Obat Tradisional

Berita Terbaru

MANFAAT JAHE

Wednesday 03 December 2014
Jahe atau dengan bahasa latin Zingiber Officinale merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer untuk digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Rimpangnya yang berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengah. Rasa pedas yang dominan pada jahe disebabkan karena senyawa keton bernama zingeron.

Sejuta Manfaat Mangkudu

Monday 10 November 2014
Mengkudu, buah yang terkenal memiliki bau dan rasa yang khas ini memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. apa saja manfaat penting si buah berbau khas ini???

ASAM JAWA (Tamarindus indica, Linn.)

Wednesday 24 September 2014
Asam jawa (tamarindus indica) merupakan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang.
25/05/2012 03:12:05 PM

KHASIAT JERUK NIPIS

Surakarta, Tanaman Obat (Graha Tanaman Obat - Surakarta) -
  • Nama :
    1. Sinonim :
      C. limonellus Miq., C. medica Linn. Var. acida Brandis., C. acida Roxb., C. aurantium L. var. amara Engl., C. javanica Blume., C. notissima Blanco.
    2. Nama daerah :
      Sumatera : kelangsa (Aceh). Jawa : jeruk nipis (Sunda), jeruk pecel (Jawa). Nusa Tenggara : jeruk alit, kaputungan, lemo (Bali), dongaceta (Bima), mudutelong (Flores), jeru (Sawu), mudakenelo (Solor), delomakii (Roti). Kalimantan : lemau nepis. Sulawesi : lemo ape, lemo kapasa (Bugis), lemo kadasa (Makasar). Maluku : puhat em nepi (Buru), ahusi hinsi, aupssifis (Seram), inta, lemonepis, ausinepis, usinepese (Ambon), wanabeudu (Halmahera).
    3. Nama asing :
      Zhi qiao (C), acid lime, common lime, sour lime (I), lime acide, limettier (P), somma nao, manao (T), chanh, chanh ta (V).
    4. Nama simplisia :
      Citri aurantifoliae Fructus (buah jeruk nipis).
Uraian tumbuhan
Biasanya, jeruk nipis ditanam dipekarangan atau di kebun, dapat tumbuh pada tanah yang kurang subur, asalkan mudah meneruskan air dan mendapat sinar matahari penuh. Konon, jeruk nipis berasal dari kepulauan Hindia Timur. Di Indonesia tanaman ini dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.000 m dpl.pohon kecil bercabang lebat, tetapi tidak berwarna, tinggi 1,5-3,5 m, batang bulat, berduri pendek, kaku, dan tajam.

Daun tunggal, tangkai daun bersayap sempit. Helaian daun berbentuk jorong sampai bundar telur lonjong, pangkal bulat, ujung tumpul, tepi beringgit, permukaan atas berwarna hijau mengilap, permukaan daun bagian bawah berwarna hijau muda, panjang 2,5-9 cm, lebar 2-5 cm. bunga majemuk, tersusun dalam malai yang keluar dari ketiak daun, bunga berbentuk bintang, diameter 1,5-2,5 cm, berwarna putih, baunya harum.

Buahnya buah buni, berbentuk bulat sampai bulat telur, diam,eter 2,5-5 cm, berkulit tipis tanpa benjolan, berwarna hijau yang akan menjadi kuning jika matang, rasanya asam. Bijinya banyak, kecil-keil, licin, bulat telur sungsang.

Air buahnya digunakan sebagai penyedap masakan, minuman penyegar, bahan pembuat asam sitrat, membersihkan karat pada logam, atau kulit yang kotor. Selain itu, dapat digunakan sebagai obat tradisional maupun campuran jamu. Buah jeruk dapat diperbanyak dengan cangkok, biji, okulasi.

Sifat dan Khasiat
Buah jeruk nipis rasanya pahit, asam, sedikit dingin, dan berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik), peluruh keringat, dan membantu proses pencernaan.

