Cakrawala

Berita Terbaru

Renovasi RS RK Charitas Selesai, Dilengkapi Helipad

Tuesday 22 July 2014
Gedung rawat jalan Rumah Sakit (RS) RK Charitas Palembang yang baru selesai dibangun, dilengkapi landasan mendarat helikopter atau helipad untuk memfasilitasi perpindahan pasien.

Krisis SDM Kesehatan Landa Indonesia dan Dunia

Tuesday 22 July 2014
Indonesia juga banyak negara lainnya kini tengah mengalami krisis sumber daya manusia (SDM) kesehatan, mulai aspek ketersediaan, jenis, kualitas maupun distribusi. Masalah itu dibahas dalam Global Health Workforce Alliance (GHWA) Board di Jenewa, Swiss, pada 17-18 Juli 2014.

PMI Salurkan Rp. 1 miliar Untuk Palestina

Monday 21 July 2014
Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan donasi yang berasal dari masyarakat senilai Rp. 1 miliar pada Palestine Red Crescent Society untuk membantu para korban konflik bersenjata di Gaza, Palestina.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)