Inilah Tiga Aplikasi Andalan Siloam Hospitals

2022-06-21 15:49:51



Siloam Hospitals yang kini mengelola 41 rumah sakit (RS) di seluruh Indonesia kini memiliki tiga aplikasi yaitu Prixa, DiaBisa serta My Siloam sebagai bagian dari rangkaian transformasi digital.

“Kami mengelola 41 RS di 19 provinsi di Indonesia, setiap harinya mengoperasikan 230 ruangan operasi, 849 unit gawat darurat, 29 fasilitas cath lab, 8.494 resep, 1.478 tindakan rehabilitasi, 475 pasien rawat inap, 9.784 pasien rawat jalan, 17.258 tes laboratorium, serta 1.530 tindakan radiolog. Transformasi digital mengintegrasikan semua proses itu. Prosesnya adalah standardisasi, digitalisasi serta inovasi,” ujar Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Caroline Riady dalam Simposium Transformasi Digital Indonesia yang diselenggarakan Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS) di Jakarta, Rabu (25/5). Simposium itu menjadi rangkaian acara HIMSS22 APAC Health Conference & Exhibition yang akan diselenggarakan di Bali pada 27 hingga 28 September 2022 yang juga didukung Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) serta Kementerian Kesehatan.

Aplikasi Prixa, kata Caroline, menyediakan lebih dari 100 database penyakit, menyajikan hasil diagnosa serta menyediakan fitur telemedisin. Sementara, DiaBisa terdiri atas fitur Health Tracker, terhubung dengan Glucometer (Iot), fitur edukasi, serta fitur peringatan dan pengingat. Sedangkan My Siloam merupakan terdiri atas aplikasi 1.000 dokter yang berpraktik di Siloams seluruh Indonesia, konsultasi lewat video, pengantaran obat serta rekam medis elektronik terintegrasi.

Prixa.ai, platform bantuan medis artificial intelligence yang diluncurkan menyusul aplikasi MySiloam, disebut sebagai investasi strategis. Inovasi ini mengaplikasikan teknologi diagnostic, meliputi pemeriksaan gejala pasien, konsultasi dokter via chat, pesan antar farmasi, serta tes lab. Prixa menyederhanakan proses rujukan serta membantu dokter dalam membuat diagnosis yang akurat dan efisien. Prixa dapat memberikan informasi yang tepat dengan memproses data dalam jumlah besar serta dapat menemukan pola yang mungkin tidak terlihat jelas dari pengamatan manusia.

Sementara, MySiloam, mampu meningkatkan efisiensi dan membantu pasien melalui fungsi online yang secara langsung meningkatkan layanan offline Siloam Hospitals. Pasien juga dapat menggunakan aplikasi MySiloam sebagai asisten virtual saat mengunjungi Siloam Hospitals. Fitur ini memungkinkan pasien untuk melakukan check-in tanpa sentuhan dan antrian virtual sehingga meningkatkan pengalaman pasien.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan industri kesehatan di Indonesia dan mendorong transformasi digital yang juga berperan penting dalam pertumbuhan. Industri kesehatan merupakan salah satu industri penting dan perlu dikembangkan di Indonesia. Terlebih lagi, perekonomian diperkirakan semakin bertumbuh dan kebutuhan akan fasilitas kesehatan semakin tinggi," kata Caroline.