INFORMASI BUKU BARU

PETUNJUK TEKNIS IZIN MENDIRIKAN, IZIN OPERASIONAL DAN PENINGKATAN KELAS RUMAH SAKIT

KATA PENGANTAR DIREKTUR PELAYANAN KESEHATAN RUJUKAN

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan bimbingan dan petunjukNya kepada kita semua sehingga buku Petunjuk Teknis Izin Mendirikan, Izin Operasional dan Peningkatan Kelas Rumah Sakit telah selesai disusun.

Buku ini berisi berbagai petunjuk izin mendirikan, izin operasional serta peningkatan kelas Rumah Sakit yang harus diterapkan oleh seluruh Rumah Sakit yang bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat.

Diharapkan petunjuk teknis ini juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggara rumah sakit sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Kami menyadari bahwa substansi buku ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritikan yang sifatnya membangun sangat kami harapkan untuk menyempurnakan buku ini. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggitingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi, sehingga tersusunnya buku ini.

Akhir kata, semoga buku petunjuk teknis ini dapat memberikan manfaat bagi para seluruh insan yang terlibat dalam penyelenggaraan Rumah Sakit


Buku Petunjuk Teknis Izin Mendirikan, Izin Operasional dan Peningkatan Kelas Rumah Sakit di Susun Oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2017

Buku ini dapat di Unduh di Link berikut

BUKU KODE ETIK RUMAH SAKIT INDONESIA (KODERSI) DAN PENJELASANNYA TAHUN 2015

KATA PENGANTAR

Masuknya Negara kita ke dalam persaingan global, mengharuskan kita mengubah paradigm tentang rumah sakit. Saat ini, rumah sakit tidak bisa lagi dipandang hanya sebagai institusi social belaka, tetapi sudah menjadi institusi yang bersifat sosio ekonomis. Dengan paradigm baru ini maka kaidah-kaidah bisnis juga berlaku bagi "industri" rumah sakit, tanpa harus meninggalkan jatidiri rumah sakit sebagai institusi social yang sarat dengan norma, moral dan etika. Pelayanan kesehatan dewasa ini jauh lebih kompleks dibandingkan dengan beberapa dasawarsa sebelumnya. Beberapa faktor yang mendorong kompleksitas pelayanan kesehatan pada masa kini antara lain:

1. Semakin kuat tuntutan pasien/masyarakat akan pelayanan kesehatan bermutu, efektif
   dan efisien,
2. Standar pelayanan kesehatan harus sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi
   kedokteran,
3. Latar belakang pasien amat beragam (tingkat pendidikan, ekonomi, social dan budaya),
4. Pelayanan kesehatan melibatkan berbagai disiplin dan institusi, dan
5. Diberlakukannya system Jaminan Kesehatan Nasional

Salah satu upaya mencapai pelayanan kesehatan yang bermutu dan profesional di rumah sakit adalah dengan memenuhi kaidah-kaidah yang tercantum dalam Kode Etik Rumah Sakit di Indonesia (KODERSI). Kode Etik Rumah Sakit Indonesia memuat rangkaian nilai-nilai dan norma-norma moral perumahsakitan Indonesia untuk dijadikan pedoman dan pegangan bagi setiap insane yang terlibat dalam penyelenggaraan dan pengelolaan rumah sakit di Indonesia. KODERSI merupakan kewajiban moral yang harus ditaati oleh setiap rumah sakit di Indonesia agar tercapai pelayanan rumah sakit yang baik, bermutu, profesional dan sesuai dengan norma dan nilai-nilai luhur profesi kedokteran.

Pada umumnya pedoman yang termuat dalam KODERSI berupa garis besar atau nilai-nilai pokok yang masih memerlukan penjabaran yang lebih rinci dan teknis. Untuk menjabarkan KODERSI dan menerapkannya dalam kebijakan rumah sakit maka setiap rumah sakit dianjurkan membentuk Komite Etik Rumah Sakit (KERS). Sedangkan di tingkat pengurus cabang/pusat, badan etik rumah sakit Indonesia dinamakan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit Indonesia (MAKERSI). Dalam rangka melengkapi KODERSI maka perlu dibuat acuan dasar procedural dalam bentuk Pedoman Pengorganisasian Komite Etik Rumah Sakit dan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit Indonesia (selanjutnya disingkat Pedoman). Dengan adanya pedoman ini diharapkan penerapan KODERSI dalam pelayana perumahsakitan menjadi kenyataan sehingga rumah sakit di Indonesia mampu mengemban misi luhur dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

TIM PENYUSUN

Ketua :
Dr. dr. Sintak Gunawan, MA

Wakil Ketua :
Dr. dr. Widyastuti Wibisana, M.Sc

Sekretaris :
dr. Exsenveny L, M.Kes

Anggota :

  1. Dr. dr. Sutoto, M.Kes
  2. dr. Wasista Budiwaluyo, MHA
  3. dr. Umar Wahid, SpP
  4. dr. Achmad Haryadi, M.Sc
  5. Prof. Dr. dr. Afus Purwadianto, SpF, SH
  6. dr. Agung Sutioso, SpOT, MM, MARS
  7. dr. Krisnajaya, M.Sc
  8. Prof. Dra. Elly Nurachmah, DNSc
  9. Soemaryono Rahardjo, SE, MBA
  10. Prof. Dr. dr. Herkutanto, SpF, SH, FACLM
  11. Dr. dr. Hanny Rono Sulistyo, SpOG(K), MM
  12. dr. Nico A. Lumenta, K.Nefro, MM, MH.Kes
  13. dr. IBN Banjar
  14. Dra. Khafifah Am
  15. dr. J. Suwanta Sinarya, M.Kes

