Cakrawala

Berita Terbaru

Jangan Sampai Sakit Gara-Gara Pilkada, Ini Kiat Sehat Buat PPS, Tim Sukses dan Fans Paslon!

Wednesday 15 February 2017
Awas, risiko kesehatan mengintai pihak-pihak yang terkait penyelenggaraan Pilkada serentak. Kewaspadaan itu harus dimiliki pimpinan dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat dan daerah, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat dan daerah, serta penyelenggara pemilu mulai PPK, PPS dan KPPS baik ditingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten dan tingkat provinsi. Selain itu, risiko serupa mesti diantisipasi tim sukses dan para fans calon kepala daerah.

RS Siloam Kebun Jeruk Edukasi Pencegahan Kanker Payudara

Monday 13 February 2017
Kaum perempuan diperingatkan tidak melakukan suntik silikon pada payudara karena meningkatkan risiko kesehatan. Jika ingin memperindah payudara, diharapkan jangan ke salon tetapi ke dokter bedah plastik, karena suntik silikon di salon meningkatkan risiko sekaligus menyulitkan melakukan pendeteksian dini kanker payudara.

Nyeri Mirip Sensasi Jelang Menstruasi Itu Ternyata Penanda Kanker

Thursday 09 February 2017
Rasa nyeri pada payudara itu ternyata bukan dipicu menstruasi. Sensasi rasa sakit yang terjadi berkelanjutan, mirip kondisi yang dirasakan menjelang atau sedang memasuki periode menstruasi itu ternyata dipicu kanker payudara.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902