Seputar BPJS

Berita Terbaru

Peserta PBJS Kini Cukup Tunggu Tiga Menit di Loket

Wednesday 06 August 2014
Kini, tak perlu kuatir harus mengantri saat berobat menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.  Pasalnya, rumah sakit (RS)  pelaksana BPJS menerapkan bridging system secara lengkap.

Di Belanda dan Inggris, Lembaga Sejenis BPJS Kesehatan Disukai, di Indonesia Juga Bisa!

Tuesday 15 April 2014
Petugas frontliner berperan penting sebagai ujung tombak pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, mereka menjadi salah satu penentu kualitas pelayanan.

Peserta BPJS Mendapat Layanan KB

Wednesday 02 April 2014
Bukan cuma buat berobat, kartu anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan juga bisa digunakan untuk mengakses layanan keluarga berencana berupa konseling, kontrasepsi dasar, vasektomi dan tube
12/12/2013 09:49:30 AM

Ini Cara Mendaftar Sebagai Peserta Mandiri BPJS!

Jakarta - Anda bukan pegawai negeri sipil atau karyawan swasta yang kesehatannya telah dijamin institusi tempat bekerja, namun ingin bergabung dalam Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS)?
 
“Peserta mandiri hanya perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan atau menghubungi bank yang telah bekerja sama dengan Askes sebagai pelaksana BPJS seperti Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI. Ketiga Bank ini akan menunjuk kantor cabang yang dapat menerima pendaftaran peserta,” kata Direktur Utama PT Askes Fahmi Idris, di Kantor Pusat PT Askes, Jakarta, kemarin.
 
Prosedur yang sama, kata Fahmi, juga berlaku dalam hal pembayaran iuran bagi peserta mandiri BPJS Kesehatan. Calon peserta mandiri dapat melakukan pendaftaran dan  pembayaran iuran untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan BPJS pada 1 Januari 2014.

Pada 1 Januari 2014, PT Askes (Persero) menargetkan jumlah peserta sebanyak 113 juta orang, dan akhir 2014 ditargetkan sedikitnya mencapai 121,6 juta orang. Saat ini sebanyak 140 BUMN dan 107 Pemda sudah berkomitmen bergabung menjadi peserta BPJS ditambah peserta mandiri.

“Peserta harus memahami prosedur pelayanan BPJS Kesehatan, misalnya sebelum berobat Rumah Sakit (RS) untuk mendapat perawatan, peserta harus terlebih dahulu berobat ke pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti Puskemas atau klinik. Setelah mendapat surat rujukan, peserta yang bersangkutan boleh berlanjut ke RS" tuturnya.

Untuk memudahkan para peserta, Askes sudah membangun sistem yang dibutuhkan seperti Sistem Informasi Manajemen (SIM) BPJS Kesehatan, Posko, dan Customer Service 24 jam. Fasilitas-fasilitas itu dapat digunakan peserta untuk memperoleh informasi seputar pelayanan kesehatan. (IZN - pdpersi.co.id)