Cakrawala

Berita Terbaru

Kasus Anastesi, Tidak Ada Malapraktik di RS Siloam Karawaci

Thursday 26 March 2015
Tidak ada malapraktik dalam kasus kematian dua pasien pascasuntikan obat anestesi Buvanest Spinal di RS Siloam Karawaci, Tangerang. Fakta itu terungkap dalam pemeriksaan Komite Keselamatan Pasien.

Orang Tua Suruh Anak Rajin Sikat Gigi, Tapi Ia Sendiri Tak Disiplin

Thursday 26 March 2015
Hanya 2,3% penduduk Indonesia yang menyikat gigi dengan benar, baik  dari segi waktu maupun cara. Padahal, angka orang yang sudah memiliki kebiasaan sikat gigi, telah mencapai 90%.

Diluncurkan, Kerjasama Teleradiologi RSU Bunda dan vRad AS

Thursday 26 March 2015
Diperiksa di Rumah Sakit Umum (RSU) Bunda Jakarta, hasil radiologi pasien dibaca vRad, perusahaan telemedicine global dan terkemuka di Amerika Serikat (AS).
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901, 837
  • +6221 8378 2902