Berita Terbaru

Tomotherapy, Alat Terapi Kanker Kebanggaan RSCM yang Terendam Banjir Tengah Diperiksa

Monday 24 February 2020
Tomotherapy, alat terapi kanker paling canggih milik RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang berada di ruang radioterapi terendam banjir pada Minggu (23/2), bersama sejumlah alat kesehatan lainnya. Setelah genangan surut, kini alat-alat radiologi dan radioterapi itu kini tengah dicek untuk mengetahui terjadi kerusakan atau tidak.  Kepala Bagian Humas RSCM Ananto mengatakan Tomotherapy merupakan alat terapi kanker dengan teknologi termutakhir, mulai dioperasikan RSCM sejak Desember 2016 dan merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia

BPJS Kesehatan Bayar Tunggakan ke RSUD Kota Tanjung Pinang, Tahap Pertama Cair Rp3 miliar

Monday 24 February 2020
Tunggakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tanjung Pinang total sebanyak Rp9 miliar mulai dibayarkan dengan dicicil Rp3 miliar pada 20 Februari 2020.  "Tunggakan klaim yang masih tersisa, Rp6 miliar akan segera diselesaikan menunggu kucuran dana dari pusat. Pembayaran klaim berdasarkan ketersediaan anggaran di kantor pusat. Dalam perjanjian kerja sama (PKS) juga sudah ada kesepakatan tentang jangka waktu pembayaran klaim, termasuk sanksi denda bila BPJS Kesehatan melewati jatuh tempo pelunasannya

RS Terapung Soeharso 990 Miliki Fasilitas Isolasi dan Aliran Udara, Tunggu Komando Berlayar ke Jepang

Monday 24 February 2020
Kapal Republik Indonesia (KRI) atau Rumah Sakit (RS) Terapung Soeharso 990 memiliki fasilitas untuk memulangkan sekaligus merawat Warga Negara Indonesia (WNI) kru Kapal Pesiar Diamond Princess di Jepang.  Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan kapal RS ini memiliki kemampuan perawatan karena memang dirancang untuk mengatasi penyakit apapun. Terawan meninjau KRI Soeharso di Dermaga Komando Armada II Surabaya, Kamis malam.

Arsip : 2019


26/12/2019 10:26:23 AM

Menkes Tinjau RSHS, Soroti Kapasitas Gedung serta Pentingnya Inovasi

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengunjungi RSUPN Hasan Sadikin, Bandung pada Senin (23/12). Terawan didampingi Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Kesehatan serta disambut seluruh Direktur RS Hasan Sadikin serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Bandung. "Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pihak RS sudah baik, kendati memang masih ada perbaikan, salahsatunya dalam hal infrastruktur. RSHS bisa menampung dan menerima pasien sebanyak mungkin.


26/12/2019 10:24:25 AM

RSUD Ulin Diharapkan Bisa Hadirkan Layanan Setaraf RS Harapan Kita

RSUD Ulin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) didukung Kementrian Kesehatan untuk menjadi RS rujukan penyakit jantung untuk wilayah Kalimantan. Syaratnya, bangunan dan ruangan sudah memungkinkan dan sesuai standar.  RSUD Ulin merupakan RS kelas A dan tengah menyiapkan gedung bertingkat dan ruangan-ruangan yang memadai untuk menjadi RS rujukan penanganan jantung. Tujuannya, masyarakat Kalimantan bisa mendapat pelayanan operasi jantung sekelas RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita di Jakarta


26/12/2019 10:22:38 AM

RSCM Satu Abad, Kini Mengampu 15 RS

RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) ingin mengampu atau menyokong lebih banyak lagi RS di daerah agar lebih optimal dan mandiri sehingga dapat memberikan layanan kesehatan kepada warga di daerah sehingga pasien tidak harus berobat ke Jakarta.  "Fokusnya bagaimana kita mengembangkan, karena kita persaingannya bukan antara RS lingkup dalam negeri saja, kita sebagai RS rujukan nasional arahnya harus sejajar dengan luar negeri," kata Direktur Utama RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo dr. Lies Dina Liastuti, Sp. JP(K)


26/12/2019 10:21:22 AM

Cianjur Akan Miliki Dua RS dan Tiga Puskesmas Baru

Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan dibangun dua rumah sakit (RS) dan tiga puskesmas baru. Satu RS dan tiga puskesmas akan dibangun Pemerintah Kabupaten Cianjur dan satu RS dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.  "Kabupaten Cianjur akan membangun RS di Kecamatan Ciranjang, bertipe D. Kami mempersiapkan RS di wilayah tersebut untuk menunjang kawasan Cianjur timur sebagai pintu keluar atau exit tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung. Secara otomatis kawasan Ciranjang akan menjadi pusat perekonomian


26/12/2019 10:20:15 AM

RSUD dr. M. Soewandhie Bangun Gedung Layanan Kanker 9 Lantai

Pembangunan gedung baru RSUD dr. M. Soewandhie diharapkan selesai tepat waktu atau sesuai jadwal. Gedung baru itu akan dilengkapi fasilitas radioterapi dan penanganan kanker. "Kalau pembangunan sesuai jadwal, akan banyak saudara-saudara kita yang bisa disembuhkan, karena sudah banyak yang menunggu. Aku sedih ketika melihat data penderita penyakit kanker yang menunggu berobat cukup lama. Kalau kemoterapi waktunya sekitar lima sampai enam bulan, sedangkan kalau radioterapi bisa sampai setahun," ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini


26/12/2019 10:17:48 AM

Puskesmas Batu Rusa Raih Akreditasi Tertinggi dari Kemenkes

Puskesmas Batu Rusa Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih akreditasi Purna atau akreditasi tertinggi dari Kementrian Kesehatan. "Puskesmas Batu Rusa tersebut merupakan satu-satunya Puskemas di Bangka Belitung yang meraih akreditasi purna. Ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan akreditasi tersebut, di antaranya standar administrasi dan manajemen yang meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, serta peningkatan mutu Puskesmas," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti


16/12/2019 04:27:43 PM

RS Apung Miliki IGD, Poli Bedah Hingga Ruang Cuci

dr. Lie Dharmawan, pendiri RS Apung Nusa Waluya II menerapkan sistem 'jemput bola' yakni mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga semua bisa mengakses layanan kesehatan, tanpa terkecuali.  'RS terapung ini salah solusi untuk negara kita mengingat negara kita adalah negara besar yg terdiri dari 17.000-an pulau dan tentu sebagai negara maritim kita membutuhkan rumah sakit ini untuk menjangkau daerah yang sulit dijangkau,' ujar Lie Dharmawan.


16/12/2019 04:24:58 PM

Kemenkes Dukung RS Apung Karena Masyarakat Terpencil pun Berhak Atas Layanan Kesehatan

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Tri Hesty Widyastoeti dan Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Andi Saguni menunjungi RS Apung Nusa Waluya II yang sedang berlabuh di Pluit, Jakarta Utara.  "Kemenkes mendukung penuh keberadaan RS Apung tersebut, sebagai bagian dari upaya mempermudah akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali," ujar Hesty.


16/12/2019 04:23:03 PM

4 Hingga 5 Gigi Masyarakat Indonesia Bermasalah

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Komite Kesehatan Gigi dan Mulut yang menghimpun unsur kementerian, pendidikan kedokteran gigi, kolegium, organisasi profesi, dan pakar.  Komite ini nantinya akan membantu Kemenkes menyusun rencana strategi dan rencana aksi upaya Kesehatan Gigi dan Mulut, menjembatani koordinasi dengan stakeholder terkait lainnya, sehingga dapat mencapai target Nasional yang diharapkan.


16/12/2019 09:18:48 AM

Pemprov Kalimantan Selatan Berencana Dirikan RS Jantung

Kami berharap dengan keberadaan rumah sakit jantung tersebut, derajat kesehatan masyarakat Kalsel semakin meningkat, terutama dalam penanganan penyakit jantung. Agar perencanaan pendirian dilakukan sebaik mungkin. Perencanaan yang baik itu sangat penting, sehingga nantinya betul-betul bermanfaat bagi kesehatan masyarakat," ujar Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Supian HK.


16/12/2019 09:16:48 AM

2020, RST Wirasakti Kupang Naik Tingkat

Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang pada 2020 mendatang akan mengalami kenaikan dari tingkat empat menjadi tiga. Untuk menunjang peningkatan tipe RS tersebut, akan ada beberapa ruangan yang akan direnovasi yang akan dilakukan pada 2020 atau 2021.  Kedatangan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa untuk meninjau kondisi RST akan memastikan proses itu.


16/12/2019 09:14:10 AM

RSUP Sanglah Buka Klinik Gangguan Tidur

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah membuka Klinik Gangguan Tidur, tempat pasien bisa berkonsultasi mengenai gangguan tidur hingga menjalani terapi untuk mengatasi gangguan tidur yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Jadi sering disebut Poli Tidur dan pasiennya di sana dievaluasi, mulai dari wawancara soal sakitnya apa, pernah minum obat-obatan (atau) tidak, keluhannya sejauh ini seperti apa, wawancara dilakukan secure lengkap kata Psikiater RSUP Sanglah dr. Ida Ayu Kusuma Wardani, SpKJ, baru-baru initiative.


11/12/2019 08:54:03 AM

Industri Alkes Nasional Merintis Jalur Ekspor ke Amerika dan Eropa

Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Workshop Peningkatan Ekspor Produk Kefarmasian dan Alat Kesehatan ke Kawasan Amerika dan Eropa di Jakarta, belum lama ini. Pelatihan itu diselenggarakan sesuai Arabs Presiden Joko Widodo yang menegaskan, salah satu prioritas nasional bidang kesehatan untuk lima tahun mendatang adalah untuk meningkatkan diplomasi ekonomi luar negeri Indonesia.


