Berita PERSI

Berita Terbaru

PERSI, FK UGM, INRUD dan ADINKES Berkolaborasi Kendalikan Antimikroba

Monday 02 April 2018
Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Divisi Farmakologi Klinik, International Network for Rational Use of Drugs Indonesia (INRUD Indonesia) serta Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES) akan menyelenggarakan lokakarya dan pelatihan bertema Meningkatkan Penggunaan Rasional dan Mengurangi Konsumsi Anti-Infeksi untuk Pengendalian Resistensi Antimikroba Pendekatan Partisipatif, lnstitusional dari Bawah pada Kamis (5/4) di ruang Ruang Theater Gedung Perputakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, Yogyakarta.

PERSI Ajukan Alternatif Solusi Defisit JKN

Saturday 03 March 2018
Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) mengajukan rekomendasi untuk mengatasi defisit dana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Wamen Keuangan di Seminar Nasional PERSI: RS Jangan Risau Soal Tagihan, Kami Siapkan 8 Bauran Kebijakan

Saturday 03 March 2018
Defisit anggaran BPJS Kesehatan, keterlambatan pembayaran klaim RS hingga kemungkinan kenaikan tarif INA CBGs dikupas dalam Seminar Nasional Perhimpunan RS Seluruh Indonesia (PERSI) Kupas Tablet Tuntas Implementasi Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi RS Mengatasi Gangguan Cash Flows Melalui Penyusunan Road Map Defisit JKN di Jakarta, hari ini, Sabtu (3/3).
28/05/2017 02:18:06 PM

JKN Program Baik, PERSI Komitmen Dukung Menyukseskan

Jakarta -
Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) berkomitmen mendukung suksesnya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Oleh karena itu, RS Pemerintah dan RS Swasta yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan pasti mempersiapkan diri untuk melayani peserta JKN.

“JKN itu program baik. Yang dulu sulit berobat karena kesulitan biaya, dengan ikut JKN bisa mengakses pengobatan ke rumah sakit. Jadi, PERSI pasti mendukung suksesnya program pemerintah ini,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat PERSI, dr. Kuntjoro Adi Purjanto, MKes menanggapi adanya kabar oknum dokter yang berpandangan adanya unsur riba pada BPJS, di Jakarta (27/5/2017).

dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes menambahkan bahwa PERSI juga mendorong rumah sakit anggotanya untuk terus melakukan sosialisasi internal terkait program JKN. Harapannya, pemahaman tenaga kesehatan dan staf rumah sakit semakin baik. Oleh karena itu, PERSI melakukan pendampingan dan pelatihan terkait pelaksanaan program JKN secara rutin bagi rumah sakit.

“Kami menghormati adanya pandangan pribadi. Namun secara institusi, RS yang kerjasama dengan BPJS Kesehatan telah berkomitmen melayani pasien JKN,” tegasnya.

Dalam hal kedudukan program JKN dipandang dari sisi hukum Islam, PERSI berpegang pada hasil pertemuan Kemenkes, MUI, BPJS Kesehatan, DJSN, Kemenkeu, dan OJK di Jakarta pada tanggal 4 Agustus 2015. Pada salah kesepahaman disebutkan bahwa keputusan dan rekomendasi Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI tidak menyebut “haram” pada penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan. Oleh karena itu hasil pertemuan itu juga menghimbau masyarakat tetap mendaftar dan tetap melanjutkan kepesertaannya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

PERSI telah menerima surat terbuka dari RS Permata Pamulang yang berkomitmen mendukung program pemerintah yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. RS Permata Pamulang juga berkomitmen melayani pasien perusahaan dan pasien asuransi dengan sebaik-baiknya.

Jakarta, 27 Mei 2017
Ketua Umum PERSI



dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes.
(pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902