Cakrawala

Berita Terbaru

Ini Tanya Jawab Tentang Jus, Efektifitasnya Buat Diet dan Detox!

Wednesday 16 April 2014
Jus.., apakah anda penggemarnya? Juga banyak orang di luar sana? Para penyuka jus  meyakini minuman ini ampuh mencegah penyakit juga mengurangi berat bedan. Tentu saja, selalu mengasyikkan ketika anda bisa mencampur brokoli, ketimun, dan memadukannya dengan stroberi untuk mendapatkan rasa manis.

Agar Tetap Produktif, Lansia Harus Aktif, Hindari Stres dan Rokok

Tuesday 15 April 2014

Kesehatan para senior atau lanjut usia (lansia) 53% disebabkan perilaku, lingkungan 29%, pelayanan kesehatan 10%, dan keturunan 8%.

Jumlah Penduduk Tak Terkendali, Alam Kian Rusak

Friday 11 April 2014
Pertambahan jumlah penduduk yang tidak terkendali bisa berdampak pada kerusakan sumber daya alam, bahkan memicu bencana alam.
14/01/2013 09:45:32 AM

1,4 juta Kematian Akibat Infeksi di RS

Jakarta - Kebersihan tangan petugas medis juga pihak-pihak yang berada di dalam rumah sakit (RS) dapat mencegah terjadinya infeksi nosokomial yang dipicu interaksi berbagai orang yang berada di RS "Kebersihan tangan wajib hukumnya diterapkan. Sebelum memegang pasien, tenaga medis baik dokter maupun perawat wajib mencuci tangan," ujar Costy Ketua Himpunan Perawat Pengendalian Infeksi Indonesia Costy Pandjaitan CVRN SKM MARS dalam Simposium Ilmiah Teknologi Mutakhir sebagai Perlindungan dari Kuman dan Perannya dalam Mencegah Infeksi Nosokomial yang dihadiri 470 tenaga kesehatan dari Jakarta, Banten serta Jawa Barat di Hotel Kempinski Jakarta, pekan lalu.

RS, kata Costy, merupakan salah satu tempat dimana kuman dan virus banyak berkembang biak, terdapat pasien dengan beragam penyakit berkumpul disana.

Menurut data WHO, infeksi nosokomial merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia dengan 1,4 juta angka kematian di seluruh dunia.
   
Tenaga medis, lanjut Costy, mempunyai potensi besar untuk mencederai pasien."Di negara berkembang potensi infeksi yang terjadi akibat interaksi di RS 20 kali lipat dibandingkan negara maju," tambah dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, tenaga medis perlu memperhatikan kebersihan tangan sebelum melakukan tindakan terhadap pasien. "Memang sepertinya sederhana, tapi itu sangat penting agar kuman penyakit tidak masuk ke tubuh pasien," tukas dia.
   
Dia juga menghimbau agar RS harus memperhatikan sarana dan prasarana bagi kebersihan tangan tenaga medis. Selain interaksi langsung, penularan kuman di RS dapat terjadi melalui penularan melalui udara dan inhalasi.

Infeksi nosokomial merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia. Petugas medis yaitu dokter, perawat, petugas laboratorium, dan petugas administrasi, serta pasien dan pengunjung RS adalah orang yang paling rentan terkena infeksi nosokomial. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Komplek Sentra Bisnis Artha Gading Kelapa Gading - 14250
  • +6221 45845223
  • +6221 45845291