11/12/2019 08:48:07 AM

Masyarakat Indonesia Makin Malas Bergerak

Hasil Riset esehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan masyarakat Indonesia yang kurang beraktivitas fisik jumlahnya meningkat dari 26,1% di tahun 2013 menjadi 33,5 %. "Masyarakat Indonesia makin kurang bergerak, bahkan dalam 5 tahun terakhir jumlahnya kian meningkat.Kemajuan zaman seharusnya bukan jadi alasan kita untuk tidak beraktivitas, tetapi sebaliknya, memudahkan kita berolahraga, contohnya dengan ada nya tread mill, aplikasi olahraga di jam tangan maupun ponsel". kata Direktur Keselamatan Kerja dan Olahraga drg. Kartini Rustandi, M.Kes, belum lama ini.


11/12/2019 08:36:47 AM

Pelatihan Analisa Big Data: Manajemen RS Harus Ambil Keputusan Berdasar Data

Sebanyak 56 peserta dari kalangan perumahsakitan mengikuti pelatihan Analisa Big Data untuk Pengambilan Keputusan Tepat Eksekutif RS yang diselenggarakan PT Info Sarana Medika PERSI di kantor Microsoft Indonesia di Gedung BEI Jakarta, hari ini, Senin (9/12). Mereka berasal dari RS-RS di Jabodetabek, Medan, Solo, Prabumulih serta kota-kota lainya. Pelatihan itu dipandu oleh Tony Seno Hartono, CTO PT Info Sarana Medika PERSI.


06/12/2019 08:34:21 AM

Puncak, Papua yang Rawan Konflik dan Hanya Terakses Lewat Udara, Kini Punya Puskesmas Rawat Inap

Sebanyak empat puskemas di Kabupaten Puncak, Papua, kini memiliki fasilitas rawat inap. Puskesmas itu tersebar di empat distrik, yaitu Sinak, Gome, Agandugume dan Wangbe, semuanya merupakan daerah-daerah konflik karena sering terjadi kontak senjata antara TNI/Polri dan pihak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).  Puskemas Sinak, Gome dan Wangbe sudah 100% siap dimanfaatkan, sementara Puskemas Agandugume baru 75%, karena terkendala keamanan bagi para pekerjanya


06/12/2019 08:33:28 AM

Kolaborasi Empat RS di Makassar, PKK serta Perdami Gelar Operasi Katarak Gratis

RS Labuang Baji, RS Pertiwi, RS Fatimah dan RSUD Sayang Rakyat, keempatnya berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berkolaborasi dengan Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulsel menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak, pada Sabtu (30/11) hingga Minggu (1/12).  Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin di Makassar, Minggu, meninjau langsung kegiatan itu. "Ini semua berkat bantuan dari teman-teman Dinas Kesehatan, juga empat RS yang sebelumnya juga sudah melakukan kegiatan baksos bersama TP PKK Provinsi Sulsel," ujar Lies.


06/12/2019 08:32:39 AM

Belajar dari Banjir Februari, RSUD dr Doris Sylvanus Benahi Drainase

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, telah melakukan sejumlah pembenahan terhadap infrastruktur untuk mengantisipasi musim hujan. Diantaranya, pengerukan terhadap drainase atau saluran air RS.  "Sekitar akhir Februari 2019, sejumlah bagian RSUD dr Doris Sylvanus direndam banjir akibat curah hujan tinggi dan air tak mampu tersalurkan dengan baik. Belajar dari kondisi itu, kondisi RS sudah siap mengantisipasi. Terbukti saat hujan turun dengan intensitas lumayan hingga lebat selama beberapa kali, tidak ada lagi terjadi banjir," ujar Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Yayu Indriaty, belum lama ini


02/12/2019 12:30:14 PM

Hari AIDS Sedunia dan Para Ibu Terinfeksi yang Tegar

Ibu rumah tangga menjadi salah satu kelompok yang sangat rentan mengidap HIV/AIDS. Data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan menunjukkan, dari 2009 hingga 2019, terhitung ada 16.854 ibu rumah tangga yang mengidap HIV/AIDS. Ini menjadi jumlah kedua terbanyak setelah tenaga nonprofesional atau karyawan, yang mencapai 17.887 jiwa.  Meski hingga saat ini topik mengenai penyakit HIV/AIDS masih menjadi fokus dalam dunia kesehatan, tak bisa dipungkiri jika stigma negatif terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) masih terbilang cukup tinggi di Indonesia. 


29/11/2019 03:39:35 PM

Keluar RSUD Tidar, Pasien TB Terus Dipantau dan Direnovasi Rumahnya Agar Sehat

Kendati pasien tuberkolosis (TB) telah selesai menjalani pengobatan di RSUD Tidar,Pemerintah Kota Magelang akan terus menuntaskan penanganan hingga pasien benar-benar tuntas dan tidak akan menularkan. Fokusnya adalah kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah tinggal.  "Pasien yang sudah ditangani oleh dokter di RSUD Tidar, kami datangi rumah tinggalnya dan jika ternyata kondisi rumahnya tidak sehat, minim sirkulasi udara, maka kami langsung intervensi," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Magelang Lilik Sunarto


29/11/2019 12:56:48 PM

Pemerintah Siapkan Hospital Disaster Plan

Pemerintah meningkatkan kesiapan fasilitas kesehatan, termasuk rumah sakit (RS) dan puskesmas, dalam menangani berbagai bencana.  Penyiapan SDM menjadi prioritas, selain juga obat-obatan maupun alat-alat kesehatan habis pakai. SDM kesehatan harus selalu siap untuk melakukan penanggulangan, penanganan, apabila terjadi bencana.


28/11/2019 11:51:53 AM

Desember, RSUD Wangaya Operasikan Alat ESWL

RSUD Wangaya, Denpasar, Bali, pada Desember mendatang akan melengkapi pelayanannya dengan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).  Alat ini digunakan untuk menangani penyakit batu ginjal. Gelombang kejut dikonsentrasikan di sekitar ginjal untuk menghancurkan batu menjadi pecahan-pecahan kecil yang selanjutnya bisa dikeluarkan melalui urine.


28/11/2019 11:50:27 AM

Menurut Menkes, Inilah Sikap yang Harus Dilakukan Dokter untuk Berkontribusi Atasi Defisit JKN

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyoroti perilaku sebagian dokter yang dinilainya berlebihan dalam menangani pasien sehingga membuat biaya klaim rumah sakit (RS) ke BPJS Kesehatan membengkak.  Terawan mencontohkan, data BPJS Kesehatan pada pembiayaan penyakit jantung sepanjang 2018 mencapai Rp10,5 triliun dan tindakan operasi sectio caesarea yang dinilainya terlalu banyak.


28/11/2019 11:48:56 AM

Sumbar Akan Bangun Pengolahan Limbah Medis, RS Akan Hemat Anggaran Miliaran Rupiah

Pembangunan fasilitas pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang akan dibangun pemerintah provinsi Sumatera Barat akan sangat membantu rumah sakit (RS) di wilayah itu yang selama ini harus mengirim limbah medisnya ke Pulau Jawa.  "RS-RS di Sumatera Barat berpotensi memangkas pengeluarannya, karena itu pemerintah daerah memberikan dukungan untuk proyek ini. Pengiriman limbah B3 dari RS telah menyedot anggaran cukup besar," ujar Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, baru-baru ini.


26/11/2019 06:03:09 PM

Fasilitas Layanan Darah Gratis di Sleman Belum Optimal Dimanfaatkan RS

IDari 28 rumah sakit (RS) yang ada di Kabupaten Sleman, baru 17 yang yang menggunakan fasilitas Lada Manis atau Layanan Darah di Sleman Gratis.Pelayanan yang ditujukan untuk kemaslahatan dan keselamatan pasien itu diatur dalam Peraturan Bupati yang ditetapkan pada 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Jaminan Biaya Pengganti Pengolahan Darah.


25/11/2019 05:23:01 PM

Inilah Keluhan Peserta JKN yang Akan Dicari Solusinya oleh BPJS Kesehatan dan PERSI

Inilah keluhan yang paling sering diungkapkan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap pelayanan rumah sakit (RS) yang mereka terima.  Pertama, diskriminasi dalam pemberian pelayanan pada pasien. Kedua, keterlambatan dokter dari jadwal yang sudah ditentukan.  "Keluhan peserta JKN-KIS yang sering disampaikan melalui layanan Suara Customer (pelanggan) adalah mengenai urun biaya, diskriminasi pelayanan, pembatasan kuota dokter, dan dokter yang datang tidak tepat waktu,


25/11/2019 04:57:00 PM

RS Ernaldi Bahar Palembang Siap Terima Pasien Rehabilitasi Narkoba

Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan kamar untuk layanan rehabilitasi masyarakat dari kecanduan narkoba. Layanan itu bisa segera dimanfaatkan bagi mereka yang memang telah berada dalam tahap kecanduan atau yang memiliki kerabat dengan kondisi serupa.  "Mengonsumsi narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya lainnya dapat menimbulkan gangguan jiwa dan kerusakan otak. Untuk mencegah terjadinya gangguan jiwa dan kecanduan narkoba yang lebih parah, bagi masyarakat yang ingin melepaskan diri dari pengaruh barang terlarang disarankan segera mengikuti program rehabilitasi


25/11/2019 04:56:15 PM

BPJS Kesehatan Targetkan Segera Bayar Tunggakan ke RS Setelah Terima Kompensasi Kenaikan Iuran

BPJS Kesehatan menargetkan, dapat melakukan pembayaran klaim pada bulan ini, menyusul dana transfer yang diterima terkait dengan kompensasi kenaikan iuran. Pihak rumah sakit (RS) dihimbau segera memasukan tagihan agar berada dalam daftar antrean pembayaran.  BPJS Kesehatan Cabang Padang menyatakan, pembayaran klaim rumah sakit (RS) yang sudah dibayarkan BPJS Kesehatan hingga saat ini baru sampai 21 Agustus 2019, sehingga, klaim yang diajukan setelahnya, belum dibayarkan. Pemicunya, BPJS Kesehatan mengalami defisit dan jumlahnya secara nasional sudah mencapai Rp23 triliun.