Kandungan Kimia
Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu, juga mengandung flavonoid, seperti poncirin, hesperindine, rhoifolin, dan naringin. Buah masak mengandung synephrine dan N- methyltyramine. Disamping itu, juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, dan vitamin (A, B1 dan C).

Bagian yang Digunakan
Bagian uatama yang digunakan adalah buah. Selain itu, daun, bunga, dan akar juga bisa digunakan sebagai obat.

Indikasi
Buah jeruk nipis digunakan untuk pengobatan :
  • Influenza, batuk,
  • Lendir ditenggorokan,
  • Demam, panas pada malaria,
  • Melangsingkan badan,
  • Ketombe,
  • Menambah stamina, dan
  • Haid yang tidak teratur.
Bunga dan daun jeruk nipis digunakan untuk pengobatan :
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
Cara pemakaian
Untuk obat yang diminum, peras 1-2 buah jeruk nipis. Perasan ini dapat digunakan tersendiri atau dicampur dengan bahan yang lainnya. Untuk pemakaian luar, aduk air jeruk nipis dengan bahan lain untuk dikompreskan atau dibalurkan ke bagian tubuh yang sakit, seperti demam pada anak-anak, sakit perut, diare, sakit gigi, nyeri haid, kepala pusing, rematik, kurap, ketombe, jerawat, clavus, terkilir, mengecilkan perut, mengecilkan pori-pori di wajah, dan membersihkan lemak dikulit wajah. Air jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggorokan atau abses tenggorokan.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian
Minyak asiri daun jeruk nipis mempunyai aktivitas hambatan terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus pada kadar 20%, 40%, dan 80%, serta Escherichia coli pada kadar 40% dan 80% (Ratih Dyah Pertiwi, Fakultas Farmasi UGM, 1992).

Contoh pemakaian
  • Batuk tanpa demam
    Potong sebuah jeruk nipis yang telah masak, lalu peras airnya ke dalam gelas. Tambahkan kecap atau madu yang jumlahnya sama banyak dengan air jeruk nipis tadi. Aduk sampai rata, lalu minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.
     
  • Batuk, influenza
    Potong senuah jeruk nipis yang masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan ½ sendok the air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini sehari 2 x 2 sendok makan.
     
  • Batuk karena angin, influenza, sakit perut, diare, dan nyeri haid
    Sediakan 5 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan minyak kayu putih, dan kapur sirih sebesar biji asam. Campur bahan-bahan tersebut, lalu aduk sampai rata. Untuk penderita batuk dan influenza, balurkan ramuan tersebut pada leher, dada, dan punggung. Untuk penderita sakit perut, diare, dan nyeri haid, balurkan ramuan tadi pada bagian perut dan punggung. Lakukan 2-3 kali sehari.
     
  • Kepala pusing
    Cuci ½ genggam daun jeruk nipis segar sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis sambil diaduk rata. Gosokkan ramuan ini pada bagian tengkuk, dahi, pelipis. Lakukan 2-3 kali sehari.
     
  • Radang tenggorokan
    Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan ½ cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu sam,bil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramuan ini untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selam 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.
     
  • Sakit tenggorokan, abses tenggorokan
    Tuangkan air perasan 2 buah jeruk nipis dalam segelas air garam sambil diaduk rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur (di tenggorokan)
     
  • Lendir ditenggorokan
    Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya kedalam gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.
     
  • Demam pada bayi dan anak
    Potong sebuah jeruk nipis, lalu peras airnya kedalam cawan. Tambahkan 3 buah bawang merah yang telah diparut, sedikit garam, dan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata. Kompreskan ramuan tadi pada ubun-ubun dan kepala bayi atau anak.
     
  • Kurap, panu
    Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.
     
  • Jerawat
    • Potong jeruk nipis secukupnya, lalu peras air kedalam cawan. Tambahkan 1 sendok teh bubuk belerang sambil diaduk rata. Oleskan campuran tersebut kewajah yang berjerawat. Diamkan beberapa jam, lalu muka dapat dibersihkan kembali. Lakukan setiap hari sampai jerawat sembuh.
    • Potong jeruk nipis masak tipis-tipis. Gosokkan potongan tersebut pada bagian muka yang berjerawat dan berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari.
       
