Cakrawala

Berita Terbaru

KLHK di Rapat Darurat Limbah Medis PERSI: Tumpukan Mencapai 8.000 Ton di Seluruh Indonesia

Friday 06 April 2018
Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan tumpukan limbah medis di rumah sakit (RS) seluruh Indonesia mencapai 8.000 ton. Limbah-limbah medis itu tertumpuk di banyak RS pasca penertiban insenerator RS yang dinilai tidak memenuhi syarat.

Pemusnahan Tumpukan Limbah RS di Fasilitas Pabrik Semen Tunggu Kepmen LHK

Friday 06 April 2018
Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) pada Selasa (3/4) telah menandatangani kesepakatan dengan 4 pabrik semen untuk melakukan pemusnahan limbah medis yang kini menumpuk di rumah sakit (RS). Pabrik-pabrik semen itu masing-masing berlokasi dua di Jawa Barat, 1 Banten dan 1 lagi di Sumatera Barat. 

Agar Makin Trengginas Tangani Kejahatan Obat dan Makanan, BPOM Lantik Tiga Direktur Baru

Thursday 05 April 2018
Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM) melantik tiga direktur baru di Kedeputian Bidang Penindakan untuk mempercepat penanganan kasus kejahatan obat dan makanan. Ketiga direktur baru itu terdiri atas Direktur Penyidikan, Direktur Intelijen dan Direktur Pengamanan. 
11/10/2017 10:37:00 AM

RS Haji Medan Terus Berbenah, Miliki Cathlab dan Tambah Subspesialis

Medan -
Rumah Sakit (RS) Haji Medan, Sumatera Utara kini memiliki ruang operasi cathlab atau kateterisasi jantung. RS dibawah pengelolaan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ini meresmikan fasilitas itu awal pekan ini.

Cathlab adalah pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah, untuk selanjutnya dilakukan intervensi nonbedah sesuai indikasi. Penananganan dilakukan melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.

"Dewasa ini, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak melanda warga dan menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi, sehingga RS harus memiliki peralatan canggih untuk menanganinya agar bisa meningkatkan pelayanan," ujar  Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi dalam acara peresmian.

Fasilitas operasi cathlab itu, kata Erry, sudah lama ditunggu, karena jumlah penderita jantung akibat pola hidup tidak sehat terus bertambah. Antrian layanan kateterisasi jantung itu kini telah banyak. RS Haji Medan itu sendiri merupakan RS andalan di provinsi itu, termasuk bagi warga dari wilayah sekitarnya.

Sementara, Direktur RS Haji Medan, Diah Retno W Ningtias menyebutkan, selain menambah fasilitas dalam layanan penyakit jantung, pihaknya juga melakukan pembenahan pada fasilitas ruang rawat jalan, inap, dan hemodialisa. "Ke depan, kami juga akan menambah dokter PNS subspesialis mata, digestif, ahli jiwa, ahli jantung, bedah gigi dan mulut. Tujuannya, rujukan pasien dari daerah akan semakin banyak dan sebaliknya, jumlah pasien yang dirujuk keluar semakin sedikit," ujar Diah.

Saat ini, lanjut Diah, sudah terdapat 42 dokter PNS dengan berbagai spesialis keahlian.
(IZn - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902