25/11/2019 04:54:24 PM

Inilah Tiga Komitmen Kesepakatan BPJS Kesehatan dan PERSI, Agar Kenaikan Tarif Berdampak pada Perbaikan Layanan

BPJS Kesehatan bersama Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menyatakan komitmen bersama terhadap peningkatan kualitas pelayanan menyusul penyesuaian iuran JKN-KIS. Kenaikan tarif iuran itu dijadikan momentum oleh BPJS Kesehatan bersama para pemangku kepentingan untuk mendongkrak mutu pelayanan kesehatan.  Tiga komitmen itu terdiri atas penerapan sistem antrian elektronik, penyediakan informasi yang transparan ketersediaan tempat tidur serta penyederhanaa prosedur bagi pasien cuci darah. Demikian terungkap dalam keterangan pers BPJS Kesehatan, yang dirilis usai pertemuan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dengan Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes, di Jakarta, Selasa (19/11).


20/11/2019 01:35:22 PM

Kemenparekraf dan Kemenkes Rilis Pola Perjalanan Wisata Kesehatan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersinergi membuat pola perjalanan wisata kesehatan di Indonesia, sebagai langkah untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi Pariwisata Kesehatan Dunia.Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani di Jakarta, Selasa (19/11/2019) menjelaskan, 


20/11/2019 01:35:05 PM

Pelaku Usaha Kesehatan Berbasis Digital Inggris Berminat Masuk ke Indonesia

Para pemangku kepentingan yang bergerak di sektor digitalisasi layanan kesehatan dari Indonesia dan Inggris bertukar pengalaman dam UK-Indonesia Workshop: Towards a Digital Transformation in Healthcare-Challenges and Opportunities di Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta.Rahul Agarwal, Asia Pacific and Prosperity Lead, Healthcare UK Department for International Trade memaparkan, Inggris termasuk salah satu negara pembaharu di bidang digitalisasi kesehatan di dunia. 


20/11/2019 01:21:09 PM

Rail Clinic, Praktik Dokter di Gerbong Kereta Beroperasi di Stasiun Cigombong

Rail Clinic atau Kereta Klinik beroperasi di Stasiun Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55. Klinik yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu dibuka untuk memberi kesempatan bagi masyarakat yang tinggal di Stasiun Cigombong untuk memeriksakan kesehatannya secara gratis.  "Rail Clinic menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama, yang meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan farmasi," ujar Executive Vice President Daop 1 Jakarta PT KAI, Dadan Rudiansyah.


20/11/2019 01:17:37 PM

Aqila-Azila, Kembar Siam ke-99 yang Sukses Dipisahkan RSUD dr Soetomo Pulang ke Kendari

RSUD dr Soetomo Surabaya hari ini memulangkan bayi kembar siam Aqila-Azila yang telah sukses dipisahkan. Mereka akan pulang ke Kendari, Sulawesi Tengah dan dilepas Direktur Utama RSUD dr Soetomo, Dr Joni Wahyuhadi serta Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Agus Harianto.  Bayi kembar siam dempet dada dan perut atau thoracobdomino, Aqila dan Azila, diperbolehkan pulang setelah tim dokter memastikan kondisi kesehatan dan fisiknya semakin membaik pascaoperasi pemisahan pada Agustus 2019.


20/11/2019 01:17:37 PM

Kesadaran Kesehatan Mental Meningkat, Pasien RSJ Tampan Bertambah

Meningkatnya kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental masyarakat Pekanbaru, Riau, memacu kenaikan jumlah pasien yang ditangani Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan. Pada periode Januari-September 2019 terdapat 1.365 pasien atau naik 862 pasien dibandingkan periode Januari-September 2018 yang hanya 503 pasien.  "Ketika menemui anggota keluarganya mengalami gejala gangguan kejiwaan, agar tidak makin parah mereka membawanya ke sini," ujar Psikater RSJ Tampan Dr. Nining Gilang Sari M.Ked KJ Sp.KJ, belum lama ini.


18/11/2019 09:32:57 AM

Aplikasi BAMAG, Kolaborasi RSUD Dokter Soetomo dan ITS untuk Pengobatan Parkinson yang Presisi dan Efisien

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soetomo Surabaya berkolaborasi dengan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya untuk mengembangkan aplikasi Brain Anatomi Morfologi Generated (BAMAG) guna membantu pasien parkinson. Aplikasi ini akan membantu persiapan bedah otak agar pengobatan parkinson bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Kini parkinson menjangkit 300 orang per 100 ribu jiwa.  Direktur Utama RSUD Dokter Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi menyatakan, jika penduduk Jatim 30 juta jiwa, maka dengan prevalensi itu biaya pengobatan parkinson sangat besar. Jumlah kasusnya juga tak akan tertangani kalau tidak diintervensi teknologi.


15/11/2019 01:13:26 PM

Tim IT RS Ikuti Pelatihan Business Intelligence Analisa Data

Sebanyak 12 orang kalangan perumahsakitan mengikuti Pelatihan Business Intelligence Analisa Data Rumah Sakit (RS) yang diselenggarakan PT Info Sarana Medika (ISM) PERSI di kantor Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jakarta, Kamis (14/11).  Pelatihan yang dipandu CTO PT ISM PERSI Tony Seno itu diikuti tim tenologi informasi RS Bhayangkara Said Sukanto, RSUD Koja, RS Pelabuhan Jakarta, RS Pondok Indah, RS Awal Bros, RS Mayapada, Unimedika Hospital Group, RSU UKI serta RSCM.


15/11/2019 01:12:17 PM

Menkes Apresiasi RSUD dr Iskak yang Tak Gentar Hadapi Tunggakan BPJS Kesehatan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengapresiasi pencapaian RSUD dr Iskak Tulungagung yang meraih Bionexo Excellence Award for Corporate Social Responsibility atau penghargaan emas pada program pertanggungjawaban sosial dalam International Hospital Federation Congress and Award ke-43 di di Muscat, Oman, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (8/11), pukul 11.00 waktu UEA.


15/11/2019 01:09:59 PM

Teknologi Bisa Tuntaskan Masalah Obat Kedaluwarsa, dan Tentunya Masalah yang Dipicu Ketedoran atau Kesengajaan Lainnya

Indonesia, dan banyak negara-negara berkembang lain, tidak memiliki dana berlebih untuk obat-obatan. Sehingga segala jenis pemborosan, termasuk pencurian, penyalahgunaan, dan batas kedaluwarsa harus dicegah melalui tata kelola yang baik  Pada 5 November 2019, BPK menemukan persediaan obat kedaluwarsa senilai Rp 90,4 Miliar di Kementerian Kesehatan. Ketidakcermatan dalam proses pendistribusian menyebabkan tanggal kedaluwarsa tergabaikan.


11/11/2019 02:55:44 PM

Pencapaian RSUD dr Iskak Menjadi RS Paling Mandiri di Indonesia, Kini Diakui Global

RSUD dr Iskak Tulungagung, Jawa Timur, menerapkan inovasi Public Service Centre (PSC) sehingga mendorong terselenggaranya penyelenggaraan perumahsakitan murah dan bermutu. RSUD itu kini bisa melayani 85% pasien BPJS di wilayah Provinsi Jawa Timur bagian barat sejak 2016.  Manajemen perumahsakitan efektif dan efisien itu pula yang membuat lembaga kesehatan milik Pemkab Tulungagung ini nyaris tak tergoyahkan, termasuk ketika klaim pembayaran atas pertanggungan layanan kesehatan bagi pasien BPJS Kesehatan ditunggak hingga berbulan-bulan.


11/11/2019 02:53:43 PM

Selenggarakan Pelayanan Murah dan Bermutu, RDUD dr Iskak Raih Penghargaan Emas dari Federasi RS Internasional

RSUD dr Iskak Tulungagung meraih Bionexo Excellence Award for Corporate Social Responsibility atau penghargaan emas pada program pertanggungjawaban sosial dalam International Hospital Federation Congress and Award ke-43 di di Muscat, Oman, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (8/11), pukul 11.00 waktu UEA. Pengumuman kemenangan itu disambut kibaran bendera merah putih fi tangan tim manajemen RSUD dr Iskak Tulungagung serta delegasi Indonesia lainnya.


11/11/2019 11:35:31 AM

RSCM Dorong Dokter Getol Meneliti

Jakarta - RSCM mendorong proses meriset dengan memastikan proses meneliti menjadi bagian dari agenda setiap departemen, RSCM menetapkan target publikasi internasional yang harus dicapai setiap tahunnya.  "Tim kami, yang berada di bawah Direktur Pengembangan dan Pemasaran, berfungsi sebagai regulator mengatur perijinan, serta memastikan setiap penelitian lolos kajian etik yang mempertimbangkan keselamatan pasien. Namun, kami juga mendorong agar penelitian dan publikasi itu semakin banyak," kata Kepala Penelitian RSCM/FKUI , Dr. dr. Andri Maruli Tua Lubis, Sp.OT (K).


