Cakrawala

Berita Terbaru

Setelah RS Siloam Kupang, Lippo Bangun 3 RS Lagi di NTT

Monday 22 December 2014
Kelompok Rumah Sakit (RS) Siloam, yang bernaung dibawah kelompok Lippo,  berencana kembali membangun tiga RS lagi di Nusa Tenggara Timur (NTT), dua di Pulau Flores yaitu Labuan Bajo dan  Maumere dan satu di Waingapu, Pulau Sumba. Sebelumnya, Siloam membangun RS di Kupang.

Dukung BPJS, Kalbe Farma Luncurkan Mitrasana

Monday 22 December 2014
Program Mitrasana dibentuk khusus PT Kalbe Farma Tbk untuk mendukung layanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Mitrasana tidak hanya menyediakan obat,  tetapi juga dokter, untuk peserta BPJS Kesehatan.

RS Pondok Indah Klaim Jadi Digital Hospital Pertama

Thursday 18 December 2014
Kelompok Rumah Sakit (RS) Pondok Indah mengklaim pihaknya menjadi digital hospital atau RS digital pertama di Indonesia. Sistem digital diimplementasikan menyeluruh, dalam administrasi pasien, layanan klinis dan penunjang medis.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Kelapa Gading - 14250
  • +6221 45845303 - 04
  • +6221 45857833