  • Demam, panas pada malaria
    Sediakan daun jeruk nipis, daun Kendal (Cordia oblique Willd.), daun sembung (Blumea balsamifera L.) (masing-masing 3 lembar) dan 5 lembar daun prasman ( Eupatorium triplinnerve Vahl.) rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.
     
  • Terkilir
    Jeruk nipis yang masak dan banyak airnya sebanyak 3 buah dibelah menjadi dua. Masukkan kedalam poci lalu diseduh dengan ½ cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin ambil jeruknya kemudian peras dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 1 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk melumas dan mengurut bagian yang cidera. Setelah itu minum ¾ gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.
     
  • Haid tidak teratur
    • Campurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok madu murni. Seduh dengan 1 ½ cangkir air panas, lalu aduk sampai rata. Setelah dingin, minum, sehari 3 x 1/3 bagian.
    • Sediakan daun dan bunga srigading (Nyctanthes arbor-tristis L.)(masing-masing 1/5 genggam), ¾ sendok teh jintan hitam, ½ sendok teh adas, ½ jari pulosari, 2 kuntum bunga kesumba keeling (Bixa orellana L.), 2 buah jeruk nipis yang diambil airnya, gula batu sebasar telur ayam. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya, rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin, minum ramuan tersebut, sehari 3 x ¾ gelas.
       
  • Ketombe
    Potong sebuah jeru nipis menjadi 2-4 bagian. Gunakan untuk menggosok kulit kepala sevara merata. Biarkan mongering beberapa lama, baru di bilas.
     
  • Pegal linu
    Cuci daun jeruk nipis, daunn ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar papaya, 2 jari akar kepayang (Pangium edule Peinw.), 3 jari akar kelor (Moringa oleifera L.), dan 10 buah cabe rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alcohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.
     
  • Sakit gigi berlubang
    Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam, dan gilingan daun lagetan warak (Adenostemma lavenia O.K.) (masing-masing 1 sendok makan). Tambahkan ¾ cangkir air garam kedalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya, peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali dalam sehari.
     
  • Penebalan kulit (clavus)
    • Potong satu buah jeruk nipis segar menjadi 4 bagian, lalu gosokkan pada bagian kulit yang menebal. Lakukan setiap malam sebelum tidur, jangan dicuci sampai keesokkan harinya.
    • Cuci daun pacar kuku (Lawsonia inermis L.) dan camcau minyak (Stephania capitata Spreng.) masing-masing ¼ genggam, lalu giling sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan aduk sampai rata. Turapkan ramuan ini pada bagian clavus, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari.
    • Cuci 5 lembar daun durian (Durio zibethinus Murr.) dan ½ jari rimpang bangle (Zingiber purpureum Roxb.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan madu, dan 4 sendok makan air masak diremas sampai rata. Selanjutnya, saring dan air saringannya dapat diminum, sehari 3 x 1/3 bagian.
       
  • Melangsingkan badan
    Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis kedalam secangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.
     
  • Mengecilkan perut
    Potong satu buah jeruk nipis masak, lalu peras airnya. Tambahkan minyak kayu putih yang jumlahnya sama banyak dengan air perasan jeru nipis, lalu tambahkan sedikit kapur sirih sambil diaduk rata. Balurkan diperut dan pinggang, lalu ikat perut atau gunakan korset supaya menjadi kencang. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore hari.
     
  • Menambah stamina
    Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis, dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu munum. Lakukan satu kali dalam seminggu.
     
  • Tekanan darah tinggi
    Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Selanjutnya, cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 3 kali ¾ gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.
(pdpersi.co.id)

CONTACT US

  • Kelapa Gading - 14250
  • +6221 45845303 - 04
  • +6221 45857833