Cakrawala

Berita Terbaru

Tak Ada Alasan Ragukan Keamamanan dan Efektifitas Vaksin

Wednesday 20 August 2014
Teknologi riset dan produksi vaksin saat ini sudah luar biasa sehingga sangat aman digunakan. Sebelum dilempar ke pasar, vaksin itu telah melalui penelitian, pengujian dan sertifikasi yang diawasi ketat oleh lembaga independen global yang kompeten.

PP No 61/2014, Legalkan Aborsi Untuk Korban Perkosaan

Tuesday 19 August 2014
Peraturan Pemerintah (PP) No 61/2014 tentang Kesehatan Reproduksi yang sering dijuluki PP Aborsi, disusun dan kini telah disahkan untuk menghormati hak asasi perempuan korban kejahatan seksual yang kemudian mengalami kehamilan yang tidak diinginkan.

Demam, Jangan Salah Ukur dan Minum Obat

Tuesday 19 August 2014
Teknik mengukur waktu demam yang tepat sangat penting dipahami masyarakat untuk membantu dokter atau paramedis menanganinya dengan tepat.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)