Seputar BPJS

Berita Terbaru

BPJS Diharapkan Tanggung Korban Narkoba, Agar Bisa Berobat ke RS

Wednesday 03 December 2014
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diharapkan juga dapat menanggung biaya pengobatan korban narkoba. Selama ini BPJS mengecualikan penyakit yang disebabkan oleh kesengajaan, termasuk konsumsi narkoba.

Biaya Penggantian Pengolahan Darah (BPPD)

Monday 17 November 2014
Memperhatikan Surat Pengurus Pusat PMI perihal Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD) untuk dapat diprioritaskan Pembayarannya oleh Rumah Sakit kepada PMI, maka PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) mengusulkan agar ...

Klaim RS Pasti Dibayar BPJS, Asal Sesuai Prosedur

Saturday 20 September 2014
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Kota Batam, Kepulauan Riau mengajukan klaim sekitar Rp. 20 miliar hingga semester I tahun 2014 untuk biaya rawat inap dan rawat jalan pasien pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
12/12/2013 09:49:30 AM

Ini Cara Mendaftar Sebagai Peserta Mandiri BPJS!

Jakarta - Anda bukan pegawai negeri sipil atau karyawan swasta yang kesehatannya telah dijamin institusi tempat bekerja, namun ingin bergabung dalam Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS)?
 
“Peserta mandiri hanya perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan atau menghubungi bank yang telah bekerja sama dengan Askes sebagai pelaksana BPJS seperti Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI. Ketiga Bank ini akan menunjuk kantor cabang yang dapat menerima pendaftaran peserta,” kata Direktur Utama PT Askes Fahmi Idris, di Kantor Pusat PT Askes, Jakarta, kemarin.
 
Prosedur yang sama, kata Fahmi, juga berlaku dalam hal pembayaran iuran bagi peserta mandiri BPJS Kesehatan. Calon peserta mandiri dapat melakukan pendaftaran dan  pembayaran iuran untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan BPJS pada 1 Januari 2014.

Pada 1 Januari 2014, PT Askes (Persero) menargetkan jumlah peserta sebanyak 113 juta orang, dan akhir 2014 ditargetkan sedikitnya mencapai 121,6 juta orang. Saat ini sebanyak 140 BUMN dan 107 Pemda sudah berkomitmen bergabung menjadi peserta BPJS ditambah peserta mandiri.

“Peserta harus memahami prosedur pelayanan BPJS Kesehatan, misalnya sebelum berobat Rumah Sakit (RS) untuk mendapat perawatan, peserta harus terlebih dahulu berobat ke pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti Puskemas atau klinik. Setelah mendapat surat rujukan, peserta yang bersangkutan boleh berlanjut ke RS" tuturnya.

Untuk memudahkan para peserta, Askes sudah membangun sistem yang dibutuhkan seperti Sistem Informasi Manajemen (SIM) BPJS Kesehatan, Posko, dan Customer Service 24 jam. Fasilitas-fasilitas itu dapat digunakan peserta untuk memperoleh informasi seputar pelayanan kesehatan. (IZN - pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Kelapa Gading - 14250
  • +6221 45845303 - 04
  • +6221 45857833