BERITA PERSI

Akibat Turun Kelas, RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh Berhentikan Tenaga Honorer

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat akan membayar upah 272 tenaga honorer yang diberhentikan pada awal Januari 2020 lalu setelah menerima klaim jasa medis dari BPJS Kesehatan.  Sebelumnya, RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh memberhentikan 272 orang tenaga harian lepas (THL) pada awal Januari 2020, akibat penurunan tipe kelas dari tipe C ke tipe C pada 2019 lalu.

Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Setiap Persalinan di Bener Meriah Harus Dilakukan di RS

Masyarakat Kabupaten Bener Meriah, Aceh, diminta melakukan setiap persalinan di rumah sakit pemerintah, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta memastikan proses persalinan berjalan baik. Persalinan di rumah masyarakat tak lagi diperkenankan karena idnilai sangat berisiko.  Upaya itu dilakukan untuk terus menekan angka kematian ibu dan anak di Bener Meriah. "Untuk ratio kematian bersalin di Bener Meriah masih ada 12 dan angka ini sudah menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

RS tipe D Dibangun di Serang Timur, Didanai Pusat dan Kabupaten

Rumah sakit (RS) tipe D akan dibangun di Serang Timur, tepatnya di lahan bekas Pasar Kragilan oleh Pemerintah Kabupaten Serang, Banten.  Anggarannya diupayakan dari dana alokasi khusus (DAK) fisik dari Kementerian Kesehatan serta dana pendampingan dari kabupaten dengan dana sekitar Rp30 miliar. "Prosesnya sekarang masih dalam tahap studi kelayakan. Serang memang memerlukan RS tipe C dan D. Nanti ada tiga gedung yang disiapkan, mungkin untuk tahap awal gedung A dulu

Solok Selatan Bangun RS Pratama, Didanai Kemenkes Rp80 Miliar

Proses pembangunan rumah sakit (RS) pratama yang akan menjadi tempat rujukan pelayanan kesehatan di tiga kecamatan telah dimulai Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Tahapan lelang perencanaan telah selesai dan sudah ada pemenangnya dan dijadwalkan Februari 2020 telah selesai gambar konstruksinya. RS rencananya dibangun di Nagari Lubuk Malako, Sangir Jujuan. RS pratama itu diproyeksikan menjadi rujukan untuk wilayah Kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo, dan Sangir Batang Hari yang memiliki lima puskesmas yaitu Abai, Bidar Alam, Talunan,Mercu, dan Lubuk Ulang Aling.
BERITA KANAL PERSI

Kolaborasi PERSI dan Medtronic untuk Efisiensi Pelayanan Rumah Sakit

Mulai beroperasi sejak 2014, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah menorehkan pencapaian yang signifikan. Berawal dari hanya mencakup 46% populasi pada 2014 hingga kepesertaan mencapai 81% populasi di awal 2019. Akan tetapi, terlepas dari pencapaiannya yang luar biasa, implementasi JKN masih mengalami kesenjangan. Pada sisi regulasi, terdapat kesenjangan, yang dapat dilihat dari acuan untuk sistem tarif INA-CBGs yang terakhir diperbaharui 2016, yaitu Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 64 tahun 2016. INA-CBGs atau Indonesia Case Base Groups merupakan sistem yang menentukan tarif standar yang digunakan rumah sakit (RS) sebagai referensi biaya klaim ke sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Panduan Praktik Klinis dan Clinical Pathway untuk kelompok penyakit pun belum semua diperbaharui terus-menerus secara berkala

PERSI Kembali Raih ISO 9001: 2015 Terkait Kualitas Sistem Manajemen

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) kembali meraih sertifikat ISO 9001: 2015 terkait kualitas sistem manajemen yang diselenggarakannya.  Proses asesmen, verifikasi dan pemberian sertifikat dilakukan NQA Indonesia yang berkantor di Graha ISKA, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Pusat. Proses asesmen, verifikasi dan pemberian sertifikat berikutnya dilakukan belum lama ini dan memastikan PERSI kembali meraih ISO 9001: 2015.

