Kilas RS

Berita Terbaru

RSUD Temanggung Kini Mampu Lakukan Pemasangan Ring, MRI Serta Miliki 385 Tempat Tidur

Tuesday 02 January 2018
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menambah kapasitas rawat inapnya sebanyak 80 tempat tidur sehingga total kapasitas mencapai 385.

RSUD Dr Soetomo Segera Operasikan Gedung Paliatif, Pertama di Indonesia

Thursday 16 February 2017
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya segera mengoperasikan gedung paliatif segera setelah perlengkapan furnitur berupa meja, kursi dan sejenisnya tersedia. Sementara, tenaga medis dan dokter, telah siap mengawal fasilitas ini. 

RS USU, RS Pendidikan dengan Akreditasi Paripurna

Thursday 12 January 2017
Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan grand opening pada Senin, 9 Januari 2017 setelah melalui tahapan pembangunan yang panjang sejak 2003 lalu. RS USU yang juga RS pendidikan pada 29 Desember 2016 berhasil meraih Akreditasi Tingkat Paripurna (Bintang Lima) dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).
16/02/2017 11:05:12 PM

RSUD Dr Soetomo Segera Operasikan Gedung Paliatif, Pertama di Indonesia

Surabaya -
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya segera mengoperasikan gedung paliatif segera setelah perlengkapan furnitur berupa meja, kursi dan sejenisnya tersedia. Sementara, tenaga medis dan dokter, telah siap mengawal fasilitas ini.

"RSUD Dr Soetomo ini menjadi satu-satunya RS di Indonesia yang memiliki gedung paliatif. Sebelum gedung ini berfungsi, pelayanan pasien paliatif masih dipusatkan ke gedung Poli Onkologi Satu Atap (POSA). Nanti, di gedung paliatif, satu pasien paliatif ditangani di fasilitas tersendiri, sehingga ketika pasien ingin berkomunikasi dengan dokter akan lebih leluasa dan terjaga kerahasiannya," ujar Ketua Pusat Pengembangan Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr Soetomo Surabaya dr Urip Murtedjo.

Pendirian fasilitas ini diapresiasi ahli paliatif yang dijuluki Bapak Paliatif Indonesia, Prof dr R Sunaryadi Tejawinata. "Pendirian gedung paliatif ini sebagai kado istimewa dalan memperingati HUT Paliatif ke 25 tahun. Kami bersyukur perjuangan kami dalam mewujudkan gedung paliatif akhirnya terwujud. Gedung paliatif ini akan menjadi semangat baru bagi Soetomo dalam meningkatkan pelayanan terhadap pasien paliatif," kata Suryanadi.

Kepala BLUD RSUD dr Soetomo, dr Harsono mengapresiasi Pemprov Jatim yang mendukung pembangunan gedung paliatif sebagai penanda pelayanan terbaik RSUD. Komitmen itu sejalan dengan akreditasi paripurna Joint Commision International (JCI) yang diperjuangkan Soetomo.

Perawatan paliatif sendiri adalah pelayanan kepada pasien yang penyakitnya sudah tidak bereaksi terhadap pengobatan medis karena  telah berada dalam stadium akhir. Tujuan perawatan paliatif, melibatkan pendekatan spiritual serta meningkatkan kualitas hidup pasien dan mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan tenang dan nyaman tanpa merasa tertekan, sehingga meminimalisir rasa sakit secara fisik, yaitu nyeri, mual, muntah, maupun psikis.
(IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902