Cakrawala

Berita Terbaru

Waspadai Siklus KLB DBD Lima Tahunan!

Wednesday 10 February 2016
Masyarakat diminta mewaspadai siklus kejadian luar biasa (KLB) berjangkitnya demam berdarah dengue (DBD) yang siklusnya terjadi lima tahunan. Siklus itu terjadi pada 2011 sehingga KLB DBD diperkirakan terjadi pada 2015, namun karena kasus kabut asap maka KLB DBD itu dikuatirkan terjadi pada 2016.

Pasien Membludak, Namun RSMM Optimistis Raih Akreditasi Utama

Wednesday 10 February 2016
Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika, Papua, mengejar status akreditasi tingkat utama, naik dari tipe C yang kini disandang. RSMM Timika, juga merupakan RS pertama di Papua yang mengikuti program akreditasi pada 2016.

Lokadok, Aplikasi Jadwal dan Perjanjian dengan Dokter

Thursday 04 February 2016
Cari lokasi praktik dokter langganan atau dokter lain yang terdekat? Cek saja di Lokadok, aplikasi pencarian dokter yang bisa diakses di www.lokadok.co.id lewat komputer atau ponsel. Lokadok juga bisa melakukan booking instan sehingga pasien tak menghabiskan waktu di ruang tunggu.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902