INFORMASI TERBARU

Surat Edaran Kemenkes tentang Rekomendasi Penyesuaian Kelas Rumah Sakit hasil Penilaian Ulang terhadap 615 Rumah Sakit

Dimohon untuk selanjutnya SEGERA dilakukan penyesuaian kelas terhadap 194 Rumah Sakit (terlampir) dengan penerbitan penetapan dan izin operasional RS yang baru pada RS yang direkomendasikan untuk dilakukan penyesuaian kelas oleh Dinas PTSP Daerah. Selanjutnya secara kolektif oleh Dinkes Provinsi mengirimkan surat izin operasional yang baru ke Ditjen Pelayanan Kesehatan melalui  email : reviewkelas2018@gmail.com  Untuk hasil reviu kelas dapat diakses melalui http://sirs.yankes.kemkes.go.id/fo/ pada Menu Dashboard RS Online mulai tanggal 29 Agustus 2019 pukul 20.00 WIB.
BERITA PERSI

Antisipasi Bencana Asap, RSUD Kota Palangka Raya dan 11 Puskesmas Sediakan Fasilitas Oksigen

Sebanyak 12 fasilitas oksigen dapat dimanfaatkan warga Kota Palangkaraya. Satu ruang oksigen berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Palangkaraya dan 11 sisanya di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). "Terkait bencana asap, kami melalui Dinas Kesehatan menyiapkan fasilitas bagi warga yang mengalami kekurangan oksigen. Fasilitas di ruang UGD RSUD Kota Palangkaraya, Puskesmas Tangkiling dan Puskesmas Pahandut, beroperasi 24 jam dan sisanya mulai pukul 07.00 sampai 14.00 WIB atau selama jam kerja

RSUDAM Lampung Manargetkan Akreditasi Paripurna

Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung diharapkan mendapat nilai paripurna dengan akreditasi paling tinggi dari tim survei Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS)."Kami menyambut baik kedatangan tim survei, jajaran RSUDAM semuanya sudah siap untuk dinilai," ujar Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, belum lama ini.Chusnunia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi sudah berkomitmen memajukan pelayanan kesehatan. RSUDAM menjadi salah satu bagian terpenting dalam hal itu.

HMA Awards 2019, RS Unair Juara Kategori Projek Keterlibatan Komunitas

Indonesia yang diwakili RS Univeritas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, meraih juara Asian Hospital Management Awards 2019 kategori Community Involvement Project. RS Unair mengajukan topik Hospital Ship Specialist for Remote Community: Empowering People's Health and Social Care. Pesaing pada kategori ini adalah Apollo Hospitals Enterprise Limited India, Dubai Health Authority UAE, National Healthcare Group Polyclinics Singapore serta Yishun Health Singapore

PERSI Terima Bendera HMA, 2020 Siap Jadi Tuan Rumah

Indonesia akan menjadi tuan rumah Hospital Management Asia (HMA) 2020. Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes menerima bendera HMA pada 12 September di Hanoi, Vietnam.  Simbolisasi penyerahan mandat penyelenggaraan konferensi manajemen perumahsakitan tingkat Asia itu juga disaksikan Duta besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi.
BERITA KANAL PERSI

Delegasi PERSI dan Kalangan Perumahsakitan Indonesia Bawakan Topik JKN Hingga Marketing di HMA 2019

Hospital Management Asia (HMA) 2019 yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, 11-12 September 2019, selain melibatkan kalangan perumahsakitan Indonesia, termasuk delegasi Perhimpunan RS Seluruh Indonesia (PERSI) sebagai peserta, namun juga sebagai pembicara dan moderator.  PERSI sendiri menerima bendera HMA sebagai simbol mandat menjadi tuan rumah HMA 2020, di Bali. Bendera diserahkan Assoc. Prof. Luong Ngoc Khue, General Director of Administration of Medical Service, 

PERSI: Jadi Tuan Rumah HMA 2020, Indonesia Akan Terpapar Percepatan Informasi

Kalangan perumahsakitan Indonesia akan terpapar informasi dan pengalaman dari para pelaku manajemen dan industri RS internasional. Diskusi, tukar pengalaman dan solusi untuk mengatasi berbagai tantangan akan dikupas dalam Hospital Management Asia (HMA) 2020 yang akan diselenggarakan di Bali pada 22-23 Juli. Ketua Umum  PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes menerima bendera HMA pada 12 September di Hanoi, Vietnam sebagai penanda mandat menjadi tuan rumah pada perhelatan 2010.

Press Release : Pernyataan PERSI atas Pemberitaan yang mewajibkan Rumah Sakit Mengembalikan Klaim yang sudah di terima

Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan RI No: 455/MENKES/SK/XI/2013, jo Keputusan Menteri Kesehatan No: HK.02.02 /MENKESBS/252/2016, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) merupakan Perwakilan Asosiasi Rumah Sakit Se Indonesia. Saat ini terdapat 18 Asosiasi Rumah Sakit atau sekitar 1.800 Rumah Sakit yang tergabung dalam PERSI.

PERSI: RS Telah Antisipasi Larangan Alkes Bermerkuri

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) akan mendata ulang rumah sakit (RS) yang masih menggunakan alkes bermerkuri. Hal ini terkait larangan penggunaan dan pengadaan alat kesehatan (alkes) bermerkuri di seluruh fasilitas layanan kesehatan mulai akhir 2020. Larangan itu berlaku untuk RS, puskesmas, klinik, laboratorium, apotek, hingga unit transfusi darah.