Ketua Umum PERSI dan Sekjen Kemenkes Buka Seminar Nasional dan Hospital Expo

Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Hospital Expo dibuka pagi ini, Rabu (23/10) dan akan berlangsung hingga Sabtu (26/10) di Jakarta Convention Center (JCC). Pembukaan acara perumahsakitan terbesar di Indonesia ini dilakukan Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes, Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan Oscar Primadi, dan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo.

Di Malam Sejuta Kenangan PERSI, Nila F Moeloek Apresiasi Komitmen RS Laksanakan JKN

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menggelar penghormatan pada Nila F Moeloek, Menteri Kesehatan 2014-2019 yang mengakhiri masa jabatannya pada Kamis (24/10). Acara bertajuk Malam Sejuta Kenangan itu diselenggarakan berbarengan dengan PERSI Award, Jumat (25/10) di Jakarta Convention Centre. Nila mengungkapkan, sangat menghormati sikap PERSI yang diungkapkan secara langsung oleh Ketua Umum dr. Kuntjoro Adi Purjanto yang menyatakan akan terus mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menkes Terawan Hadiri Seminar Nasional PERSI

Menteri Kesehatan, Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI berbicara dalam sesi Paripurna kelima Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) yang digelar di Jakarta Convention Centre, Sabtu (26/10). Terawan baru saja dilantik pada Rabu (23/10) dan akan menjadi pembicara terakhir dalam sidang paripurna Seminar Nasional PERSI yang digelar dalam satu rangkaian dengan Hospital Expo 2019.
FIGUR

Trend Teknologi Kesehatan dan Rumah Sakit

Hari ini, kita berada di awal Revolusi Industri Keempat. Perkembangan dalam genetika, kecerdasan buatan, robotika, nanoteknologi, pencetakan 3D dan bioteknologi, untuk menyebut hanya beberapa, semuanya membangun dan memperkuat satu sama lain. Ini akan meletakkan fondasi bagi revolusi yang lebih komprehensif dan menyeluruh dari apa pun yang pernah kita lihat. Sistem pintar - rumah, pabrik, peternakan, jaringan atau kota - akan membantu mengatasi masalah mulai dari manajemen rantai pasokan hingga perubahan iklim. Munculnya ekonomi berbagi akan memungkinkan orang untuk menguangkan segala sesuatu dari rumah kosong ke mobil mereka.
KEGIATAN PELATIHAN PERSI

PERDALIN-PERSI : Pelatihan PPRA dan Pembuatan Panduan Antibiotik

Pengendalian resistensi antibiotik dirumah sakit harus sesegera mungkin dilakukan. Penggunaan anti biotik yang tepat guna kemudian diatur berdasarkan ketentuan dari Peraturan menteri Kesehatan Nomor 8 tahun 2015 yang menyatakan bahwa setiap rumah sakit harus melaksanakan Program Pengendalian Resistensi Antimikroba secara optimal, dan harus memiliki buku panduan penggunaan antibiotik.

Pelatihan: Satuan Pemeriksaan Internal RS, Pemeriksaan Internal Keuangan dan Nonkeuangan di RS

Di era JKN yang sudah berlangsung sejak tahun 2014, Rumah Sakit di Indonesia baik RS milik Pemerintah maupun milik Swasta dituntut untuk lebih efektif dan efisien dalam pengelolaannya, khususnya yang menyangkut pemanfaatan sumber daya yang dimiliki.  Jaminan Kesehata Nasional (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (Mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN.

Workshop Peran Strategis Tim Pengelola JKN di Rumah Sakit dalam Upaya Optimalisasi JKN

Memasuki era Universal Health Coverage (UHC) dan menjelang enam tahun program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Implementasi pelaksanaannya terus dilakukan pembenahan dan perbaikan, baik dalam tataran regulasi, kebijakan dan operasional, tidak hanya sistem utama, namun juga sub sistem pendukung lainnya. Rumah Sakit sebagai stakeholder utama JKN harus mampu mengelola pelayanan kepada peserta JKN dengan efektif dan efisien, tepat guna dan berhasil guna, karena pada hakekatnya dalam proses pelayanan kepada pasien terdapat batasan dalam standar pelayanan serta penggunaan sumber daya yang dikemas dalam model paket INA CBGs.

