Cakrawala

Berita Terbaru

Dari Gula, Glukoma, Kebutaan Bisa Membayangi

Tuesday 02 September 2014
Glukoma menjadi salah satu penyebab utama kebutaan di dunia,  persentasenya mencapai 10%. Glukoma disebabkan meningkatnya tekanan cairan pada bola mata sehingga merusak sistem saraf penglihatan

Dari 74 FK, Baru 54 Yang Sudah Luluskan Dokter

Monday 01 September 2014
Fakultas kedokteran (FK) yang hanya mengejar untung dan tidak memperhatikan kualitas diminta segera ditutup. Data Kementrian Kesehatan menyebutkan, banyak FK tidak mengikuti persyaratan yang ditetapkan

Hindari Ebola dan MERS CoV, Jamaah Haji Diminta Waspadai Flu

Monday 01 September 2014
Calon haji yang mulai diberangkatkan ke Tanah Suci, hari ini, Senin (1/9) diminta mewaspadai flu untuk mengantisipasi virus Ebola dan Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV).
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)