Cakrawala

Berita Terbaru

Pre-Study Check Up RS Puri Indah Untuk Yang Akan Kuliah di Luar Negeri

Monday 26 January 2015
Rumah Sakit (RS) Pondok Indah-Puri Indah, Jakarta Barat, menyediakan layanan Pre-Study Check Up.

Jamaah Haji Harus Waspadai Serangan Panas di Arafah dan Mina

Monday 26 January 2015
Calon jamaah haji yang akan berangkat pada 2015 atau 1436H, diminta mewaspadai musim panas  yang terjadi di periode puncak haji, ketika jamaah berada di Arafah dan Mina. Heat stroke atau gelombang panas akan menjadi tantangan serius bagi para jemaah haji.

Bahaya Kopi Sachet, Kandungan Kimia, Hipertensi Hingga Kanker

Thursday 22 January 2015
Suka minum kopi sachet? Waspadai dampaknya! Profesor Ahmad Subagio, pakar pertanian yang juga Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Jember, Jawa Timur mengingatkan, kopi instan, terutama yang dikemas untuk sekali minum, dan mengandung krimer, bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, salah satunya hipertensi.
14/01/2013 09:45:32 AM

1,4 juta Kematian Akibat Infeksi di RS

Jakarta - Kebersihan tangan petugas medis juga pihak-pihak yang berada di dalam rumah sakit (RS) dapat mencegah terjadinya infeksi nosokomial yang dipicu interaksi berbagai orang yang berada di RS "Kebersihan tangan wajib hukumnya diterapkan. Sebelum memegang pasien, tenaga medis baik dokter maupun perawat wajib mencuci tangan," ujar Costy Ketua Himpunan Perawat Pengendalian Infeksi Indonesia Costy Pandjaitan CVRN SKM MARS dalam Simposium Ilmiah Teknologi Mutakhir sebagai Perlindungan dari Kuman dan Perannya dalam Mencegah Infeksi Nosokomial yang dihadiri 470 tenaga kesehatan dari Jakarta, Banten serta Jawa Barat di Hotel Kempinski Jakarta, pekan lalu.

RS, kata Costy, merupakan salah satu tempat dimana kuman dan virus banyak berkembang biak, terdapat pasien dengan beragam penyakit berkumpul disana.

Menurut data WHO, infeksi nosokomial merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia dengan 1,4 juta angka kematian di seluruh dunia.
   
Tenaga medis, lanjut Costy, mempunyai potensi besar untuk mencederai pasien."Di negara berkembang potensi infeksi yang terjadi akibat interaksi di RS 20 kali lipat dibandingkan negara maju," tambah dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, tenaga medis perlu memperhatikan kebersihan tangan sebelum melakukan tindakan terhadap pasien. "Memang sepertinya sederhana, tapi itu sangat penting agar kuman penyakit tidak masuk ke tubuh pasien," tukas dia.
   
Dia juga menghimbau agar RS harus memperhatikan sarana dan prasarana bagi kebersihan tangan tenaga medis. Selain interaksi langsung, penularan kuman di RS dapat terjadi melalui penularan melalui udara dan inhalasi.

Infeksi nosokomial merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia. Petugas medis yaitu dokter, perawat, petugas laboratorium, dan petugas administrasi, serta pasien dan pengunjung RS adalah orang yang paling rentan terkena infeksi nosokomial. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Kelapa Gading - 14250
  • +6221 45845303 - 04
  • +6221 45857833