Cakrawala

Berita Terbaru

Poliklinik Penyakit Kulit dan Kelamin RSUD Mataram Edukasi Risiko Kanker Serviks

Tuesday 22 August 2017
Edukasi dini kepada para remaja tentang risiko kanker serviks (leher rahim) dapat mencegah seks bebas yang menjadi salah satu pemicu penyakit kelamin berbahaya, salah satunya kanker serviks.

Kemenkes: Antisipasi Kebakaran, RS Wajib Miliki Sistem Pencegahan dan Penanganan Situasi Darurat

Tuesday 22 August 2017
Kementrian Kesehatan merilis Surat Edaran bagi kalangan perumahsakitan tentang upaya pencegahan dan langkah penanganan kasus kebakaran. Surat yang dirilis pada awal Agustus oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS itu menyebutkan, berbagai kasus kebakaran yang melanda rumah sakit (RS) melatarbelakangi penerbitannya.

BPJS Kesehatan Gelar Kompetisi RS Berkualitas

Tuesday 15 August 2017
Kompetisi Rumah Sakit (RS) berkualitas digelar BPJS Kesehatan Kantor Deputi Wilayah Sumatera Bagian Tengah dan Jambi. Lomba diadakan untuk memacu kualitas pelayanan RS bagi peserta JKN KIS.
13/06/2017 02:24:08 PM

Ibu Hamil Tak Boleh Anti Matahari

Jakarta -
>Sebagian besar ibu hamil di Indonesia kekurangan vitamin D, padahal sinar matahari sangat melimpah. Kondisi itu dikuatirkan mempengaruhi pertumbuhan janin.

"Penyebab utamanya, perilaku atau gaya hidup yang jarang terpapar sinar matahari, di samping ketidaktahuan bahwa ibu hamil juga membutuhkan vitamin D. Sayangnya, ibu hamil di Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan dan masih berkarier, cenderung melewatkan paparan sinar matahari karena rutinitas pekerjaan. Keluar rumah pagi, pulang malam. Dari rumah langsung naik mobil tidak terkena sinar matahari," jelas spesialis kandungan dan kebidanan dr Ali Sungkar SpOG (K) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Vitamin D, kata Ali, penting untuk ibu hamil sebagai tambahan pemenuhan nutrisi bagi janin. "Kekurangan nutrisi atau malnutrisi berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah yang berpotensi mengalami hambatan pertumbuhan.  Selain itu, tingkat stress ibu hamil juga berpengaruh pada pertumbuhan janin," kata Ali.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan bayi yang terlahir berat badan rendah adalah pola makan yang tidak teratur dan kurang terpenuhinya nutrisi. 
(IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902