prima Institusi Kesehatan harus didukung oleh SDM profesional dengan kinerja sesuai dengan harapan masyarakat.

Pelatihan Keperawatan : Tata Kelola SDM Keperawatan Sebagai Upaya Mewujudkan Pelayanan yang Aman dan Cost Efektif

Pelayanan Keperawatan merupakan ujung tombak dalam pelayanan asuhan kepada pasien, dimana perawat merupakan ujung tombak yang melayani asuhan keperawatan selama 24 jam. Seiring dengan tuntutan pelayanan yang berkualitas dan adanya perubahan Paradigma pelayanan yang berpusat pada pasien maka diperlukan pelayanan yang berkualitas agar keselamatan pasien dapat terjamin

Peran Digitalisasi di Era Industri 4.0 dalam Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia

Pelayanan Kesehatan Indonesia perlu memiliki basis teknologi yang kuat demi melayani lebihdari 260 juta penduduk dengan standar yang memuaskan.  Teknologi digital sejatinya dapat di pergunakan untuk efisiensi reabilitas dan juga transparasi. Semua ini adalah hal penting untuk terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Akan tetapi di tengah pesatnya digitalisasi di semua sektor kehidupan. ternyata sumber daya manusia dan sistem kerja yang selama ini ada di pelayanan kesehatan belummemanfaatkannya dengan baik.

Pelatihan Dan Sertifikasi : Teknisi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik

Undang-undang kesehatan no.36 tahun 2009 pasal 54 menyebutkan bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan dilaksanakan secara bertanggung jawab, aman, bermutu, serta merata dan non diskriminatif. Dalam Undang-undang no. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, pasal 11 disebutkan pula bahwa fasilitas rumah sakit harus memenuhi standar pelayanan, keamanan, serta keselamatan dan kesehatan kerja penyelenggaraan Rumah Sakit, serta harus dalam keadaan terpelihara dan berfungsi dengan baik

Sertifikasi Kompetensi Humas Rumah Sakit

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi – London School Of Public Relation (LSPLSPR) akan menyelenggarakan ”Sertifikasi Kompetensi Humas Rumah Sakit” pada tanggal 28 – 29 Februari 2020 di Hotel Ashley Jakarta Wahid Hasyim - Jakarta.  Tujuan Pelatihan ini adalah untuk pengakuan kompetensi humas rumah sakit yang dikeluarkan oleh pihak kompeten, menjadi tolak ukur kinerja praktisi Humas RS profesional di dasarkan pada pengelompokkan keahlian kehumasan, meningkatkan profesionalisme praktisi Humas RS dalam menjalankan perannya sebagai fungsi manajemen strategis, mendukung praktisi Humas RS menjalankan standar dan kode etik dalam menjalankan profesinya, mendukung Akreditasi RS dan menambah kredibilitas praktisi Humas RS.

Pelatihan - Penyusunan Rencana Kebutuhan Pelatihan dan Evaluasi Pelatihan Guna Peningkatan Kompetensi SDMK di Rumah Sakit

Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang terkelola secara sistematis adalah kunci keberhasilan Instansi Penyedia Layanan Kesehatan. Pengembangan dan pemberdayaan SDMK sampai saat ini masih terus dilakukan dan dievaluasi demi tercapainya kondisi yang diharapkan. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi SDM Kesehatan pada saat ini yang masih terdapat banyak permasalahan.   Potret kondisi saat ini diantaranya; Pengembangan dan pemberdayaan SDM Kesehatan belum dapat memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan untuk pelayanan/pembangunan kesehatan, perencanaan kebutuhan SDM kesehatan masih perlu ditingkatkan dan belum didukung dengan sistem informasi tenaga kesehatan yang memadai

PERDALIN-PERSI : Pelatihan PPRA dan Pembuatan Panduan Antibiotik

Pengendalian resistensi antibiotik dirumah sakit harus sesegera mungkin dilakukan. Penggunaan anti biotik yang tepat guna kemudian diatur berdasarkan ketentuan dari Peraturan menteri Kesehatan Nomor 8 tahun 2015 yang menyatakan bahwa setiap rumah sakit harus melaksanakan Program Pengendalian Resistensi Antimikroba secara optimal, dan harus memiliki buku panduan penggunaan antibiotik.

