BERITA PERSI

Kemenparekraf dan Kemenkes Rilis Pola Perjalanan Wisata Kesehatan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersinergi membuat pola perjalanan wisata kesehatan di Indonesia, sebagai langkah untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi Pariwisata Kesehatan Dunia.Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani di Jakarta, Selasa (19/11/2019) menjelaskan, 

Pelaku Usaha Kesehatan Berbasis Digital Inggris Berminat Masuk ke Indonesia

Para pemangku kepentingan yang bergerak di sektor digitalisasi layanan kesehatan dari Indonesia dan Inggris bertukar pengalaman dam UK-Indonesia Workshop: Towards a Digital Transformation in Healthcare-Challenges and Opportunities di Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta.Rahul Agarwal, Asia Pacific and Prosperity Lead, Healthcare UK Department for International Trade memaparkan, Inggris termasuk salah satu negara pembaharu di bidang digitalisasi kesehatan di dunia. 

Rail Clinic, Praktik Dokter di Gerbong Kereta Beroperasi di Stasiun Cigombong

Rail Clinic atau Kereta Klinik beroperasi di Stasiun Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55. Klinik yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu dibuka untuk memberi kesempatan bagi masyarakat yang tinggal di Stasiun Cigombong untuk memeriksakan kesehatannya secara gratis.  "Rail Clinic menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama, yang meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan farmasi," ujar Executive Vice President Daop 1 Jakarta PT KAI, Dadan Rudiansyah.

Aqila-Azila, Kembar Siam ke-99 yang Sukses Dipisahkan RSUD dr Soetomo Pulang ke Kendari

RSUD dr Soetomo Surabaya hari ini memulangkan bayi kembar siam Aqila-Azila yang telah sukses dipisahkan. Mereka akan pulang ke Kendari, Sulawesi Tengah dan dilepas Direktur Utama RSUD dr Soetomo, Dr Joni Wahyuhadi serta Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Agus Harianto.  Bayi kembar siam dempet dada dan perut atau thoracobdomino, Aqila dan Azila, diperbolehkan pulang setelah tim dokter memastikan kondisi kesehatan dan fisiknya semakin membaik pascaoperasi pemisahan pada Agustus 2019.
BERITA KANAL PERSI

Ketua Umum PERSI dan Sekjen Kemenkes Buka Seminar Nasional dan Hospital Expo

Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Hospital Expo dibuka pagi ini, Rabu (23/10) dan akan berlangsung hingga Sabtu (26/10) di Jakarta Convention Center (JCC). Pembukaan acara perumahsakitan terbesar di Indonesia ini dilakukan Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes, Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan Oscar Primadi, dan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo.

Di Malam Sejuta Kenangan PERSI, Nila F Moeloek Apresiasi Komitmen RS Laksanakan JKN

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menggelar penghormatan pada Nila F Moeloek, Menteri Kesehatan 2014-2019 yang mengakhiri masa jabatannya pada Kamis (24/10). Acara bertajuk Malam Sejuta Kenangan itu diselenggarakan berbarengan dengan PERSI Award, Jumat (25/10) di Jakarta Convention Centre. Nila mengungkapkan, sangat menghormati sikap PERSI yang diungkapkan secara langsung oleh Ketua Umum dr. Kuntjoro Adi Purjanto yang menyatakan akan terus mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menkes Terawan Hadiri Seminar Nasional PERSI

Menteri Kesehatan, Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI berbicara dalam sesi Paripurna kelima Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) yang digelar di Jakarta Convention Centre, Sabtu (26/10). Terawan baru saja dilantik pada Rabu (23/10) dan akan menjadi pembicara terakhir dalam sidang paripurna Seminar Nasional PERSI yang digelar dalam satu rangkaian dengan Hospital Expo 2019.

PERSI: Inflasi Sektor Kesehatan 1,7% Namun INA CBG Sudah Tiga Tahun Tidak Naik

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) merekomendasikan tarif INA CBG yang berlaku untuk setiap pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dinaikkan setiap tahun mengikuti inflasi, kenaikan upah minimum provinsi (UMP) serta indeks kemahalan daerah."Tarif INA CBG sudah tiga tahun tidak pernah naik, padahal ketentuan menyebutkan harus dilakukan peninjauan setiap dua tahun," ujar Ketua Tim PERSI untuk Penyempurnaan Sistem JKN dr. Santoso Soeroso, SpA(K), MARS dalam acara peluncuran Buku Putih PERSI Refleksi 5 Tahun Era JKN di RS Persahabatan Jakarta, 1 Oktober 2019.

PERSI Luncurkan Buku Putih Refleksi Perjalanan Lima Tahun JKN

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) hari ini meluncurkan Buku Putih PERSI Refleksi Perjalanan Lima Tahun Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).  Peluncuran dihadiri Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes serta jajaran pengurus, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kementrian Kesehatan dr. H. Mohamad Subuh, MPPM, serta Ketua Panitia Penulisan Buku Putih dr. Santoso Soeroso, SpA(K), MARS, di Auditorium Griya Puspita, RS Persahabatan, Jakarta Timur.
FIGUR

Bioinformatika, Menghubungkan Angelina Jolie, Big Data dan Rekam Medis RS

Keputusan aktris Hollywood Angelina Jolie untuk menjalani operasi pengangkatan payudara untuk menghindarkan dirinya dari risiko kanker, setelah diduga memiliki mutasi gen BRCA-1 sebagai pembawa risiko kanker dengan akurasi hingga 85%, adalah contoh paling populer implementasi bio informatika.
KEGIATAN PELATIHAN PERSI

