Seputar BPJS

Berita Terbaru

Ingat! Satu Bulan Saja Nunggak, Keanggotaan BPJS Kesehatan Nonaktif

Monday 15 August 2016
Mulai 1 Juli 2016, jika satu bulan saja, tidak membayar iuran, maka keanggotaan kepesertaan mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, akan langsung dinonaktifkan, dan kartu BPJS-nya tidak bisa digunakan. Jika peserta ingin mengaktifkan lagi kepesertaannya, maka harus melunasi tunggakannya dulu.

Tagihan BPJS Belum Cair, RS Bisa Pinjam Bank Mandiri

Tuesday 03 May 2016
Bank Mandiri mengucurkan dana talangan, bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk membantu rumah sakit (RS) provider yang kesulitan keuangan dalam menjalankan fungsi layanan kesehatannnya. Dana talangan itu dilakukan Bank Mandiri dengan mengambil alih invoice atau tagihan sebelum jatuh tempo pembayaran dari BPJS Kesehatan.

Premi BPJS Naik, Peserta Turun Kelas

Thursday 21 April 2016
Kenaikan tarif premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memaksa sebagian peserta menurunkan kelasnya atau down grade agar tetap bisa menjadi anggota namun dengan iuran lebih rendah.
12/12/2013 09:49:30 AM

Ini Cara Mendaftar Sebagai Peserta Mandiri BPJS!

Jakarta - Anda bukan pegawai negeri sipil atau karyawan swasta yang kesehatannya telah dijamin institusi tempat bekerja, namun ingin bergabung dalam Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS)?
 
“Peserta mandiri hanya perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan atau menghubungi bank yang telah bekerja sama dengan Askes sebagai pelaksana BPJS seperti Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI. Ketiga Bank ini akan menunjuk kantor cabang yang dapat menerima pendaftaran peserta,” kata Direktur Utama PT Askes Fahmi Idris, di Kantor Pusat PT Askes, Jakarta, kemarin.
 
Prosedur yang sama, kata Fahmi, juga berlaku dalam hal pembayaran iuran bagi peserta mandiri BPJS Kesehatan. Calon peserta mandiri dapat melakukan pendaftaran dan  pembayaran iuran untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan BPJS pada 1 Januari 2014.

Pada 1 Januari 2014, PT Askes (Persero) menargetkan jumlah peserta sebanyak 113 juta orang, dan akhir 2014 ditargetkan sedikitnya mencapai 121,6 juta orang. Saat ini sebanyak 140 BUMN dan 107 Pemda sudah berkomitmen bergabung menjadi peserta BPJS ditambah peserta mandiri.

“Peserta harus memahami prosedur pelayanan BPJS Kesehatan, misalnya sebelum berobat Rumah Sakit (RS) untuk mendapat perawatan, peserta harus terlebih dahulu berobat ke pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti Puskemas atau klinik. Setelah mendapat surat rujukan, peserta yang bersangkutan boleh berlanjut ke RS" tuturnya.

Untuk memudahkan para peserta, Askes sudah membangun sistem yang dibutuhkan seperti Sistem Informasi Manajemen (SIM) BPJS Kesehatan, Posko, dan Customer Service 24 jam. Fasilitas-fasilitas itu dapat digunakan peserta untuk memperoleh informasi seputar pelayanan kesehatan. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Crown Palace Blok E/6, Jl. Prof Soepomo SH No.231, Tebet, Jakarta Selatan - 12870
  • +6221 8378 2901-02
  • +6221 8378 2902