Cakrawala

Berita Terbaru

Anak Anda Imunisasinya Belum Lengkap? Ikuti Pekan Imunisasi Dunia April Ini

Thursday 24 April 2014

Pekan Imunisasi Dunia (PID) digelar 23-30 April 2014, para orang tua diimbau membawa bayi dan balitanya ke Puskesmas, RS dan fasilitas kesehatan lainnya untuk diimunisasi, terutama yang belum lengkap imunisasinya.

Memerangi Malaria, Senjatanya Kelambu dan Penyemprotan

Thursday 24 April 2014
Sebanyak 6,3 juta kelambu akan dibagikan Kementerian Kesehatan sepanjang 2014 untuk mencegah penularan malaria melalui nyamuk anopheles. Sampai saat ini, kelambu yang sudah dibagikan sebanyak 3,6 juta.

Pembangunan RS Unri Baru 10%

Wednesday 23 April 2014
Penyelesaian fisik Rumah Sakit (RS) Universitas Riau (Unri) senilai Rp387 miliar baru mencapai 10% setelah dimulai enam tahun lalu sehingga belum dapat difungsikan.  Adhi Prayitno, Pembantu Rektor IV Unri mengungkapkan hal itu belum lama ini.
14/01/2013 09:45:32 AM

1,4 juta Kematian Akibat Infeksi di RS

Jakarta - Kebersihan tangan petugas medis juga pihak-pihak yang berada di dalam rumah sakit (RS) dapat mencegah terjadinya infeksi nosokomial yang dipicu interaksi berbagai orang yang berada di RS "Kebersihan tangan wajib hukumnya diterapkan. Sebelum memegang pasien, tenaga medis baik dokter maupun perawat wajib mencuci tangan," ujar Costy Ketua Himpunan Perawat Pengendalian Infeksi Indonesia Costy Pandjaitan CVRN SKM MARS dalam Simposium Ilmiah Teknologi Mutakhir sebagai Perlindungan dari Kuman dan Perannya dalam Mencegah Infeksi Nosokomial yang dihadiri 470 tenaga kesehatan dari Jakarta, Banten serta Jawa Barat di Hotel Kempinski Jakarta, pekan lalu.

RS, kata Costy, merupakan salah satu tempat dimana kuman dan virus banyak berkembang biak, terdapat pasien dengan beragam penyakit berkumpul disana.

Menurut data WHO, infeksi nosokomial merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia dengan 1,4 juta angka kematian di seluruh dunia.
   
Tenaga medis, lanjut Costy, mempunyai potensi besar untuk mencederai pasien."Di negara berkembang potensi infeksi yang terjadi akibat interaksi di RS 20 kali lipat dibandingkan negara maju," tambah dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, tenaga medis perlu memperhatikan kebersihan tangan sebelum melakukan tindakan terhadap pasien. "Memang sepertinya sederhana, tapi itu sangat penting agar kuman penyakit tidak masuk ke tubuh pasien," tukas dia.
   
Dia juga menghimbau agar RS harus memperhatikan sarana dan prasarana bagi kebersihan tangan tenaga medis. Selain interaksi langsung, penularan kuman di RS dapat terjadi melalui penularan melalui udara dan inhalasi.

Infeksi nosokomial merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia. Petugas medis yaitu dokter, perawat, petugas laboratorium, dan petugas administrasi, serta pasien dan pengunjung RS adalah orang yang paling rentan terkena infeksi nosokomial. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Komplek Sentra Bisnis Artha Gading Kelapa Gading - 14250
  • +6221 45845223
  • +6221 45845291