Cakrawala

Berita Terbaru

Guru Bergaya Hidup Sehat, Siswanya Kuat

Thursday 29 January 2015
Guru-guru diharapkan bergaya hidup sehat dan menjadi teladan siswanya, baik itu secara fisik maupun psikologis.


Call Center Persalinan Karawang, Hubungkan Ibu, Bidan dan RS

Thursday 29 January 2015
Kabupaten Karawang kini memiliki layanan pusat panggilan atau Call Center untuk pasien persalinan. Layanan yang diklaim pertama dimiliki sebuah kabupaten/kota itu ditujukan untuk mempercepat penanganan dan mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

Indonesia Masih Bebas Bakteri Apel Listeria Manocytogenes

Tuesday 27 January 2015
Hingga saat ini, Kementrian Kesehatan belum menerima kasus keracunan akibat konsumsi buah apel impor yang dilaporkan daerah.

31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Kelapa Gading - 14250
  • +6221 45845303 - 04
  • +6221 45857833