Cakrawala

Berita Terbaru

Sistem JKN Dongkrak Kualitas Manajemen RS dan Layanan Medis

Friday 23 September 2016
Kualitas pelayanan tenaga medis ikut terdongkrak seiring makin optimalnya kinerja sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BJS) Kesehatan.

Stroke Tak Pandang Usia dan Kelamin, Hindari dengan Rutin Cek Tekanan dan Gula Darah

Thursday 22 September 2016
Penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin juga usia. Kardiovaskular telah memakan korban sebanyak 17,3 juta jiwa setiap tahun.


Inilah Gejala Limfoma Alias Kanker Getah Bening

Thursday 22 September 2016
Limfoma atau kanker getah bening banyak menyerang orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, obesitas, orang dengan diet tidak seimbang, memiliki riwayat kanker, radiasi dan penderita beberapa jenis penyakit tertentu, seperti HIV dan lupus.
31/01/2013 11:11:34 AM

Bidan Delima, Agar Ibu Terlindungi

Jakarta - Seluruh bidan yang melakukan praktik mandiri atau perorangan di Indonesia diharapkan menjadi anggota Bidan Delima untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Bidan Delima adalah sistem standardisasi kualitas pelayanan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Ada kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelatihan yang rutin," kata Bendahara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tuminah Wiratnoko.

IBI telah membentuk unit pelaksana Bidan Delima dalam kepengurusan IBI di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sejak akhir 2003. “Program Bidan Delima bertujuan  meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan, meningkatkan kompetensi BPM berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan praktik kebidanan terkini, mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi BPM dan pengguna jasa, “ kata Tuminah.

Bidan Delima, kata Tuminah, juga dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dan bidan dari praktik-praktik kebidanan yang tidak terstandarisasi. Terhitung per 31 Mei 2012, di seluruh Indonesia kini terdapat 200 ribu bidan, namun yang menjadi anggota Bidan Delima dari 21 provinsi yang menjadi wilayah implementasi, hanya 7.762 orang.

IBI melalui Bidan Delima telah memiliki 1.873 fasilitator yang bertugas merekrut dan membina para Bidan Delima, serta 84 tenaga asesor yang bertugas mengevaluasi.

Standarisasi pelayanan BPM, kata Tuminah,  merujuk pada peraturan-peraturan Kementerian Kesehatan RI dan mengikuti perkembangan dunia kebidanan internasional. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902