Cakrawala

Berita Terbaru

Riset di RS Temukan Resistensi Antimikroba

Thursday 30 October 2014
Riset di beberapa rumah sakit (RS) di  Surabaya dan Semarang menunjukkan adanya resistensi antimikroba atau antimicrobial resistance. Resistensi antimikroba merupakan masalah serius di dunia, termasuk Indonesia.

Inilah Nama Anggota Badan Pengawas Rumah Sakit 2014-2019!

Thursday 30 October 2014
Inilah nama-nama anggota Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) yang akan bertugas pada 2014 hingga 2019! Slamet Riyadi Yuwono, mantan Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA, Kementerian Kesehatan, Daeng M Faqih dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Tien Gartinah mewakili Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Soemaryono Raharjo yang mewakili Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) serta Irwan Julianto yang merepresentasikan masyarakat.

Empat RS Awal Bros Raih Akreditasi JCI

Thursday 30 October 2014
Empat dari delapan rumah sakit (RS) yang tergabung dalam Awal Bros Hospital Group meraih akreditasi internasional dari Joint Commission International (JCI) yaitu yang berlokasi di Batam, Bekasi, Pekanbaru dan Tangerang. 
18/06/2013 03:10:46 PM

Program 50 Dokter Rumah Yatim, Beasiswa Buat Mahasiswa Kedokteran

Jakarta - Sebanyak 50 calon mahasiswa yatim dan yatim piatu berprestasi akan disiapkan menjadi dokter dalam Program 50 Dokter yang digagas Rumah Yatim.  "Program ini untuk memotivasi para yatim, mereka bisa menempuh pendidikan tinggi dan jadi dokter," kata Staf Ahli Pengelola Rumah Yatim Cabang Naripan, Rossa.

Program 50 dokter berwujud pembiayaan bagi peserta yang baru lulus SMA yang akan masuk jurusan kedokteran maupun mahasiswa yang telah kuliah di fakultas kedokteran.

Hingga awal 2013, Program 50 Dokter baru mendapat  enam pendaftar, calon mahasiswa dan mahasiswa kedokteran, mereka tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
 
Persyaratan untuk menjadi peserta program ini, selain sudah yatim atau yatim piatu, juga dari kalangan tak mampu.

"Mereka yang berhak diterima di program ini bisa saja awalnya mampu. Tapi misalnya ketika tengah menjalani kuliah, tiba-tiba ayahnya meninggal dan ibunya juga tidak mampu membiayai," katanya.

Selain mendapat dana sampai lulus kuliah, ke-50 dokter itu nantinya,  bila diperlukan, akan mendapat bantuan untuk mendirikan klinik praktik.

Rumah Yatim berdiri sejak 2006, sebagai organisasi sosial tingkat nasional yang bergerak dalam pengasuhan dan pengelolaan anak yatim dan dhuafa. (IZN - pdpersi.co.id)