07/11/2019 04:30:44 PM

Pemkab Bangka Diminta Dirikan RS Pratama

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat diharapkan membangun rumah sakit (RS) pratama di Kecamatan Kelapa. "Wilayah ini cukup luas dan butuh lebih banyak unit pelayanan kesehatan yang bisa melakukan tindakan cepat terhadap pasien. RSUD Sejiran Setason letaknya berada di ujung barat Pulau Bangka sehingga cukup jauh jaraknya untuk ditempuh pasien dari kecamatan lain, selain Mentok. Untuk itu, dibutuhkan rumah sakit penghubung atau rumah sakit pratama untuk memperpendek jarak tempuh warga untuk ke unit pelayanan kesehatan yang memadai," kata Anggota DPD RI dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zuhri M Syazali.


06/11/2019 09:38:22 PM

RSUD Tipe D Landak Raih Akreditasi Paripurna

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat meraih akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). RSUD adalah RS Kelas D, sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 428/MENKES/SK/III/2004. "Saat ini, RSUD tersebut sudah naik peringkat menjadi bintang lima dan ini tentu menjadi keberhasilan seluruh manajemen RS karena mampu mencapai prestasi tertinggi akreditasi RS," ujar Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, belum lama ini.


06/11/2019 09:35:49 PM

RS Apung Nusa Waluya II, Setingkat RS Tipe C, Layani 9.938 Jiwa

Rumah Sakit (RS) Apung Nusa Waluya II yang didirikan di atas kapal tongkang dan beroperasi pada November 2018, setara RS tipe C. hingga kini, RS Apung telah menangani hampir 10 ribu pasien atau tepatnya 9.938 jiwa di wilayah timur Indonesia.  RS Apung menjadi program layanan kesehatan terbaru dari doctorSHARE. Salah satu kegiatan paling penting, berlabuh di Pelabuhan Pantoloan Kota Palu pada 16 November 2018 hingga 15 Februari 2019 untuk membantu pemulihan pascabencana yang melanda Sulawesi Tengah.


06/11/2019 09:30:53 PM

Satu Dekade doctorSHARE, Operasikan RS Apung, Dokter Terbang, Klinik Tuberkulosis dan Panti Gizi

Selama perjalanan 10 tahun doctorSHARE telah melakukan 3.291 operasi mayor, 5.538 operasi minor, 2.464 perawatan gigi, 58.859 pelayanan rawat jalan dan konsultasi, penyuluhan kesehatan kepada 11.856 warga, serta 2.227 USG pemeriksaan kandungan.  “Layanan kesehatan tersebut diberikan melalui beberapa program diantaranya Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II, Dokter Terbang, Klinik Tuberkulosis, dan Panti Rawat Gizi (PRG). Khusus RSA sejauh ini telah berkembang menjadi tiga unit,” tutur Pendiri Yayasan Dokter Peduli atau doctorSHARE dr. Lie Dharmawan.


06/11/2019 09:26:49 PM

Direktur RSUP Sanglah: Walau ada RS, Langkah Preventif Stroke CERDIK Lebih Penting

Bukan cuma memberikan layanan kuratif atau pengobatan, RSUP Sanglah Denpasar, juga aktif melakukan edukasi. Direktur Utama RSUP Sanglah Denpasar, I Wayan Sudana, belum lama ini mengajak masyarakat menerapkan program CERDIK sebagai tindakan pencegahan dari munculnya penyakit yang dikampanyekan Kementerian Kesehatan.  "Lebih baik cegah, walaupun kini pasien stroke akan mendapatkan pelayanan seperti fisioterapi di RS, termasuk RSUP Sanglah. Karena, jika terlambat, meskipun sembuh tetapi akan meninggalkan kecacatan. Khusus untuk keluarga pasien, tetap berikan dukungan dan semangat."


06/11/2019 09:21:37 PM

Daftar Sebelum Sebelum Melahirkan, Menunggak Kemudian

Riset BPJS Kesehatan menemukan fakta, 64,7% ibu hamil baru mendaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebulan sebelum persalinan. Usai melahirkan, sebanyak 43,2% dari mereka tidak membayar atau menunggak iuran. "Ini menunjukkan kecenderungan perilaku adverse selection yang merugikan BPJS Kesehatan. Kasus ini juga ditemukan di beberapa negara penyelenggara jaminan sosial kesehatan dan telah dilakukan upaya untuk menguranginya," ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Maruf, belum lama ini.


06/11/2019 09:16:47 PM

Menkes: Atasi Defisit BPJS Kesehatan, RS Harus Kreatif, Buka Klinik Sore Hingga Spa

Rumah sakit (RS) harus kreatif membuka layanan yang berpotensi mendatangkan pendapatan. RS dapat memanfaatkan potensi dokter-dokter ahli hingga keluarga pasien yang datang yang bisa menjadi target berbagai layanan.  Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan hal itu dalam kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangungkusumo (RSCM). Salah satu agenda kunjungan adalah diskusi tentang defisit BPJS Kesehatan yang mempengaruhi arus kas RSCM


06/11/2019 09:13:35 PM

Hadiri HUT RS Dharmais, Menkes Targetkan Jadi Rujukan Kanker Asia

Pada ulang tahunnya ke-26, RS Kanker Dharmais diminta menjadi RS Rujukan Kanker tingkat Asia dengan menyediakan pelayanan kanker yang komperhensif, penelitian berkesinambungan dan tata laksana register kanker nasional.  "Untuk itu, inovasi pengobatan, pelayanan sepenuh hati serta membangun branding, sangat diperlukan," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat menghadiri perayaan ulang tahun pada Rabu (30/10).


06/11/2019 09:06:29 PM

Webinar Sosialisasi PP tentang Status BLUD RS Daerah: Makin Otonom dan Fleksibel

Implementasi Peraturan Pemerintah (PP) No 72 tahun 2019 pengganti PP No 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah memberikan otonomi kepada rumah sakit (RS) daerah dalam pengelolaan keuangan, barang serta kepegawaian. Untuk melaksanakan otonomi itu, RS daerah diwajibkan menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Implementasi Peraturan Pemerintah (PP) No 72 tahun 2019 pengganti PP No 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah memberikan otonomi kepada rumah sakit (RS) daerah dalam pengelolaan keuangan, barang serta kepegawaian.


06/11/2019 09:03:26 PM

ARSADA Gelar Webinar Sosialisasi dari Kemendagri tentang Wajibnya RSUD Menjadi BLUD

Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) No 72 tahun 2019 pengganti PP No 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah diselenggarakan Selasa pagi ini (29/10) di Kantor Kementrian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.Acara yang juga disiarkan secara daring melalui Webinar oleh Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) itu diikuti oleh anggota-anggotanya dari 34 provinsi.Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo saat membuka acara menegaskan, PP itu mengatur rumah sakit daerah sebagai unit organisasi bersifat khusus yang memberikan layanan secara profesional melalui pemberian otonomi dalam pengelolaan keuangan dan barang milik Daerah serta bidang kepegawaian.


06/11/2019 08:59:18 PM

Tutup Seminar Nasional PERSI, Menkes Terawan Berjanji Optimalkan Upaya Memperlancar Pembayaran Tagihan RS

Menteri Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), RI berjanji akan memaksimalkan upaya mendukung kesehatan arus kas rumah sakit (RS). Termasuk, mendorong BPJS Kesehatan segera membayar klaim RS-RS yang menjadi mitranya.Terawan berbicara dalam sesi Paripurna kelima Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) yang digelar di Jakarta Convention Centre, Sabtu (26/10). Menkes Terawan baru saja dilantik pada Rabu (23/10) dan akan menjadi pembicara terakhir dalam sidang paripurna Seminar Nasional PERSI yang digelar dalam satu rangkaian dengan  Hospital Expo 2019.


06/11/2019 08:55:25 PM

Inilah Kolaborasi Tiga Startup dengan RS, Puskesmas hingga Dinas Kesehatan

Sebanyak tiga startup atau perusahaan rintisan melakukan presentasi dalam Healthtec Talkshow di Indonesia International Digital Pavilion, Sabtu (26/10). Bertema Collaboration in Care, hadir Medis Online Indonesia (MOI) yang menyediakan layanan fisoterapi, perawat dan pendamping pasien ke rumah, Wecare.id yang berfokus pada penggalangan dana untuk pasien juga institusi kesehatan yang memerlukan bantuan untuk mendukung layanan bagi mereka yang tidak berpunya, serta COO Sehati/TeleCTG.


06/11/2019 08:51:46 PM

Interaksi Menkes Terawan dengan PERSI, Sebagai Pembina Paduan Suara Hingga Ketua Asosiasi RS TNI/POLRI

 Nama Menteri Kesehatan Kabinet Kerja yang baru saja dilantik, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, SpRad selalu terdengar di setiap acara pembukaan dan penutupan Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) juga acara asosiasi perumahsakitan itu lainnya. Ketika Paduan Suara Direktur RSPAD Gatot Soebroto hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars PERSI dihadapan para peserta, mereka selalu diperkenalkan sebagai asuh Terawan, sang direktur yang mengepalai RS kepresidenan itu sejak 2015 lalu. 


06/11/2019 08:44:21 PM

Inilah Penyebab RS Jadi Sasaran Empuk Serangan Siber

Rumah Sakit (RS) sebagai institusi pelayanan publik yang kompleks dan sarat data, harus memperhatikan keamanan sibernya. Jika tidak, RS akan terpapar berbagai risiko yang akan membahayakan layanan, data pasien hingga operasionalnya. RS harus belajar dari serangan virus Wannacry yang dialami RS pemerintah yang sempat menghebohkan pada 2017.


