Cakrawala

Berita Terbaru

RS Pelni Lakukan Perbaikan Implementasi JKN Berkesinambungan

Wednesday 14 February 2018
Inilah inovasi yang dilakukan RS Pelni, hingga Direkturnya, Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV (K), memperoleh Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI.

Implementasikan JKN Optimal, Direktur RS Pelni Raih Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI

Wednesday 14 February 2018
Tantangan terbesar sistem pelayanan kesehatan Indonesia, pasca implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah peningkatan mutu layanan pada pasien dan pengembangan sumber manusianya.

Menkes: Wartawan Harus Cek Kesehatan, Tenggat Waktu dan Jam Kerja Tak Menentu Rawan Picu Penyakit

Tuesday 13 February 2018
Para wartawan dihimbau Menteri Kesehatan Nila F Moeloek rutin mengecek kesehatan secara berkala, mengingat jam kerja profesi jurnalis yang tidak menentu, pun tekanan dari tenggat waktu yang ketat berpotensi mengganggu kesehatan.
13/11/2017 03:07:20 PM

Yuk Praktikkan Tujuh Kiat Hidup GERMAS Ini, Agar Produktif dan Indonesia Kuat

Jakarta -
Mari praktikkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat alias GERMAS agar kita sehat dan Indonesia kuat. Inilah anjuran Germas yang dirilis Kementerian Kesehatan.
  1. Melakukan aktifitas fisik
  2. Mengonsumsi sayur dan buah
  3. Tidak merokok
  4. Tidak mengonsumsi alkohol
  5. Memeriksa kesehatan secara rutin
  6. Membersihkan lingkungan
  7. Menggunakan jamban.
Namun,  GERMAs yang diatur dalam Inpres Nomor 1/2017 pada 27 Februari 2017, kini baru masuk dalam tahap awal implementasinya, berfokus pada tiga kegiatan sederhana:
  1. Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari
  2. Mengonsumsi buah dan sayur
  3. Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.
"Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, serta dapat dilakukan mulai saat ini serta tidak membutuhkan biaya yang besar," ujar tutur Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dalam sambutannya pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Jakarta, kemarin, Minggu (12/11).

GERMAS, kata Nila, juga akan menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk sekaligus menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

"Mari mengubah kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat, lakukan langkah kecil perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat," ujar Nila.

Tema HKN ke-53 tahun ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK), menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. "Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat," ujar Nila.
(IZn - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902