Cakrawala

Berita Terbaru

Karakter Perawat Indonesia Disukai Negara Lain, Termasuk Jepang

Monday 29 June 2015
Sebanyak 66 perawat dan 212 care workers atau petugas pelayanan asal Indonesia dikirim ke berbagai fasilitas kesehatan di Jepang. Program pengiriman perawat Indomesia ke Jepang yang dinaungi program Indonesian Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) ini telah dilaksanakan sejak 2008, dengan total 547 perawat dan 966 care workers telah ditempatkan.

Naikkan Harga Rokok Tiga Kali Lipat, Gunakan Dananya untuk JKN

Sunday 28 June 2015
Cukai rokok diusulkan dinaikkan dan tambahan perolehan negara yang diperoleh, bisa digunakan untuk menambah anggaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Terutama, untuk menambah anggaran Penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diterima masyarakat berpendapatan rendah.

Jamaah Umroh dan Calon Haji Harus Hindari Unta

Thursday 25 June 2015
Para calon haji dan jamaah umrah diminta mewaspadai perkembangan kasus MERS CoV. Lakukan tiga kunci pencegahan, seringlah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, selama setidaknya 20 detik, hindari kontak dengan unta dan tidak perlu foto dengan menaiki atau berdekatan dengan unta. Ketiga, jangan minum susu unta mentah dan tidak perlu jalan-jalan ke peternakan unta.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902