Seminar & Workshop : Menguak Naskah (Legal Drafting) Kerjasama - untuk Meneguhkan Kesetaraan antara RSD – BPJS

Perancangan hukum (legal drafting) merupakan salah satu unsur penting dalam praktik hukum. Legal drafting merupakan kombinasi dari dua kata, yaitu “legal” dan “drafting”. Secara harfiah, kata “legal” bermakna sesuatu yang sesuai dengan ketentuan hukum, sedangkan “drafting” bermakna perancangan/pengkonsepan. Jadi legal drafting dapat diartikan secara singkat sebagai perancangan naskah hukum / perancangan kontrak atau MoU.

Pelatihan Dokter Pencegah dan Pengendali Infeksi (Pelatihan IPCD)

Rumah Sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya memiliki peran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang meliputi preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif. Pelayanan kesehatan yang diberikan harus bermutu bertanggung jawab dan transparan, untuk keamanan pasien (Patient Safety).  Salah satu goals dari Patient Safety adalah menurunkan insiden rate infeksi terkait pelayanan kesehatan yang saat ini dikenal sebagai HAIs (Healthcare Associated Infections) 

Lokakarya Metode Baru ”Analisis Beban Kerja dan Perencanaan SDM Rumah Sakit”

Pada situasi ekonomi yang sangat kompetitif kualitas produk yang tinggi saja tidak cukup untuk memenangkan pertarungan bisnis yang semakin ketat. Kunci untuk dapat merebut hati pelanggan dan membuat pelanggan loyal adalah menjual jasa kesehatan bermutu tinggi dengan kualitas pelayanan yang excellent. Untuk dapat menciptakan jasa kesehatan yang prima Institusi Kesehatan harus didukung oleh SDM profesional dengan kinerja sesuai dengan harapan masyarakat.

Pelatihan “Implementasi RCA, FMEA dan Manajemen Risiko untuk Meningkatkan Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan”

Program Keselamatan Pasien saat ini menjadi kewajiban bagi rumah sakit sesuai yang tertuang dalam UU RS no.44 tahun 2009 pasal 43 tentang Keselamatan Pasien dan Akreditasi RS. Dalam menerapkan keselamatan pasien, diperlukan suatu proses pembelajaran dari Kejadian Tidak diharapkan (KTD) dengan melakukan Analisa RCA (Root Case Analysis). Analisa Risiko secara proaktif dengan Analisa FMEA (Failure Mode Effect Analysis) dan Manajemen Risiko di Pelayanan Kesehatan.

Pelatihan “Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko di Rumah Sakit”

Gerakan moral Keselamatan Pasien Rumah Sakit merupakan issue global. Berbagai negara telah mengubah paradigma dari quality ke quality safety. Isu keselamatan pasien rumah sakit juga berkembang di Indonesia sejalan dengan semakin maraknya kasus-kasus yang masuk ke tuntutan hukum dan pengadilan. Kenyataan yang ada di rumah sakit bahwa terdapat ratusan jenis obat, ratusan tes dan prosedur, terdapat banyak pasien kelompok profesi dan individu staf, serta banyak sistem dan keberagaman yang semuanya ini sangat potensial menimbulkan kesalahan.
INFORMASI SEPUTAR RUMAH SAKIT

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kecurangan (Fraud) Serta Pengenaan Sanksi Administrasi Terhadap Kecurangan (Fraud) Dalam Pelaksanaa

Kecurangan (fraud) adalah tindakan yang dilakukan dengan sengaja untuk mendapatkan keuntungan finansial dari program Jaminan Kesehatan dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional melalui perbuatan curang yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar Peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran Jaminan Kesehatan atau iuran Jaminan Kesehatannya dibayar oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Media Sosial Community of Practice (CoP) Anti fraud layanan kesehatan.

Dalam rangka memperluas jaringan komunikasi dan untuk memudahkan peminat, pengamat dan praktisi anti fraud layanan kesehatan berinteraksi dan mendapatkan informasi terkini terkait upaya anti fraud layananan kesehatan...Kami umumkan bahwa saat ini kami telah menambahkan akun media sosial Community of Practice (CoP) Anti Fraud Layanan Kesehatan.

Surat Edaran Kemenkes tentang Rekomendasi Penyesuaian Kelas Rumah Sakit hasil Penilaian Ulang terhadap 615 Rumah Sakit

Dimohon untuk selanjutnya SEGERA dilakukan penyesuaian kelas terhadap 194 Rumah Sakit (terlampir) dengan penerbitan penetapan dan izin operasional RS yang baru pada RS yang direkomendasikan untuk dilakukan penyesuaian kelas oleh Dinas PTSP Daerah. Selanjutnya secara kolektif oleh Dinkes Provinsi mengirimkan surat izin operasional yang baru ke Ditjen Pelayanan Kesehatan melalui  email : reviewkelas2018@gmail.com  Untuk hasil reviu kelas dapat diakses melalui http://sirs.yankes.kemkes.go.id/fo/ pada Menu Dashboard RS Online mulai tanggal 29 Agustus 2019 pukul 20.00 WIB.

PD PERSI- Copyright © 2019

          

Halaman ini telah dikunjungi 37986 kali