PERSI Akan Adukan Soal Penderitaan RS Akibat Defisit JKN Pada Presiden

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) mengagendakan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk melaporkan kondisi perumahsakitan Indonesia yang mengalami guncangan akibat defisit yang dialami BPJS Kesehatan. PERSI akan menyampaikan langsung kondisi ini agar solusi yang tepat dan cepat bisa diperoleh. Mengingat kompleksnya masalah ini, maka pihak yang dapat memberi solusi
FIGUR

Bioinformatika, Menghubungkan Angelina Jolie, Big Data dan Rekam Medis RS

Keputusan aktris Hollywood Angelina Jolie untuk menjalani operasi pengangkatan payudara untuk menghindarkan dirinya dari risiko kanker, setelah diduga memiliki mutasi gen BRCA-1 sebagai pembawa risiko kanker dengan akurasi hingga 85%, adalah contoh paling populer implementasi bio informatika.
KEGIATAN PELATIHAN PERSI

Pelatihan Dokter Pencegah dan Pengendali Infeksi (Pelatihan IPCD)

Rumah Sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya memiliki peran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang meliputi preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif. Pelayanan kesehatan yang diberikan harus bermutu bertanggung jawab dan transparan, untuk keamanan pasien (Patient Safety).  Salah satu goals dari Patient Safety adalah menurunkan insiden rate infeksi terkait pelayanan kesehatan yang saat ini dikenal sebagai HAIs (Healthcare Associated Infections) 

Pelatihan Tingkat Dasar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Pelayan Kesehatan Lainnya

Health Care Associated Infection (HAIs) atau infeksi sehubungan dengan pelayanan kesehatan merupakan masalah serius bagi semua sarana pelayanan kesehatan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Menurut data WHO sekitar 3-21% atau rata-rata 9% kejadian infeksi. Data infeksi nosokomial di RSJHK periode 2001-2006 sekitar 5%. Kejadian infeksi ini dapat menghambat proses penyembuhan dan pemulihan pasien, bahkan dapat menimbulkan peningkatan morbiditas, mortalitas dan memperpanjang lama hari rawat, sehingga biaya meningkat dan akhirnya mutu pelayanan di sarana kesehatan akan menurun

Cara Efektif Memahami Laporan Keuangan Bagi Manajemen Rumah Sakit Non Profesi Keuangan Untuk Tujuan Pengambilan Keputusan Ekonomi

Laporan keuangan Rumah Sakit merupakan cerminan dari kinerja operasional suatu Rumah Sakit dalam bentuk satuan jumlah uang dengan format tertentu, seperti tergambar pada laporan neraca, laporan operasional (laporan rugi-laba), laporan aliran kas dan lain-lain. Data/informasi yang ada di dalam laporan keuangan sangat bermanfaat menilai kinerja, dasar perencanaan dan kebijakan atau pengambilan keputusan ekonomi yang tepat dan efektif bagi Rumah Sakit.

Pelatihan Keperawatan : Tata Kelola SDM Keperawatan Sebagai Upaya Mewujudkan Pelayanan yang Aman dan Cost Efektif

Pelayanan Keperawatan merupakan ujung tombak dalam pelayanan asuhan kepada pasien, dimana perawat merupakan ujung tombak yang melayani asuhan keperawatan selama 24 jam. Seiring dengan tuntutan pelayanan yang berkualitas dan adanya perubahan Paradigma pelayanan yang berpusat pada pasien maka diperlukan pelayanan yang berkualitas agar keselamatan pasien dapat terjamin

Workshop Pengelolaan Keperawatan di Era JKN Keperawatan sebagai lokomotif Penggerak perubahan

Memasuki tahun ke-6 implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Perbaikan dan pembenahan terus dilakukan dalam tataran regulasi, kebijakan dan operasional, tidak hanya sistem utama, namunjuga sub sistem pendukung lainnya. Rumah Sakit sebagai salah satu stakeholder utama JKN, di tuntut harus terus berupaya untuk selalu melakukan pembenahan agar bisa memberikan pelayanan yang terstandar, bermutu, efektif dan efisien.

Lokakarya Metode Baru ”Analisis Beban Kerja dan Perencanaan SDM Rumah Sakit”

Pada situasi ekonomi yang sangat kompetitif kualitas produk yang tinggi saja tidak cukup untuk memenangkan pertarungan bisnis yang semakin ketat. Kunci untuk dapat merebut hati pelanggan dan membuat pelanggan loyal adalah menjual jasa kesehatan bermutu tinggi dengan kualitas pelayanan yang excellent. Untuk dapat menciptakan jasa kesehatan yang prima Institusi Kesehatan harus didukung oleh SDM profesional dengan kinerja sesuai dengan harapan masyarakat.

Pelatihan “Implementasi RCA, FMEA dan Manajemen Risiko untuk Meningkatkan Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan”

Program Keselamatan Pasien saat ini menjadi kewajiban bagi rumah sakit sesuai yang tertuang dalam UU RS no.44 tahun 2009 pasal 43 tentang Keselamatan Pasien dan Akreditasi RS. Dalam menerapkan keselamatan pasien, diperlukan suatu proses pembelajaran dari Kejadian Tidak diharapkan (KTD) dengan melakukan Analisa RCA (Root Case Analysis). Analisa Risiko secara proaktif dengan Analisa FMEA (Failure Mode Effect Analysis) dan Manajemen Risiko di Pelayanan Kesehatan.

PD PERSI- Copyright © 2019

          

Halaman ini telah dikunjungi 2910 kali