Cakrawala

Berita Terbaru

RS Pelni Lakukan Perbaikan Implementasi JKN Berkesinambungan

Wednesday 14 February 2018
Inilah inovasi yang dilakukan RS Pelni, hingga Direkturnya, Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV (K), memperoleh Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI.

Implementasikan JKN Optimal, Direktur RS Pelni Raih Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI

Wednesday 14 February 2018
Tantangan terbesar sistem pelayanan kesehatan Indonesia, pasca implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah peningkatan mutu layanan pada pasien dan pengembangan sumber manusianya.

Menkes: Wartawan Harus Cek Kesehatan, Tenggat Waktu dan Jam Kerja Tak Menentu Rawan Picu Penyakit

Tuesday 13 February 2018
Para wartawan dihimbau Menteri Kesehatan Nila F Moeloek rutin mengecek kesehatan secara berkala, mengingat jam kerja profesi jurnalis yang tidak menentu, pun tekanan dari tenggat waktu yang ketat berpotensi mengganggu kesehatan.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902