BUKU PEDOMAN PENYUSUNAN PANDUAN PRAKTIS DAN CLINICAL PATHWAY DALAM ASUHAN TERINTEGRITASI SESUAI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT 2012 (EDISI I - 2015)

KATA PENGANTAR

Panduan Praktik Klinis adalah istilah teknis sebagai pengganti Standar Prosedur Operasional (SPO) dalam Undang-Undang Praktik Kedokteran 2004 dan Undang-Undang Keperawatan yang merupakan istilah administratif. Penggantian ini perlu untuk menghindarkan kesalahpahaman yang mungkin terjadi, bahwa "standar" merupakan hal yang harus dilakukan pada semua keadaan. Jadi secara teknis Standar Prosedur Operasional (SPO) dibuat berupa Panduan Praktik Klinis (PPK) yang dapat berupa atau disertai dengan salah satu atau lebih: alur klinis (Clinical Pathway), protokol, prosedur, algoritme, standing order.

Pedoman Penyusunan Panduan Praktik Klinis dan Clinical Pathway Dalam Asuhan Terintegrasi Sesuai Standar Akreditasi Rumah Sakit 2012 ini sangatlah penting dalam melakukan kendali mutu dan kendali biaya dan ini dijelaskan dalam Undang-Undang RI No. 44 tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Buku ini disusun oleh Kelompok Kerja yang diberi tugas oleh Ketua Umum PERSI dengan Surat Keputusan No.. 212/SK/PP.PERSI/IX/2015 Tentang Tim Penyusun Clinical Pathway Guideline and Hospital Based Costing Guidebook serta kerjasam antara Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dengan organisasi kesehatan (WHO) dan para pakar dari profesi terkait serta dukungan dari berbagai pihak.

Buku ini terdiri dari 2 bagian. Bagian Pertama, mencakup aspek landasan hukum, berbagai batasan dan uraian umum Tentan PNPK (Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran) serta PPK (Panduan Praktik Klinis) dan turun-turunannya. Selain itu, bagian ini juga memuat uraian yang berkaitan dengan PAK (Panduan Asuhan Keperawatan), PAG (Panduan Asuhan Gizi), dan PAKf (Panduan Asuhan Kefarmasian). Untuk aspek yang menyangkut PNPK dan PPK, kami terutama merujuk pada Buku Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Kedokteran yang disusun oleh KUK (Konsorsium Upaya Kesehatan) Ditjen BUK-Kemenkes RI yang ikut bertanggung jawab dalam pengembangan PNPK dan PPK

Bagian Kedua, buku ini merupakn contoh-contoh Panduan Praktik Klinis (PPK), Panduan Asuhan Keperawan (PAK), Panduan Asuhan Gizi (PAG), dan Paduan Asuhan Kefarmasian (PAKf). Sesuai dengan fasilitas setempat, maka contoh-contoh yang ada dalam bagian kedua buku ini harus "diterjemahkan" sesuai dengan keaddan setemapt dan siap untuk dilakukan revisi secara periodik.

TIM PENYUSUN

TIM PENGARAH

  1. Sutoto, DR. Dr. M.Kes
  2. Sudidgdo Satroasmoro, Prof, DR, Dr, SpA(K)
  3. Wasista Budiwaluyo, Dr, MHA
KOORDINATOR
  • Hanny Rono Sulistyo, DR, Dr, SpOG(K), MM
ANGGOTA
  1. Djoni Darmadjaja, Dr, SpB, MARS
  2. Exsenven Lalopua, Dr, M.Kes
  3. Nico A. Lumenta, Dr, K.Nefro, MM, MH.Kes
  4. Rr. Tutik Sri Hariyati, DR, SKp, MARS
  5. Santoso Soeroso, Dr. SpA(K), MARS
  6. Zainal Abidin, Dr. SpTHT

BUKU DIREKTORI RUMAH SAKIT SELURUH INDONESIA (EDISI 2015)

KATA PENGANTAR

Direktori Rumah Sakit Seluruh Indonesia Tahun 2015 merupakan edisi Keenam dari Direktori Rumah Sakit Indonesia edisi pertama yang diterbitkan pada tahun 1995.

Direktori ini berisikan data rumah sakit terbaru yang dikirim dari PERSI Daerah seluruh Indonesia Rumah Sakit beserta fasilitas pelayanannya.

Penerbitan Direktori ini dimaksudkan sebagai bentuk layanan informasi terhadap berbagai kalangan antara lain tenaga medis, aparamedis, perusahaan yang bergerak dalam bidang farmai dan industri kesehatan serta masyarakat umum


UNTUK PEMESANAN/PEMBELIAN SILAHKAN HUBUNGI :
SEKRETARIAT PERSI
CROWN PALACE BLOK E/6
Jl. Prof. Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan
Telp.: (021) 8378 8722-23
Email : persi@pacific.net.id