Pelatihan: Satuan Pemeriksaan Internal RS, Pemeriksaan Internal Keuangan dan Nonkeuangan di RS

Di era JKN yang sudah berlangsung sejak tahun 2014, Rumah Sakit di Indonesia baik RS milik Pemerintah maupun milik Swasta dituntut untuk lebih efektif dan efisien dalam pengelolaannya, khususnya yang menyangkut pemanfaatan sumber daya yang dimiliki.  Jaminan Kesehata Nasional (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (Mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN.

Workshop Peran Strategis Tim Pengelola JKN di Rumah Sakit dalam Upaya Optimalisasi JKN

Memasuki era Universal Health Coverage (UHC) dan menjelang enam tahun program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Implementasi pelaksanaannya terus dilakukan pembenahan dan perbaikan, baik dalam tataran regulasi, kebijakan dan operasional, tidak hanya sistem utama, namun juga sub sistem pendukung lainnya. Rumah Sakit sebagai stakeholder utama JKN harus mampu mengelola pelayanan kepada peserta JKN dengan efektif dan efisien, tepat guna dan berhasil guna, karena pada hakekatnya dalam proses pelayanan kepada pasien terdapat batasan dalam standar pelayanan serta penggunaan sumber daya yang dikemas dalam model paket INA CBGs.

Pelatihan : Meningkatkan Komunikasi Efektif Menuju Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Kegiatan Komunikasi pada Prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Komunikasi dapat efektif apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan, pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan dan tidak ada hambatan untuk hal tersebut. menurut berbagai survei ± 85% kesuksesan hidup berkaitan langsung dengan kemampuan berkomunikasi dengan baik.
Arsip Berita
FIGUR

Kisah Kepala IGD RS Daha Husada Terbang ke Bangkok hingga Lembata, Selamatkan Korban Gigitan Ular Langka

Merespon cepat aduan sejawatnya tentang pasien anak korban gigitan ular di Nusa Tenggara Timur (NTT), nekat terbang langsung ke Bangkok, Thailand untuk mendapatkan antibisa atau antivenom yang diantar langsung ke bandara berkat kolaborasi dari para pakar di sana, hingga mengadakan pelatihan penananganan gigitan ular.  Itulah rangkaian kisah dr Tri Maharani, Kepala IGD RS Daha Husada Kediri Jawa Timur, yang dikenal sebagai ahli antivenom di negeri ini. Ceritanya juga mencerminkan kolaborasi antar tenaga dokter serta pihak RS serta tentunya pentingnya antisipasi Indonesia terhadap ketersediaan antivenom.
Arsip Berita
INFORMASI SEPUTAR RUMAH SAKIT

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.  Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission yang selanjutnya disingkat OSS adalah perizinan berusaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, gubernur, atau bupati/wali kota kepada pemilik dan pengelola Rumah Sakit melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kecurangan (Fraud) Serta Pengenaan Sanksi Administrasi Terhadap Kecurangan (Fraud) Dalam Pelaksanaa

Kecurangan (fraud) adalah tindakan yang dilakukan dengan sengaja untuk mendapatkan keuntungan finansial dari program Jaminan Kesehatan dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional melalui perbuatan curang yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar Peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran Jaminan Kesehatan atau iuran Jaminan Kesehatannya dibayar oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Media Sosial Community of Practice (CoP) Anti fraud layanan kesehatan.

Dalam rangka memperluas jaringan komunikasi dan untuk memudahkan peminat, pengamat dan praktisi anti fraud layanan kesehatan berinteraksi dan mendapatkan informasi terkini terkait upaya anti fraud layananan kesehatan...Kami umumkan bahwa saat ini kami telah menambahkan akun media sosial Community of Practice (CoP) Anti Fraud Layanan Kesehatan.
Arsip Berita

PD PERSI- Copyright © 2019

          

Halaman ini telah dikunjungi 74918 kali