06/11/2019 08:40:02 PM

Alat Diagnosia, Teknologi Informasi hingga Laundri RS Dipamerkan Hingga Sabtu

Indonesia International Hospital Expo, pameran alat kesehatan bukan cuma ditujukan untuk kalangan perumahsakitan, namun juga masyarakat umum. Tersedia alat-alat kesehatan dengan harga promosi serta pemeriksaan kesehatan gratis.  Pameran yang diselenggarakan untuk ke-32 kalinya ini dibuka kemarin, Rabu hingga Sabtu, 23-26 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center. Hospital Expo diadakan berbarengan dengan Seminar Nasional perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).


06/11/2019 08:33:13 PM

Bukti Nyata Kontribusi PERSI: Buka Konsultasi Gratis Hingga Paviliun Digitalisasi Kesehatan

Kalangan perumahsakitan dapat memanfaatkan layanan konsultasi manajemen rumah sakit (RS) yang tersedia di acara Seminar Nasional Perhimpunan RS Seluruh Indonesia (PERSI) yang diadakan mulai hari ini hingga Sabtu (26/10) di Jakarta Convention Centre (JCC). "Layanan konsultasi itu terdapat di ruang Office 9 JCC dan menjadi salah satu bukti komitmen kami untuk ikut memberikan solusi nyata atas berbagai masalah perumahsakitan," kata Ketua Umum PERSi dr.Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes dalam jumpa media yang digelar usai pembukaan Seminar Nasional PERSI.


06/11/2019 08:31:10 PM

RSUP Dr. Kariadi Raih PERSI Golden Award

PERSI Golden Award untuk pertama kalinya diberikan pada RSUP Dr. Kariadi. RS kelas A Pendidikan di Semarang, Jawa Tengah itu meraih penghargaan yang perdana diadakan pada Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) ke-16 yang dibuka hari ini."Ini adalah salah satu inovasi PERSI, kami mengadakan PERSI Golden Award yang setiap tahunnya hanya diberikan pada satu RS, setiap pemenang, tidak diperbolehkan ikut lagi dalam kompetisi berikutnya. Penilaian dilakukan tim siluman yang menilai secara diam-diam," ujar Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes sebelum memberikan penghargaan yang diterima oleh Direktur RSUP Dr. Kariadi, Dr. Agus Suryanto, Sp.PD-KP, MARS.


06/11/2019 08:21:09 PM

Kesiapan RS Hadapi Revolusi Industri 4.0 Dihadirkan di Seminar Nasional PERSI dan Hospital Expo 2019

Selain menghadirkan topik-topik perumahsakitan terkini, juga alat-alat kesehatan paling mutakhir, Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Hospital Expo 2019 juga menampilkan kesiapan perumahsakitan menuju revolusi industri 4.0.Rangkaian seminar dan pameran yang akan diselenggarakan pada 23-26 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC) itu menghadirkan Lokakarya Nasional bertemu Smart Hospital 4.0 - Peran Digitalisasi Era Industry 4.0 dalam Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia juga paviliun khusus Digitalisasi Kesehatan Rumah Sakit yang diikuti sedikitnya 11 perusahaan rintisan atau startup kesehatan, diantaranya KlikDokter, Sehatku dan Datadoc.


21/10/2019 11:55:53 AM

72% Pasien Serangan Jantung RSUD Zainoel Abidin Perokok

Hampir 72% pasien serangan jantung Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh merupakan perokok. Salah satu faktor utama penyakit jantung memang rokok.  "Hampir mayoritas yang terkena serangan jantung itu adalah perokok dan kini makin muda," ujar Ketua Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Aceh, yang juga dokter spesialis penyakit jantung RSUDZA, belum lama ini.


21/10/2019 11:55:53 AM

Seminar Nasional PERSI dan Hospital Expo 2019 Dibuka Esok

Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Hospital Expo akan dibuka esok, Rabu (23/10) dan akan berlangsung hingga Sabtu (26/10) di Jakarta Convention Center (JCC).Seminar yang akan dihadiri Menteri Kesehatan Nila F Moeloek itu akan diikuti kalangan perumahsakitan. Sementara Hospital Expo yang diselenggarakan berbarengan, menghadirkan aneka produk alat kesehatan produksi dalam dan luar negeri.


21/10/2019 11:39:51 AM

Dekat Pusat Gempa, RSUD dr. Ishak Umarella Direlokasi

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarella akan direlokasi ke tempat yang baru, menyusul kerusakan yang terjadi pada bangunannya pascagempa magnitudo 6,5 pada 26 September 2019 yang melanda Ambon.  RSUD sebelumnya berada di di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Letaknya sangat dekat dengan episentrum gempa.


21/10/2019 11:37:25 AM

RS Mata Ahmad Wardi, Berdaya dari Wakaf

Inilah kisah tentang RS Mata Ahmad Wardi yang dituturkan Wahfiudin Sakam, Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Mudir 'Aam.  Alm. Ahmad Wardi seorang ustadz di Serang. Kepada anak-anaknya ia berwasiat utk mewakafkan sebidang tanah guna dibangun rumah sakit ibu dan anak di atasnya. Wakaf tanah diserahkan pengelolaannya kepada Badan Wakaf Indonesia (BWI).  Setelah bangunan utk RS Ibu dan Anak didirikan, selama 7 tahun proses terhenti karena ada kesulitan atau kendala teknis. Kemudian oleh BWI tanah wakaf dan bangunan itu diserahkan pengelolaannya kepada Dompet Dhuafa.


17/10/2019 04:19:04 PM

Sosialisasi Gerakan AMIR Provinsi Lampung

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus selalu menjadi bagian dari kebiasaan hidup sehari-hari. Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) sebagai Perhimpunan Perumahsakitan turut peduli meningkatkan kepedulian terhadap PHBS guna upaya pencegahan terutaman terhadap penyakit yang tidak ditularkan seperti penyakit jantung, ginjal, dsb. Kali ini PERSI Wilayah Lampung bekerjasama dengan pemerintah daerah Lampung hadir memberikan edukasi mengenai Gerakan Minum Air (AMIR), gerakan ini dibuka di Ruang Sungkai, Kantor Gubenur Provinsi Lampung, Kamis 11 Oktober 2019.


17/10/2019 08:53:24 AM

2019 PERSI Selenggarakan FGD Analisa Big Data RS

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) bekerjasama dengan Oracle Indonesia mengadakan focus group discussion (FGD) Analisa Big Data RS di Hotel Mercure Gatot Subroto, Jakarta, hari ini, Rabu (18/10). FGD diikuti 40 RS yang diwakili komite medik serta divisi teknologi informasi.  Ketua Umum PERSI dr.Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes, saat membuka FGD, memaparkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk mengungkit kemampuan RS mengatasi berbagai disrupsi yang terjadi pada era 4.0.


17/10/2019 08:52:13 AM

RSUD Tarik Ranitidin, Opsi Obat Lambung Lainnya Tersedia

Obat lambung ranitidin yang dianggap dapat memicu penyakit kanker sudah ditarik dari RSUD Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Sebanyak 17.300 tablet dan 3.975 ampul ranitidin sudah diamankan.  "Penarikan dilakukan sesuai instruksi Dinas Kesehatan setempat yang meminta agar obat ranitidin tidak diedarkan kepada pasien atau masyarakat di Bintan. Obat terdiri dari dua jenis yaitu tablet 150 mg dan ranitidin injeksi 25 mg hasil produk PT Dexa Medika dan PT Hexparm Jaya. Obat itu dikembalikan ke pihak distributor yaitu PT Anugrah Agron Medical," ujar Direktur Utama RSUD Bintan, Benni Antomi, belum lama ini.


17/10/2019 08:50:31 AM

Defisit BPJS Kesehatan Dipicu Tingginya Angka Kesakitan dan Gaya Hidup Tidak Sehat

BPJS Kesehatan itu mengalami defisit karena mayoritas anggotanya tidak sehat, sehingga perilaku serta lingkungan yang sehat dapat menguranginya. "Coba perilakunya dan lingkungannya sehat maka tidak akan sakit. Lingkungan yang kotor akan menyebabkan banyak yang sakit. Untuk itu perlu menjaga kualitas lingkungan agar kualitas kesehatan semakin membaik. Perilaku buang air besar sembarangan sangat berkaitan dengan BPJS Kesehatan," ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek usai menyerahkan penghargaan kepada kepala daerah yang berhasil menjalankan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) di Jakarta, Rabu.


17/10/2019 08:46:30 AM

Gandeng Swasta, RS Ainun Habibie Kembangkan Layanan Ginjal, Jantung dan Mata

Pemerintah Provinsi Gorontalo membutuhkan dukungan moril masyarakat untuk mengembangkan Rumah Sakit (RS) Ainun Habibie. Sementara, landasan hukum yang digunakan sudah kuat, yaitu Peraturan Presiden (Perpres), yang menyebutkan, pemerintah dapat menggandeng pihak swasta untuk membangun infrastruktur antara lain jembatan, jalan, pelabuhan laut, bandara, air bersih termasuk RS."Kami akan terus berjuang mewujudkan RS tersebut karena melihat kondisi masyarakat Gorontalo yang harus mendapatkan pelayanan kesehatan, sementara RS yang sudah ada terbatas kapasitasnya. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan oleh keluarga pasien jika dirujuk ke luar daerah.


