Cakrawala

Berita Terbaru

Kiprah 29 Tahun RSJPD Harapan Kita

Sunday 23 November 2014
Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita Jakarta, pada usianya ke-29 tahun diharapkan memposisikan diri sebagai rujukan akhir. Status itu diharapkan berwujud pada upaya meningkatkan kemampuan melakukan tindakan medik komprehensif terbaru serta berinovasi, terutama dalam pengembangan pelayanan jantung di Indonesia.

Negara Asia Pasifik Bertukar Pengalaman Soal JKN di Jakarta

Sunday 23 November 2014
Simposium Penelitian Pembangunan Kesehatan se-Asia Pasifik ke-2 diselenggarakan di Hotel Sahid, Jakarta, 18-20 November 2014. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek berharap simposium ini memberikan poin-poin rekomendasi kebijakan pada kementerian yang dipimpinnya terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penyakit Akibat Gaya Hidup Meningkat, Obat Harga Terjangkau Harus Tersedia

Thursday 20 November 2014
Perubahan pola penyakit di Indonesia harus ditindaklanjuti oleh industri farmasi, terutama agar obat dengan harga terjangkau bisa tersedia sehingga program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa terlaksana optimal.
18/06/2013 03:10:46 PM

Program 50 Dokter Rumah Yatim, Beasiswa Buat Mahasiswa Kedokteran

Jakarta - Sebanyak 50 calon mahasiswa yatim dan yatim piatu berprestasi akan disiapkan menjadi dokter dalam Program 50 Dokter yang digagas Rumah Yatim.  "Program ini untuk memotivasi para yatim, mereka bisa menempuh pendidikan tinggi dan jadi dokter," kata Staf Ahli Pengelola Rumah Yatim Cabang Naripan, Rossa.

Program 50 dokter berwujud pembiayaan bagi peserta yang baru lulus SMA yang akan masuk jurusan kedokteran maupun mahasiswa yang telah kuliah di fakultas kedokteran.

Hingga awal 2013, Program 50 Dokter baru mendapat  enam pendaftar, calon mahasiswa dan mahasiswa kedokteran, mereka tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
 
Persyaratan untuk menjadi peserta program ini, selain sudah yatim atau yatim piatu, juga dari kalangan tak mampu.

"Mereka yang berhak diterima di program ini bisa saja awalnya mampu. Tapi misalnya ketika tengah menjalani kuliah, tiba-tiba ayahnya meninggal dan ibunya juga tidak mampu membiayai," katanya.

Selain mendapat dana sampai lulus kuliah, ke-50 dokter itu nantinya,  bila diperlukan, akan mendapat bantuan untuk mendirikan klinik praktik.

Rumah Yatim berdiri sejak 2006, sebagai organisasi sosial tingkat nasional yang bergerak dalam pengasuhan dan pengelolaan anak yatim dan dhuafa. (IZN - pdpersi.co.id)