Program Kemitraan

PERAN AKTIF & PROGRAM KEMITRAAN
Pusat Data & Informasi PERSI mewujudkan segala pemikiran dan peran aktif selama ini, dengan tetap berpegang teguh pada misi sosialnya. Beberapa peran yang dilakukan antara lain:
  1. Terhadap Konsumen/Masyarakat
    Salah satu tujuan utama dari Pusat Data & Informasi PERSI adalah membangun jaringan kedekatan antara Rumah Sakit dan masyarakat dengan memberikan kemudahan dalam berkomunikasi serta pencarian informasi mengenai Rumah Sakit. Pusat Data & Informasi PERSI adalah layanan yang mengunakan internet suatu media yang sangat memasyarakat. Melalui Pusat Data & Informasi PERSI ini masyarakat luas dapat mengakses dan mengambil informasi seperti :
  2. Terhadap Rumah Sakit
    Tujuan utama dibangun Pusat Data & Informasi PERSI adalah untuk membantu Rumah Sakit. Untuk Rumah Sakit yang sudah menjadi anggota Pusat Data ini, akan diberikan fasilitas gratis pada server di Pusat Data. Dengan pemberian ini beberapa fasilitas yang didapat untuk Rumah Sakit adalah :
  3. Terhadap Kelompok/Asosiasi Medik
    Kebutuhan Dokter atau pekerja medik akan informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan yang sangat luas. Kebutuhan itu diperkecil pada tingkat kelompok-kelompok/asosiasi-asosiasi medik yang kita ketahui sangatlah banyak terdapat di negara kita.

    PERSI menyadari begitu pentingnya masyarakat kelompok ini untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan kehidupan dan ketahanan dunia kesehatan di Indonesia. Dan disatu pihak kelompok/asosiasi ini perlu diakui masih menyimpan banyak kendala dalam melakukan kegiatannya.

    Pusat Data & Informasi PERSI yang dibangun dengan misi dan penerapan teknologi seperti yang telah diterangkan diatas, juga bertujuan untuk dapat memberikan fasilitas gratis terhadap kehidupan kelompok/asosiasi medik ini sehingga fungsi intermediary itu memungkinkan kelompok/asosiasi medik dapat berkomunikasi, bertukar informasi dan melakukan kegiatan-kegiatan vertikal pada masyarakat yang lebih spesifik. Beberapa fasilitas yang dapat di berikan antara lain :

  4. Terhadap Dokter
    Dokter merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia perumahsakitan dan kesehatan. Disatu pihak kebutuhan Dokter akan informasi mengenai dunia Rumah Sakit dan kesehatan adalah hal yang tidak dapat dipungkiri sebagai kebutuhan yang penting pula. Pemikiran Pusat Data & Informasi PERSI untuk kebutuhan Dokter akan informasi diwujudkan dalam fasilitas yang diberikan secara gratis berupa :
  5. Terhadap Penyelenggara Asuransi Kesehatan
    Asuransi kesehatan sebenarnya mengalami banyak tekanan dalam memberikan pelayanan yang lebih murah dan efektif kepada para pengguna. Apalagi setelah dampak ekonomi yang begitu berat dirasakan semua pihak. Disatu pihak dunia usaha ini menghadapi kompetisi yang sangat besar dan ketat, sehingga pihak asuransi dituntut untuk dapat memberikan nilai lebih terhadap produk dan jasa layanannya terhadap pengguna. Selain itu, asuransi juga harus menciptakan nuansa keuntungan dua arah antara pihak asuransi dan pihak penyelenggara kesehatannya dalam hal ini Rumah Sakit.

    Perlu diakui sekali lagi, bahwa kehidupan asuransi di Indonesia masih banyak menghadapi kendala dalam menangani informasi dan administrasi. Ketergantungan pada kertas, sering terjadinya duplikasi pekerjaan, susahnya untuk menghadirkan informasi terkini mengenai seorang nasabah, dukungan sistem yang lemah, yang semuanya itu mengakibatkan ketidak-efisiensian, pemborosan, permasalahan pemeliharaan informasi serta penundaan.

    Asuransi memerlukan cara yang lebih baik dalam memenuhi dan mendapatkan dukungan atas kebutuhan otomatisasi, pemeliharaan dan penyederhaan terhadap informasi yang berkenaan dengan penggunanya serta mitra penyelenggara kesehatannya, antara lain:

Peran dan pemikiran Pusat Data & Informasi PERSI dalam menjawab segala kendala ini juga merupakan jawaban atas segala kendala yang dialami oleh Rumah Sakit. Program yang ditawarkan terhadap penyelenggara asuransi oleh Pusat Data & Informasi PERSI ini berupa pembangunan suatu sistem kliring ( Clearing House ) yang akan berfungsi sebagai pusat data dan pusat komunikasi yang memungkinkan semua komponen dalam industri asuransi ini bergabung menjadi satu. Sistem itu memungkinkan pula antara member/pengguna, karyawan, dan asuransi dapat saling berhubungan untuk melakukan kegiatan administrasi, kegiatan transaksi klinik dan pertukaran informasi.
Sehingga beberapa keuntungan yang didapat adalah:
    6.  Terhadap Pemasok/Pabrik Obat
Salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya dalam dunia perumahsakitan dan kesehatan adalah peran pabrik obat. Pemaksimalan penetrasi kepada pasar yang vertikal dan tajam serta merebut pangsa pasar merupakan tujuan utama semua pabrik obat.

Peran aktif Pusat Data & Informasi PERSI dalam hal ini adalah mengintegrasikan informasi sehingga antara pemasok dan pasarnya dapat melakukan komunikasi dengan efisien dan efektif karena berbagai keuntungan. Oleh karena itu, salah satu fasilitas yang ditawarkan kepada pabrik obat adalah suatu jalur online yang memungkinkan dapat diselenggarakannnya pembelian secara online, pertukaran informasi secara online, akses yang cepat terhadap informasi obat dan produk obat baru lainnya.

Kemitraan yang ditawarkan antara lain seperti:

Keuntungan yang didapat antara lain :