11/10/2019 03:04:15 PM

Susul PERSI, Komisi IX DPR Juga Luncurkan Buku Putih JKN

Komisi IX DPR meluncurkan buku putih Keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang merupakan hasil serangkaian pertemuan seluruh pemangku kepentingan JKN yang dilakukan sepanjang 2018, juga hasil rapat Komisi IX DPR RI dengan pemerintah hingga Mei 2019."Buku putih ini diluncurkan tanpa ada kepentingan apapun dan siapapun. Buku itu murni berisi uraian permasalahan JKN yang diakhiri dengan serangkaian rekomendasi dan aksi. Diharapkan


11/10/2019 03:03:29 PM

RS MMC Kini Miliki Cardio Cerebro Vascular Centre

Data World Heart Federation (WHF) menyebutkan bahwa penyakit jantung sebagai pembunuh nomor satu di dunia dengan membunuh lebih dari 17 juta jiwa setiap tahunnya, yang diperkirakan akan meningkat menjadi 23,3 juta jiwa di tahun 2030. Hal tersebut sejalan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa 31% dari seluruh kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung koroner.


11/10/2019 07:58:32 AM

Tim Medis RS dan Puskesmas Bergotong Royong Buru Kasus TB

Sebanyak 50 tenaga medis dari puskesmas dan rumah sakit (RS) Kota Pekanbaru, Riau, bergerak untuk menemukan penderita Tuberculosis (TB) Paru. Mereka menjadi bagian dari program Kemenkes menjaring 30.888 kasus TB Paru sepanjang 2019."Ketika penerita TB Paru ditemukan, tindakan selanjutnya, obati sampai sembuh, temukan pasien secara masif sekaligus mendorong pasien TBC untuk memeriksakan diri dan melakukan pengobatan hingga tuntas," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, belum lama ini.


11/10/2019 07:54:27 AM

Pembangunan RS Tipe A di Palangka Raya Dimulai 2020

Pembangunan rumah sakit (RS) tipe A di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dimulai pada 2020 dan diharapkan selesai dua tahun kemudian."RS tipe A akan menjadi solusi sekaligus jawaban bagi pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat sehingga tidak perlu lagi dirujuk ke luar daerah, seperti Banjarmasin, Kalimantan Selatan maupun Jawa," ujar Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, belum lama ini.Sementara, terkait lokasi, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul memaparkan, hingga saat ini masih belum ditetapkan.


09/10/2019 12:03:01 PM

Penonaktifan kartu JKN-KIS PBI Mulai Dilakukan

Warga yang mengalami penonaktifan kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) penerima bantuan iuran (PBI) oleh pemerintah pusat, dapat tetap mendapatkan layanan BPJS Kesehatan dengan mendaftarkan diri disertai surat keterangan tidak mampu atau SKTM.  "Tapi, kalau untuk yang mampu, silakan menggunakan BPJS Kesehatan secara mandiri," ujar Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febriana Rachmanita terkait penonaktifan puluhan ribuan kartu JKN-KIS PBI.


09/10/2019 12:02:04 PM

Keppres Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tak Segera Diteken, Defisit Capai Rp32,8 Triliun

Jika defisit keuangan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tak segera terselesaikan, tunggakan klaim BPJS Kesehatan ke mitra rumah sakit (RS) akan semakin membengkak.  "Kami dikenakan denda sebesar 1% per bulan dari total klaim yang ditunggak kepada RS. Semakin kita berlarut-larut dalam persoalan ini, denda kian besar, jadi beban bagi negara," ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, belum lama ini.


09/10/2019 11:38:22 AM

PMK Klasifikasi dan Perizinan Akan Tertibkan Sistem Rujukan

Berbagai pertanyaan dikemukakan kalangan perumahsakitan dalam Focus Group Discussion (FGD) Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 30/2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan RS di Auditorium RS Yarsi Jakarta, hari ini. Selain diikuti peserta yang datang langsung, diskusi juga dihadiri sedikitnya 1.500 peserta yang mengikuti melalui Webinar dan YouTube.  FGD yang diselenggarakan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menghadirkan dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K).,MARS serta Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Kesehatan Sundoyo


09/10/2019 11:35:47 AM

PERSI Selenggarakan Diskusi PMK 30/2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan RS

Sebanyak 100 kalangan perumahsakitan mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 30/2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan RS di Auditorium RS Yarsi Jakarta, hari ini. Selain diikuti peserta yang datang langsung, diskusi juga dihadiri sedikitnya 1.500 peserta yang mengikuti melalui Webinar dan YouTube. FGD yang diselenggarakan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menghadirkan dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K).,MARS serta Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Kesehatan Sundoyo.


02/10/2019 09:20:20 AM

Menkes Ucapkan Selamat Pada PERSI atas Peluncuran Buku Putih JKN

PSebanyak 2.263 rumah sakit (RS) terdaftar sebagai mitra BPJS Kesehatan dari keseluruhan RS di Indonesia 2846 RS atau 79,5%. Capaian itu menjadikan  dinilai membuat Indonesia cukup optimistis meraih layanan kesehatan semesta bersama negara-negara di dunia lainnya pada 2030 mendatang. "Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tentunya sangat berguna bagi masyarakat, kami berterima kasih PERSI telah menyusun Buku Putih tentang perjalanan lima tahun JKN itu, walaupun ada beberapa catatan yang harus kita perbaiki ke depan


30/09/2019 03:07:53 PM

Gubernur Gorontalo Temui Dirut BPJS Kesehatan Terkait Tunggakan Klaim RS Ainun Habibie

Pembayaran klaim Rumah Sakit (RS) Ainun Habibie sejumlah Rp3 miliar belum dicairkan BPJS Kesehatan. Klaim itu mencakup waktu tiga bulan, dari April hingga Juni 2019. Klaim BPJS yang telah diterima baru meliputi Januari hingga Maret.  "Kami telah menemui Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris di Jakarta untuk memperjuangkan pembayaran klaim tersebut. Kondisi itu sudah berdampak pada biaya operasional tenaga medis dan non medis," ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ketika menemui langsung Direktur Utama BPJS Fachmi Idris di kantornya, belum lama ini.


30/09/2019 03:06:12 PM

Raih Akreditasi A Paripurna, RSUD dr Soegiri Kini Dilengkapi Peralatan Canggih

RSUD dr Soegiri, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur sukses memperoleh Akreditasi A Paripurna. Pelayanannya kini juga dilengkapi berbagai peralatan canggih. Fasilitas-fasilitas itu berupa pengobatan non bedah untuk memeriksa saluran pencernaan (endoskopi), operasi katarak dengan sayatan minimal, metode ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) yakni pengobatan batu ginjal tanpa operasi, serta pelayanan informasi ketersediaan ruang rawat inap secara daring.


27/09/2019 03:25:21 PM

Kolaborasi Dinkes, Puskesmas dan TNI Optimalkan Layanan RSUD Wamena

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, mendapat tambahan 58 petugas medis untuk mendukung pelayanan insiden kerusuhan Senin (23/9). Sebanyak 28 petugas medis dari Dinas Kesehatan Provinsi dan 30 petugas medis dari TNI didatangkan untuk mengobati para korban.  "Kami sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan saat ini tim dari Jayapura tiba, sehingga ada tambahan tenaga 58 orang. Prioritas saat ini, pasien dengan luka serius dan patah tulang," ujar Direktur Utama RSUD Wamena Felly Sahureka di Wamena


27/09/2019 03:23:03 PM

Tiga RS Gotong Royong Turun di Wamena, Kirim Tiga spesialis dan 10 Perawat

Sebanyak tiga rumah sakit (RS) di Papua, yakni RSUD Timika, Youwari, dan RSUD Mamberamo Raya mengirim tiga dokter spesialis untuk membantu penanganan korban insiden di Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Senin 23 September 2019. "Sebanyak tiga dokter spesialis yang diberangkatkan ke Wamena yakni dr Jems Laly, spesialis bedah drai RS Mamberamo Raya, dr Mervin Yakarmilena spesialis ortopedi RS Youwari, Kabupaten Jayapura, dr Rein spesialis anastesi dari RSUD Timika. Tiga dokter spesialis itu dikirim bersamaan dengan tim kesehatan yang dibentuk Dinas Kesehatan Papua. Mereka berangkat menggunakan pesawat Hercules


26/09/2019 04:46:40 PM

RS Pelni Tangani 24 Korban Unjuk Rasa, Biaya Ditanggung Dinkes DKI Jakarta

Rumah Sakit (RS) Pelni Jakarta Barat telah menangani 24 mahasiswa dan pelajar korban aksi unjuk rasa yang terjadi di sejumlah titik Ibu Kota Jakarta. Seluruh pengobatan ditanggung oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.  Yang dirawat hanya satu orang, yang lainnya boleh pulang karena hanya mengalami luka ringan, lecet atau terkena tembakan gas air mata," ujar Direktur RS Pelni dr Dewi Fankhuningdyah, hari ini.


26/09/2019 04:45:13 PM

Tangani Korban Kerusuhan, RSUD Wamena Dibantu 58 Petugas Medis dari Dinas dan TNI

Sebanyak 28 petugas medis dari Dinas Kesehatan Provinsi dan 30 dari TNI diterjunkan untuk membantu tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Papua, untuk mendukung pelayanan bagi korban kerusuhan Senin (23/9).  Kami mendapat tambahan 58 petugas medis, sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan dan saat ini tim dari Jayapura sudah tiba. Selainv itu juga ada 10 orang staf luar RSUD seperti dari puskesmas, bahkan tenaga dokter dari kabupaten lain yang sedang berada di Wamena ikut membantu," ujar Direktur Utama RSUD Wamena Felly Sahureka, belum lama ini.


