Cakrawala

Berita Terbaru

Dari Gula, Glukoma, Kebutaan Bisa Membayangi

Tuesday 02 September 2014
Glukoma menjadi salah satu penyebab utama kebutaan di dunia,  persentasenya mencapai 10%. Glukoma disebabkan meningkatnya tekanan cairan pada bola mata sehingga merusak sistem saraf penglihatan

Dari 74 FK, Baru 54 Yang Sudah Luluskan Dokter

Monday 01 September 2014
Fakultas kedokteran (FK) yang hanya mengejar untung dan tidak memperhatikan kualitas diminta segera ditutup. Data Kementrian Kesehatan menyebutkan, banyak FK tidak mengikuti persyaratan yang ditetapkan

Hindari Ebola dan MERS CoV, Jamaah Haji Diminta Waspadai Flu

Monday 01 September 2014
Calon haji yang mulai diberangkatkan ke Tanah Suci, hari ini, Senin (1/9) diminta mewaspadai flu untuk mengantisipasi virus Ebola dan Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV).
18/06/2013 03:10:46 PM

Program 50 Dokter Rumah Yatim, Beasiswa Buat Mahasiswa Kedokteran

Jakarta - Sebanyak 50 calon mahasiswa yatim dan yatim piatu berprestasi akan disiapkan menjadi dokter dalam Program 50 Dokter yang digagas Rumah Yatim.  "Program ini untuk memotivasi para yatim, mereka bisa menempuh pendidikan tinggi dan jadi dokter," kata Staf Ahli Pengelola Rumah Yatim Cabang Naripan, Rossa.

Program 50 dokter berwujud pembiayaan bagi peserta yang baru lulus SMA yang akan masuk jurusan kedokteran maupun mahasiswa yang telah kuliah di fakultas kedokteran.

Hingga awal 2013, Program 50 Dokter baru mendapat  enam pendaftar, calon mahasiswa dan mahasiswa kedokteran, mereka tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
 
Persyaratan untuk menjadi peserta program ini, selain sudah yatim atau yatim piatu, juga dari kalangan tak mampu.

"Mereka yang berhak diterima di program ini bisa saja awalnya mampu. Tapi misalnya ketika tengah menjalani kuliah, tiba-tiba ayahnya meninggal dan ibunya juga tidak mampu membiayai," katanya.

Selain mendapat dana sampai lulus kuliah, ke-50 dokter itu nantinya,  bila diperlukan, akan mendapat bantuan untuk mendirikan klinik praktik.

Rumah Yatim berdiri sejak 2006, sebagai organisasi sosial tingkat nasional yang bergerak dalam pengasuhan dan pengelolaan anak yatim dan dhuafa. (IZN - pdpersi.co.id)