Pelatihan : Meningkatkan Komunikasi Efektif Menuju Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Kegiatan Komunikasi pada Prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Komunikasi dapat efektif apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan, pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan dan tidak ada hambatan untuk hal tersebut. menurut berbagai survei ± 85% kesuksesan hidup berkaitan langsung dengan kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Pelatihan IPCN (Perawat Pencegah dan Pengendali Infeksi di Rumah Sakit)

Healthcare Associated Infection (HAIs) merupakan global issu saat ini. Dampak HAIs dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas, yang merugikan pasien maupun rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, bahkan dapat menjadi tuntutan bagi Rumah Sakit.  Undang-undang nomor 36 tahun 2009 dan Undang-undang nomor 44 menyatakan bahwa setiap pasien yang masuk Rumah Sakit dan fasilitas kesehtan lainnya harus dapat memberikan pelayanan yang aman. Salah satu upaya agar pasien aman dengan menerapkan Patient Safety. Tujuan kelima Patient Safety adalah menurunkan resiko HAIs.

Pelatihan Dokter Pencegah dan Pengendali Infeksi (Pelatihan IPCD)

Rumah Sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya memiliki peran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang meliputi preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif. Pelayanan kesehatan yang diberikan harus bermutu bertanggung jawab dan transparan, untuk keamanan pasien (Patient Safety).  Salah satu goals dari Patient Safety adalah menurunkan insiden rate infeksi terkait pelayanan kesehatan yang saat ini dikenal sebagai HAIs (Healthcare Associated Infections) 

Pelatihan Tingkat Dasar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Pelayan Kesehatan Lainnya

Health Care Associated Infection (HAIs) atau infeksi sehubungan dengan pelayanan kesehatan merupakan masalah serius bagi semua sarana pelayanan kesehatan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Menurut data WHO sekitar 3-21% atau rata-rata 9% kejadian infeksi. Data infeksi nosokomial di RSJHK periode 2001-2006 sekitar 5%. Kejadian infeksi ini dapat menghambat proses penyembuhan dan pemulihan pasien, bahkan dapat menimbulkan peningkatan morbiditas, mortalitas dan memperpanjang lama hari rawat, sehingga biaya meningkat dan akhirnya mutu pelayanan di sarana kesehatan akan menurun
INFORMASI SEPUTAR RUMAH SAKIT

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kecurangan (Fraud) Serta Pengenaan Sanksi Administrasi Terhadap Kecurangan (Fraud) Dalam Pelaksanaa

Kecurangan (fraud) adalah tindakan yang dilakukan dengan sengaja untuk mendapatkan keuntungan finansial dari program Jaminan Kesehatan dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional melalui perbuatan curang yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar Peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran Jaminan Kesehatan atau iuran Jaminan Kesehatannya dibayar oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Media Sosial Community of Practice (CoP) Anti fraud layanan kesehatan.

Dalam rangka memperluas jaringan komunikasi dan untuk memudahkan peminat, pengamat dan praktisi anti fraud layanan kesehatan berinteraksi dan mendapatkan informasi terkini terkait upaya anti fraud layananan kesehatan...Kami umumkan bahwa saat ini kami telah menambahkan akun media sosial Community of Practice (CoP) Anti Fraud Layanan Kesehatan.

Surat Edaran Kemenkes tentang Rekomendasi Penyesuaian Kelas Rumah Sakit hasil Penilaian Ulang terhadap 615 Rumah Sakit

Dimohon untuk selanjutnya SEGERA dilakukan penyesuaian kelas terhadap 194 Rumah Sakit (terlampir) dengan penerbitan penetapan dan izin operasional RS yang baru pada RS yang direkomendasikan untuk dilakukan penyesuaian kelas oleh Dinas PTSP Daerah. Selanjutnya secara kolektif oleh Dinkes Provinsi mengirimkan surat izin operasional yang baru ke Ditjen Pelayanan Kesehatan melalui  email : reviewkelas2018@gmail.com  Untuk hasil reviu kelas dapat diakses melalui http://sirs.yankes.kemkes.go.id/fo/ pada Menu Dashboard RS Online mulai tanggal 29 Agustus 2019 pukul 20.00 WIB.

PD PERSI- Copyright © 2019

          

Halaman ini telah dikunjungi 60955 kali