25/09/2019 02:48:40 PM

RS Berkonsep Wisata Akan Dibangun di Sabang

Untuk melengkapi fasilitas penunjang wisata di Kota Sabang, Aceh, sebuah rumah sakit (RS) berkonsep turisme akan dibangun di kawasan Lhok Ige, Gampong Ujung Kareng, Kecamatan Sukajaya."Sabang akan dibangun dengan konsep kawasan, sebagai kawasan pariwisata nasional. Untuk itu harus lengkap dengan fasilitas, termasuk akses darat, laut, dan udara," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang Faisal, belum lama ini.


25/09/2019 02:46:25 PM

Punya Unggulan Penanganan Kembar Siam, RSUD Dr Soetomo Akan Dirikan Yayasan

Memiliki jejak panjang dalam penanganan bayi kembar siam, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya akan mendirikan yayasan khusus bayi dempet untuk mempermudah penanganan jangka panjang."Bayi kembar siam butuh terapi sepanjang hidupnya, sudah saatnya Indonesia memiliki yayasan khusus untuk penanganan mereka," ujar Direktur Utama RSUD Dr Soetomo, Dr Joni Wahyuhadi usai syukuran keberhasilan penanganan kembar siam asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Azila-Aqila, belum lama ini.


23/09/2019 04:13:20 PM

Gubernur Sulsel Resmikan Gedung Baru 11 Lantai RSIA Ananda Makassar

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ananda Makassar, Sulawesi Selatan, diharapkan berperan aktif menurunkan angka stunting atau anak kerdil di 24 kabupaten dan kota.  "Sulawesi Selatan adalah penyangga pangan tapi masih ada yang stunting. Kita berharap RSIA Ananda bisa berpartisipasi menurunkan angka stunting," ujar Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah saat meresmikan gedung Baru setinggi 11 lantai RSIA Ananda.


23/09/2019 04:00:20 PM

Jadi RS Pendidikan, RSU Bahteramas Terima 70 Koas Universitas Halu Oleo

Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas siap menerima 70 dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara yang menjalani pendidikan profesi atau koas.  "RSU Bahteramas menjadi pilihan koas para sarjana kedokteran alumni UHO karena telah ditetapkan sebagai RS pendidikan. Kami memiliki sarana prasana serta sumber daya manusia yang mumpuni sehingga beralasan dipilih sebagai tempat para dokter muda menjalani pendidikan profesi


20/09/2019 02:15:07 PM

Rumah Oksigen Gratis, Sediakan Udara Bersih Bagi Korban Bencana Asap

Rumah oksigen yang disediakan Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya untuk warga korban bencana asap dapat dimanfaatkan gratis. Rumah Oksigen itu terdapat di 11 Puskesmas dan 1 di RSUD Palangka Raya.  Kami juga akan menambahkan ruang oksigen lainnya di 1 RS dan markas PMI Kota Palangka Raya. Total ada 14 Rumah Oksigen yang disiagakan bagi warga terdampak kebakaran hutan. Dinkes juga menyiagakan 2 Puskesmas yang beroperasi selama 24 jam, dan 1 Puskesmas beroperasi hingga pukul 8 malam


20/09/2019 02:08:55 PM

Warga Korban Bencana Asap Antusias Manfaatkan 12 Rumah Oksigen, Salah Satunya di RSUD Kota Palangkaraya

Warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah, antusias memanfaatkan sebanyak 12 Rumah Oksigen, fasilitas tempat tidur dan tabung oksigen. Satu Rumah Oksigen berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Palangka Raya dan 11 sisanya di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).  Saya ke sini dengan anak saya Fariz (5) supaya kami tetap segar dan terjaga kesehatannya dengan menghirup udara bersih,


18/09/2019 05:22:17 PM

RSUD Jayapura Menargetkan Akreditasi Paripurna Sebagai RS Rujukan Tertinggi pada PON XX

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura yang dikelola Provinsi Papua menargetkan meraih akreditasi paripurna pada Desember 2019. Akreditasi itu dibutuhkan untuk meraih kepercayaan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menetapkan sebagai rujukan tertinggi pada PON di Papua.  Ini wibawa dari Pemerintah Provinsi Papua, rakyat Papua dan panitia penyelenggaraan PON XX. Selaku direktur, saya sudah membentuk tim asistensi untuk membantu membimbing setiap kelompok kerja akreditasi guna meraih akreditasi paripurna


18/09/2019 04:57:10 PM

AMIR Untuk Kesehatan Anak

Masyarakat perlu tahu pentingnya pola hidup sehat, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sulselbar memberikan edukasi mengenai Gerakan Minum Air (AMIR). yang dibuka di Ruang Pola Kantor Gubenur Sulsel, Kamis 29 Agustus. Ketua PERSI Sulselbar, Dr. dr. Khalid Saleh, SpPD,MARS menuturkan satu dari 10 populasi global mengalami gangguan ginjal pada stadium tertentu- Global Burden.


16/09/2019 03:15:50 PM

Antisipasi Bencana Asap, RSUD Kota Palangka Raya dan 11 Puskesmas Sediakan Fasilitas Oksigen

Sebanyak 12 fasilitas oksigen dapat dimanfaatkan warga Kota Palangkaraya. Satu ruang oksigen berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Palangkaraya dan 11 sisanya di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). "Terkait bencana asap, kami melalui Dinas Kesehatan menyiapkan fasilitas bagi warga yang mengalami kekurangan oksigen. Fasilitas di ruang UGD RSUD Kota Palangkaraya, Puskesmas Tangkiling dan Puskesmas Pahandut, beroperasi 24 jam dan sisanya mulai pukul 07.00 sampai 14.00 WIB atau selama jam kerja


16/09/2019 03:06:59 PM

RSUDAM Lampung Manargetkan Akreditasi Paripurna

Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung diharapkan mendapat nilai paripurna dengan akreditasi paling tinggi dari tim survei Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS)."Kami menyambut baik kedatangan tim survei, jajaran RSUDAM semuanya sudah siap untuk dinilai," ujar Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, belum lama ini.Chusnunia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi sudah berkomitmen memajukan pelayanan kesehatan. RSUDAM menjadi salah satu bagian terpenting dalam hal itu.


13/09/2019 10:20:20 AM

HMA Awards 2019, RS Unair Juara Kategori Projek Keterlibatan Komunitas

Indonesia yang diwakili RS Univeritas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, meraih juara Asian Hospital Management Awards 2019 kategori Community Involvement Project. RS Unair mengajukan topik Hospital Ship Specialist for Remote Community: Empowering People's Health and Social Care. Pesaing pada kategori ini adalah Apollo Hospitals Enterprise Limited India, Dubai Health Authority UAE, National Healthcare Group Polyclinics Singapore serta Yishun Health Singapore


12/09/2019 12:55:13 PM

PERSI Terima Bendera HMA, 2020 Siap Jadi Tuan Rumah

Indonesia akan menjadi tuan rumah Hospital Management Asia (HMA) 2020. Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes menerima bendera HMA pada 12 September di Hanoi, Vietnam.  Simbolisasi penyerahan mandat penyelenggaraan konferensi manajemen perumahsakitan tingkat Asia itu juga disaksikan Duta besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi.


11/09/2019 01:18:07 PM

Ini Pesan Pentingnya Cegah Anak Obesitas dari Spesialis Kedokteran Olahraga RS Mitra Kemayoran dan RS MMC

dr Michael Triangto, Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga Rumah Sakit Mitra Kemayoran Jakarta mengungkapkan, pola asuh yang tidak tepat bisa menimbulkan kegemukan atau obesitas pada anak. Di antaranya, orangtua membebaskan anaknya mengonsumsi makanan dengan memberikan uang jajan tanpa mempertimbangkan faktor gizi yang perlu dan tidak perlu dikonsumsi.


11/09/2019 01:16:27 PM

RSUD Raja Ampat Raih Akreditasi Bintang III Madya

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, sukses meraih akreditasi bintang III madya, naik status dari tipe C menjadi B dengan mutu pelayanan kesehatan yang dinilai baik. Kenaikan status menjadi tipe B ini merupakan satu langkah maju bagi pelayanan kesehatan. Peningkatan akreditasi menjadi cerminan sekaligus target peningkatan kualitas layanan rumah sakit kepala masyaraka


11/09/2019 01:14:46 PM

Inovasi RSIA Aceh, Bayi Lahir Langsung Dapat Akte Kelahiran

Setiap bayi yang lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Aceh akan langsung mendapatkan akte kelahiran.  Inovasi yang dilakukan manajemen RSIA itu dilakukan untuk mempermudah keluarga pasien mendapatkan akta kelahiran tanpa harus mengurusnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.


06/09/2019 03:29:20 PM

Menkes: Indonesia Kembangkan RS Mobile, Telemedicine serta Layanan Berbasis Aplikasi

Inilah inovasi yang tengah dan akan dikembangkan Indonesia untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan. Inovasi berbasis teknologi itu meliputi rumah sakit mobile, flying health care, telemedicine untuk menjangkau daerah yang sulit secara geografis serta pengembangan layanan kesehatan berbasis aplikasi on-line.


06/09/2019 03:27:24 PM

Iran Nanotechnology Innovation Council Kunjungi Fasilitas Stem Sel RSCM

Iran Nanotechnology Innovation Council melakukan kunjungan ke institusi riset kanker di PT Kalbe Farma dan fasilitas stem sel di RS dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).  Dari hasil kunjungan tersebut, Indonesia dan Iran berhasil menemukan peluang potensial kerjasama joint venture, joint research, joint meeting, joint production, joint brands bagi advanced technology di Indonesia.


05/09/2019 04:21:34 PM

Agar Keuangan RSUDAM sehat, Pembiayaan RS Disinergikan dengan Bank Lampung

"Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Lampung (RSUDAM) yang dikelola Pemerintah Provinsi Lampung kini menerapkan skema supply chain financing (SCF) bekerjasama dengan Bank Lampung. SCF menjadi solusi, untuk memperbaiki kinerja keuangan terkait pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan yang kerap terlambat. 


03/09/2019 02:39:05 PM

Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia Luncurkan Aplikasi KREKI-119

"Aplikasi daring KREKI-119 diluncurkan Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI). Aplikasi ini bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada kondisi kegawatdaruratan oleh masyarakat umum   Seringkali, saat terjadi kegawatdaruratan, orang yang paling cepat memberikan pertolongan adalah orang terdekat. KREKI melatih masyarakat untuk menjadi relawan agar bisa memberikan pertolongan," kata Ketua Umum IndoHCF Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS di Jakarta, akhir pekan lalu.


03/09/2019 02:27:00 PM

Sejak Awal Beroperasi BPJS Kesehatan Defisit Terus, Kenaikan Tarif Iuran dan Pembenahan Manajemen Jadi Solusi

"Berdasarkan hasil audit Laporan Keuangan BPJS Kesehatan 2018 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, terdapat ketidaksesuaian antara pendapatan dari iuran peserta dengan pengeluaran untuk layanan kesehatan yang diberikan pada peserta," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat dengan Komisi IX dan Komisi XI DPR RI di gedung parlemen Senayan Jakarta, Selasa (27/8) yang juga dihadiri Menteri Kesehatan.


02/09/2019 02:44:29 PM

Indonesia Healthcare Forum Bekerjasama dengan HaloDoc, Gelar IndoHCF Innovation Awards III

Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) menjaring inovasi-inovasi di bidang kesehatan yang meliputi topik kegawatdaruratan hingga alat kesehatan (alkes) dalam IndoHCF Innovation Awards III-2019. "Saat ini telah terdapat 10 finalis. IndoHCF telah menjaring 10 besar inovator di masing-masing kategori Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Kreasi Alat Kesehatan, hingga Information And Communication Technology (ICT) Bidang Kesehatan


02/09/2019 02:43:41 PM

Industri Alkes Masih Berteknologi Rendah dan Medium, Untuk Meningkatkannya, Indonesia Bermitra dengan Korsel

Kementerian mengajukan usulan proposal bentuk kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) untuk meningkatkan kapasitas Indonesia dalam pengembangan institusi pengujian alat kesehatan dan laboratorium riset teknologi. Proposal itu diajukan terkait kerjasama perdagangan bebas dengan Korea Selatan untuk memajukan industri alat kesehatan dalam negeri yang dibahas dalam Indonesia-Korea Comprehensive Partnership Agreement (IK-CEPA) di Jeju, Korsel.


02/09/2019 02:40:59 PM

PKU Muhammadiyah Bangun RS Siti Fadilah Supari di Palu

Pembinaan Kesejahteraan Umat (PKU) Muhammadiyah membangun Rumah Sakit (RS) Siti Fadilah Supari di Kota Palu, Sulawesi Tengah. RS itu diharapkan menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan unggul di provinsi itu. "Sudah menjadi komitmen Muhammadiyah ikut terlibat menyejahterakan, mencerdaskan dan memajukan masyarakat. Melalui amal usaha yang didorong PKU PP Muhammadiyah, pemanfaatan RS itu ke depan dikelola secara profesional, sedangkan proses administarsi perizinan harus segera dituntaskan guna memudahkan penyeleggaraan pembangunannya


29/08/2019 02:12:01 PM

Jika Iuran Naik Dua Kali Lipat, BPJS Kesehatan Surplus Pada 2021

Mengubah perilaku hidup sehat masyarakat, agar biaya pengobatan kuratif tak menyedot banyak dana, membutuhkan proses dan tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Apa yang dilakukan pemerintah dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk mengubah pola hidup sehat masyarakat sudah pada jalur yang benar


29/08/2019 02:10:58 PM

RS Jantung dan Pembuluh Darah Dibangun di Kendari, Pertama di Kawasan Timur

Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memiliki RS khusus Jantung dan pembuluh darah yang berlokasi di Kota Kendari. RS itu juga akan menjadi yang pertama di Kawasan Timur Indonesia. Proses pembangunan RS telah dimulai pekan ini, ditandai pemancangan tiang konstruksi beton oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, didampingi ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh.


29/08/2019 11:09:55 AM

Menkeu Usulkan Iuran BPJS Kesehatan Naik 100% Atasi Defisit Rp32,8 Triliun

Iuran BPJS Kesehatan diusulkan naik 100% tahun depan bagi semua kelas, sebagai solusi mengatasi defisit BPJS yang diproyeksi bisa mencapai Rp32,8 triliun pada 2019. Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyatakan usulan itu dalam rapat bersama pemerintah dengan Komisi IX dan Komisi XI DPR RI di gedung DPR, kemarin. Rapat itu membahas penyelesaian masalah defisit program JKN.


29/08/2019 11:07:39 AM

RSUD Pemangkat Kini Miliki Alat Hemodialisa, Endoskopi dan CT Scan

RSUD Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, melengkapi fasilitasnya dengan membeli alat hemodialisa atau cuci darah bagi pasien gagal ginjal. Hadirnnya alat tersebut tidak lepas dari pengalaman beberapa tahun silam, seorang pasien dari desa terpencil di Sambas dengan penyakit gagal ginjal, menolak dirujuk ke Pontianak, karena di sini saat itu belum ada alat.


29/08/2019 11:06:30 AM

Balitbangkes Kemenkes Siap Teliti Bajakah yang Dikabarkan Sembuhkan Kanker

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Kementerian Kesehatan siap meneliti potensi tanaman Bajakah asal hutan Kalimantan. "Saya pikir Insyaallah ada sesuatu di akar ini. Sampai diteliti di Universitas Lambung Mangkurat, ada kandungan antiradikal bebas yang tinggi sekali. Balitbangkes bersedia sekali untuk terus meneliti ini agar bisa berkembang," ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek usai bertemu siswa-siswi asal Palangka Raya Kalimantan Tengah.


29/08/2019 11:05:20 AM

Smile Train Bekerjasama dengan RS Malahayati, Lakukan Operasi Bibir Sumbing

Smile Train, organisasi amal yang berfokus pada bantuan operasi korektif untuk anak-anak melakukan operasi bibir sumbing untuk sembilan anak di Rumah Sakit Malahayati, Banda Aceh. Sebagian besar pasien itu masih bayi. Sebanyak tiga anak berasal dari Kabupaten Bener Meriah serta masing-masing satu anak dari Kota Banda Aceh, Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Besar, dan Pidie.


29/08/2019 11:03:07 AM

RSUP Adam Malik Sukses Pisahkan Bayi Kembar Siam Adam dan Malik

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik melakukan acara serah terima bayi Adam dan Malik. Kondisi kesehatan bayi kembar siam Adam dan Malik asal Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) itu telah semakin membaik pascaoperasi pemisahan pada Selasa (23/7) lalu. "Semoga kedua bayi ini selalu diberikan kesehatan, menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat, bisa dengan menjadi dokter di kemudian hari.


29/08/2019 11:00:52 AM

RS Nemal Raih Akreditasi Utama

Rumah Sakit Nene Mallomo (RS Nemal) Sidrap di Kota Pangkajene, Sulawesi Selatan, berhasil meraih predikat utama dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). "Predikat utama itu satu grid di bawah predikat paripurna atau bintang lima," ujar Direktur RS Nemal Sidrap, drg Hasnani Rafi, melalui Sekretaris RS Nemal Sidrap, Salahuddin SKM mengungkapkan hal itu belum lama ini


29/08/2019 10:54:43 AM

Risiko Gagal Ginjal Mengintai Indonesia, PERSI pun Dukung Gerakan Ayo Minum Air

Sebanyak satu dari sepuluh populasi global mengalami gagal ginjal pada stadium tertentu. Global Burden Deseas 2010 mencatat gagal ginjal adalah penyebab kematian peringkat 18 dunia, dan di Indonesia merupakan rangking kedua pembiayaan terbesar dari BPJS Kesehatan. Kasus gagal ginjal itu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sehingga, secara khusus Kementerian Kesehatan mengimbau kepada pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan mendukung upaya pencegahan dan pengendalian Penyakit GinjalKronis


29/08/2019 10:53:10 AM

PERSI Dukung Gerakan Minum Air yang Akan Disosialisasikan di Lima Provinsi

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) bersama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melalui Indonesia Hydration Working Group (IHWG) dan Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK), bekerjasama untuk ikut serta mensosialisasian Gerakan Edukasi Kesehatan Nasional. Salah satu programnya, Gerakan AMIR atau Ayo Minum Air.


29/08/2019 10:51:39 AM

Miliki Fasilitas Baru, Pemkot Akan Wajibkan Puskesmas Rujuk Pasien ke RSUD SK Lerik

Semua Puskemas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) direncanakan akan diwajibakan merujuk pasien yang membutuhkan penanganan medis lanjutan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK Lerik.


29/08/2019 10:49:58 AM

Berbahaya! Sehari Ada 70 Ton Limbah Medis Tak Terolah

Kementerian Kesehatan menyatakan setiap hari ada 70 ton limbah dari 2.820 rumah sakit se-Indonesia yang belum diolah di lokasi pengolahan. Keterbatasan jumlah pengolahan limbah, yakni hanya 10 perusahaan, menjadi faktor utama kondisi itu.



PD PERSI- Copyright © 2019